Sukses


9 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui: Atasi Kanker dan Asam Urat

Bola.com, Jakarta - Tanaman kersen juga dikenal juga sebagai seri atau talok cukup populer di masyarakat. Anda pasti sudah familiar saat mendengar pohon yang sering dijumpai di taman maupun pinggir jalan.

Pohon ini dimanfaatkan untuk peneduh karena memiliki susunan daun yang rindang yang memberikan efek sejuk apabila duduk di bawahnya. Tanaman kersen memiliki buah berbentuk kecil namun rasanya sangat manis.

Ternyata, tidak hanya buahnya yang dapat dikonsumsi, tapi juga daunnya. Banyaknya khasiat daun kersen untuk kesehatan biasa digunakan untuk obat herbal.

Meski demikian, pemanfaatkan tanaman kersen untuk obat-obatan sendiri masih minim. Namun, ada potensi yang dimiliki pada bagian daunnya.

Daun kersen kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, mineral semisal kalsium, zat besi, fosfor, betakaroten, tiani, niacin, dan riboflavin. Tidak hanya itu, daun kersen mengandung senyawa saponin, semisal flavonioda dan tannin yang punya sifat antiseptik serta antiinflamasi.

Untuk Anda yang belum tahu, yuk simak apa saja manfaat daun kersen untuk kesehatan di daftar bawah ini! Berikut beberapa manfaat daun kersen untuk kesehatan yang perlu diketahui, dinukil dari Healthline dan Health, Minggu (31/1/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

1. Mengontrol gula darah

Manfaat daun kersen yang pertama ialah dapat membantu mengontrol gula darah. Memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kedua kandungan ini bertindak sebagai insulin alami yang diperlukan oleh tubuh dalam mengontrol kadar gula darah.

2. Mengontrol kadar kolesterol

Mengonsumsi daun kersen dapat menurunkan sintesis kolesterol dan membantu menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah sehingga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Manfaat yang satu ini kemungkinan didapatkan dari kandungan saponin dan flavonoid yang ada dalam daun kersen. Karena kedua kandungan ini berfungsi menurunkan kadar kolestersol dalam darah.

Menurunnya kadar kolesterol jahat dalam darah akan berguna untuk menghindarkan Anda dari berbagai penyakit kardiovaskular.

3. Mengobati sakit kepala

Daun kersen memiliki kandungan seperti tannin, saponin, flavonoid dan polifanol yang mampu mengatasi sakit kepala. Kandungan tersebut dapat bertindak sebagai antikosidatif dan antimikroba yang berfungsi efektif meringankan sakit kepala.

Rebus 10 lembar daun kersen ke dalam air 200 ml sekitar 15 menit, lalu saring dan minum ramuan ini secara rutin hingga sakit kepala mereda.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

4. Mengatasi peradangan

Mengonsumsi air rebusan daun kersen berguna untuk membantu mengatasi sakit radang sepeti panas dalam, nyeri pada tubuh maupun sariawan. Manfaat ini didapat karena kandungan vitamin C di dalamnya.

Tidak hanya itu, dilansir dari laman Healthline, daun kersen dapat menjadi obat alternatif mengatasi peradangan kulit selain dapat membantu mengurangi nyeri pada tubuh. Cukup dengan mengonsumsi kersen secara rutin dan teratur, maka hal ini mampu mengatasi peradangan.

5. Menjaga kesehatan jantung

Ekstrak daun kersen diketahui dapat melindungi miokardium. Miokardium merupakan lapisan otot jantung yang bertugas untuk memompa jantung dan memasok seluruh tubuh dengan darah.

Konsumsi teratur daun kersen ini berdampak terhadap penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium. Sehingga memungkinkan jantung tetap sehat.

Selain itu, antioksidan yang tinggi dapat dipercaya bisa mencegah peradangan yang menyebabkan serangan jantung.

6. Mencegah tekanan darah tinggi

Bagi Anda penderita hipertensi, mengonsumsi daun kersen memiliki khasiat baik dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah tubuh. Penyakit darah tinggi bisa memicu penyakit lainnya, seperti jantung dan stroke.

Mengonsumsi daun kersen memiliki manfaat untuk mencegah darah tinggi yang kambuh. Cukup dengan minum rebusan teh daun kersen untuk menjaga agar tekanan darah tidak naik.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun kersen lainnya adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat pada daun kersen mampu menjaga daya tahan tubuh.

Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, daun kersen juga ampuh lawan virus, bakteri dan kuman. Jadi, mengonsumsinya bisa bantu cegah flu, pilek, batuk, dan masalah yang disebabkan infeksi lainnya.

Untuk bisa merasakan manfaat ini, coba konsumsi ekstrak daun kersen secara rutin. Seimbangkan juga dengan berolahraga dan pola makan sehat.

8. Mengatasi asam urat

Asam urat adalah masalah kesehatan yang kerap dialami lansia. Tak perlu khawatir pengobatannya, karena daun kersen bisa menjadi solusinya.

Manfaat daun kersen untuk kesehatan ini berasal dari senyawa kimia yang dimilikinya. Hingga masalah asam urat bisa diatasi dan dicegah dengan mengonsumsi ekstrak daun kersen.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus beberapa helai daun kersen dalam air. Setelah air mendidih, saringlah air tersebut sebelum meminumnya. Minumlah ramuan ini secara rutin.

9. Mencegah kanker

Kandungan flavoioda, tannin, dan saponin yang memiliki sifat antikanker, membuat daun kersen berkhasiat mencegah penyakit kanker. Untuk mendapat khasiat daun kersen ini, minumlah air rebusan daun kersen secara rutin.

Sumber: Healthline, Health

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer