Sukses


8 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Keperluan Memasak

Bola.com, Jakarta - Minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak kelapa berasal dari daging kelapa segar yang diekstraksi.

Minyak kelapa telah digunakan sejak ribuan tahun sebagai obat tradisional dan keperluan memasak.

Lantaran dihasilkan dari olahan alami, minyak kelapa mengandung asam lemak baik (Fatty acid) yang bermanfaat bagi tubuh. Minyak kepala kaya zat besi dan vitamin K.

Minyak kelapa kaya akan MCT, sejenis lemak yang dimetabolisme oleh tubuh Anda secara berbeda dari kebanyakan lemak lainnya. MCT bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan dari minyak kelapa.

Berikut beberapa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan, dikutip dari Healthline, Jumat (29/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

1. Mengandung Asam Lemak Sehat

Minyak kelapa tinggi lemak jenuh tertentu. Lemak ini memiliki efek yang berbeda di dalam tubuh dibandingkan dengan kebanyakan lemak makanan lainnya.

Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh Anda untuk membakar lemak dan memberikan energi cepat ke tubuh dan otak Anda. Itu juga meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah Anda, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kelapa adalah makanan yang tidak biasa di dunia Barat, dengan orang-orang yang sadar kesehatan menjadi konsumen utamanya.

Namun, di beberapa bagian dunia, kelapa - yang sarat dengan minyak kelapa - adalah makanan pokok yang telah dikembangkan orang selama beberapa generasi.

Sebagai contoh, sebuah penelitian tahun 1981 mencatat penduduk Tokelau, sebuah rantai pulau di Pasifik Selatan, memperoleh lebih dari 60 persen kalori mereka dari kelapa. Para peneliti melaporkan tidak hanya kesehatan yang baik secara keseluruhan, tetapi juga tingkat penyakit jantung yang sangat rendah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

3. Mendorong Pembakaran Lemak

Obesitas adalah satu di antara kondisi kesehatan terbesar yang memengaruhi dunia Barat saat ini.

Sementara beberapa orang berpikir obesitas hanyalah masalah berapa banyak kalori yang dimakan seseorang, sumber kalori itu juga penting. Makanan yang berbeda memengaruhi tubuh dan hormon Anda dengan cara yang berbeda.

MCT dalam minyak kelapa dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang. Satu studi menemukan bahwa makan 15-30 gram MCT per hari meningkatkan pengeluaran energi 24 jam sebesar lima persen.

4. Memiliki Efek Antimikroba

Asam laurat membentuk sekitar 50 persen asam lemak dalam minyak kelapa. Saat tubuh Anda mencerna asam laurat, ia membentuk zat yang disebut monolaurin. Asam laurat dan monolaurin dapat membunuh patogen berbahaya, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Ada juga beberapa bukti bahwa menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur - proses yang disebut oil pulling - bermanfaat bagi kebersihan mulut, meski para peneliti menganggap bukti tersebut lemah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

5. Mengurasi Rasa Lapar

Satu di antara manfaat dari minyak kelapa adalah dapat mengurangi rasa lapar. Hal ini mungkin terkait dengan cara tubuh Anda memetabolisme lemak, karena keton dapat mengurangi nafsu makan seseorang.

6. Dapat Mengurangi Kejang

MCT dalam minyak kelapa dapat meningkatkan konsentrasi tubuh keton dalam darah, yang dapat membantu mengurangi kejang pada anak pengidap epilepsi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan

7. Dapat Meningkatkan Kolesterol HDL

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh alami yang meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh Anda. Itu juga dapat membantu mengubah kolesterol LDL (jahat) menjadi bentuk yang tidak terlalu berbahaya.

Dengan meningkatkan HDL, banyak ahli percaya minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan jantung dibandingkan dengan banyak lemak lainnya.

8. Dapat Melindungi Kulit, Rambut, dan Gigi

Banyak orang menggunakan minyak kelapa untuk keperluan kosmetik, untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dan rambut.

Studi menunjukkan minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim.

Minyak kelapa juga bisa melindungi rambut dari kerusakan. Satu studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat bekerja sebagai tabir surya yang lemah, menghalangi sekitar 20 persen sinar ultraviolet (UV) matahari.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer