Sukses


5 Manfaat Tersembunyi Buah Ciplukan untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Belakangan ini buah ciplukan atau ceplukan atau morel berry sedang naik daun. Ciplukan tergolong buah dari tanaman liar yang biasa hidup di pekarangan rumah, sawah kering, dan hutan.

Buah satu ini memiliki banyak nama lokal, seperti cecendet di Sunda, keceplokan di Bali, dan leletokan di Minahasa.

Buah ciplukan cukup unik. Buah ini berbulat bulat dan tertutup helai daun. Saat sudah matang, warna buah menjadi hijau kekuningan. Rasanya manis dengan sedikit asam.

Meski sudah dijual di pusat perbelanjaan hingga melalui sistem online, manfaat buah satu ini masih belum banyak diketahui. Padahal, ciplukan memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan yang tak bisa dianggap sepele.

Buah yang bernama Latin Physalis angulata L. ini mengandung senyawa chlorogenik acid, asam sitrum dan fisalin. Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, serta elaidic acid.

Selain dikonsumsi langsung, buah ciplukan bisa dihaluskan dan dijadikan obat luar untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul, borok, dan peradangan kulit. 

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari buah ciplukan, khususnya bagi kecantikan.

Berikut ini rangkuman perihal manfaat buah ciplukan untuk kecantikan, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (15/1/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan

1. Mengobati Jerawat

Bagi remaja yang sedang berajak dewasa, kemunculan jerawat menjadi hal lumrah. Sementara bagi orang dewasa, kehadirannya cukup mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Alih-alih mengonsumsi obat, lebih baik mengandalkan buah ciplukan.

Buah ciplukan sangat baik untuk pemulihan radang yang menyebabkan jerawat menjadi lebih gawat. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan, air, mineral, dan vitamin yang dimilikinya. Ciplukan juga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

2. Mengencangkan Payudara

Memiliki payudara yang kencang akan membuat tubuh wanita tampak indah. Hanya, tak semua wanita dianugerahi bentuk dan tekstur payudara yang demikian. Hal inilah yang kemudian membuat banyak wanita melakukan banyak upaya untuk mendapatkannya.

Satu di antara upaya yang bisa bisa dilakukan ialah dengan mengonsumsi buah ciplukan. Alih-alih mengonsumsi pil pengencang payudara, lebih aman mengonsumsi ciplukan. Jika tak suka mengonsumsi, coba menjadikannya sebagai masker.

Cara: Ambil 13 lembar daun ciplukan muda, campurkan dengan 1 buah pinang muda. Tambahkan dengan 1 sendok teh garam. Tumbuk semua bahan menjadi satu secara merata. Jika sudah menjadi adonan lebih halus, oleskan. Oleskan pada kulit payudara secara merata dan lakukan secara rutin.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan

3. Memutihkan Kulit

Kulit yang tampak putih terlihat sehat. Bagi sebagian orang, kulit putih membuat mereka tampil lebih percaya diri. Ketimbang mengonsumsi obat yang belum tentu baik untuk kesehatan, cobalah rutin mengonsumsi buah ciplukan.

Bagi yang tak suka buahnya, bisa memanfaatkan daun ciplukan menjadi masker dan menerapkannya pada kulit lebih rutin.

Ciplukan sangat baik dan mampu mengoptimalkan pengangkatan sel-sel kulit yang mati. Tak hanya mengangkatnya, tetapi juga menggantinya dengan sel kulit yang baru. Hal inilah yang membuat buah ciplukan dapat memutihkan kulit secara alami.

4. Mencegah Kulit Kering

Saat cuaca sedang tak stabil, hujan panas hujan panas, pada kondisi ini kulit akan menjadi kering dan iritasi. Selain menggunakan pelembap, cobalah mengonsumsi buah ciplukan.

Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C yang dimiliki buah cimplukan. Vitamin C ini mampu melembapkan kulit dari dalam secara alami. Coba mengonsumsinya secara rutin dengan porsi yang cukup.

5. Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit yang halus menjadi impian banyak wanita. Aura kecantikan akan terpancar jika kulit yang dimiliki halus secara alami.

Itulah mengapa, cobalah mengonsumsi buah ciplukan secara rutin, yang dapat membuat kulit lebih halus secara alami. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C yang dimilikinya sehingga membuat kulit mampu meremajakan dirinya lebih maksimal.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tsyara, Editor: Fadila Adelin. Published: 29/11/2020)

Trey Mancini menang lawan kanker

Video Populer

Foto Populer