Sukses


10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah dan Obati Batu Ginjal

Bola.com, Jakarta - Mangga merupakan satu di antara buah yang sangat sering dijumpai di negara tropis, seperti Indonesia. Mangga dimanfaatkan sebagai camilan atau makanan yang dapat memberikan efek kesehatan.

Tidak hanya buahnya saja yang nikmat dan bergizi. Daun mangga juga dapat Anda ambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Daun mangga bisa kita jadikan sebagai ramuan obat, untuk mencegah berbagai penyakit.

Daun mangga yang direbus dapat dijadikan obat herbal yang tidak memberikan efek samping apa pun pada tubuh orang yang meminumnya karena tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Walau tidak semenarik jus mangga yang dibuat dari buahnya, daun mangga tetap kaya manfaat.

Ada beberapa manfaat daun mangga yang mungkin perlu Anda ketahui, beberapa di antaranya dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengobati diabetes.

Daun mangga yang dicampurkan ke dalam bak air mandi juga akan memberikan efek menangkan bagi tubuh Anda yang lelah.

Berikut 10 manfaat daun mangga untuk kesehatan, seperti dikutip dari Ndtvfood dan Stylesatlife, Jumat (29/1/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

1. Membantu Mengobati Diabetes

Daun mangga membantu Anda mengobati diabetes. Daun mangga yang masih muda mengandung senyawa tanin yang disebut anthocyanidins, yang dapat membantu mengobati gejala awal diabetes.

Untuk menggunakan daun mangga sebagai obat diabetes, Anda dapat mengeringkan daun mangga dan menumbuknya menjadi bubuk. Buatlah minuman dari bubuk tersebut atau merendamnya semalam dan menyaringnya pada pagi hari untuk diminum airnya.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Daun mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat hipotensi. Itu membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

Tekanan darah yang normal dan tidak terlalu tinggi dapat menjauhkan kita dari risiko terkena berbagai macam penyakit serius, satu di antaranya penyakit jantung.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

3. Mengobati Batu Ginjal

Bagi Anda yang memiliki batu ginjal dan ingin mengobatinya, cobalah daun mangga. Daun ini dapat membantu Anda mengurangi batu Ginjal.

Daun mangga dikeringkan dan ditumbuk, lalu diseduh dengan air hangat. Itu dapat membantu untuk memecahkan batu ginjal.

4. Membantu Melawan Kegelisahan

Daun mangga dapat mengurangi kegelisahan karena kecemasan terhadap sesuatu.

Rendam daun mangga dalam bak mandi Anda dan gunakan air rendaman daun mangga untuk mandi. Tak hanya segar, itu juga dapat memberi efek menenangkan.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

5. Meredakan Masalah Pernapasan

Daun mangga dipercaya efektif untuk mengatasi masalah yang timbul di saluran pernapasan, seperti asma, pilek, dan bronkitis.

Minumlah rebusan daun mangga yang dicampur dengan madu. Ramuan tersebut dapat meredakan masalah pernapasan dan batuk.

6. Meredakan Sakit Telinga

Memiliki masalah pada telinga yang menyebabkan kurangnya pendengaran memang sangat menjengkelkan. Saat hal tersebut terjadi pada Anda, gunakanlah daun mangga untuk meredakannya.

Satu sendok teh ekstrak daun mangga dapat menjadi obat tetes telinga yang cukup ampuh untuk meredakan sakit yang Anda alami.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

7. Menghentikan Cegukan

Jika Anda mengalami cegukan yang tidak kunjung henti, daun mangga dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Carilah beberapa helai daun mangga, lalu bakar hingga mengeluarkan asap, hiruplah asap bakaran daun mangga tersebut untuk menghentikan cegukan.

8. Menyehatkan Perut

Carilah beberapa helai daun mangga yang masih muda, lalu rendam di dalam segelas air hangat dan tutup gelas tersebut. Diamkanlah satu malam dan meminumnya saat pagi.

Ramuan tersebut berfungsi sebagai tonik lambung yang baik, mengeluarkan racun dari tubuh, dan menjaga perut Anda agar tetap bersih.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

9. Menyembuhkan luka bakar

Memiliki luka bakar pada kulit yang diakibatkan oleh api atau bahan kimia lainnya dapat sangat menganggu dan menyakitkan.

Obat paling sederhana untuk menyembuhkan luka bakar yang menyakitkan adalah dengan mengoleskan abu daun mangga ke area yang terluka. Itu menenangkan kulit dan menumbuhkan kembali sel kolagen pada kulit.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mirip dengan pepaya, daun mangga mengandung sejumlah nutrisi penting yang membantu mengurangi berat badan. Hal itu karena daun mangga mengandung enzim papain, yang dapat meningkatkan pencernaan.

Daun mangga meningkatkan produksi hormon leptin dan mengatur penumpukan lemak dalam tubuh dan menghilangkannya. Unsur aktif dalam daun mangga mengurangi keinginan Anda untuk makan lebih banyak dan membuat Anda kenyang.

 

Sumber: Ndtvfood, Stylesastlife

 

Yuk, baca artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer