Sukses


8 Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan, Bahan Ramuan Tradisional dengan Beragam Khasiat

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia Ayurveda, neem adalah ramuan obat populer yang telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional sejak hampir 5000 tahun yang lalu. Pembuatan ramuan neem bersumber dari daun mimba.

Daum mimba berasal dari tanaman neem yang memiliki nama ilmiah Azadirachta indica. Itu merupakan tanaman yang berasal dari India. Semua bagian dari pohon tersebut memiliki senyawa penting yang berkhasiat sebagai obat dan pendukung kecantikan.

Daun mimba mengandung lebih dari 130 jenis senyawa biologis, seperti nimbin, numandial yang membantu menyembuhkan tubuh dan meningkatkan kesehatan.

Selain itu, daun mimba juga terkenal dengan sifat anti-penuaanya. Karena sifat antioksidannya, daun mimba melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, polusi, dan faktor lingkungan lainnya.

Vitamin dan asam lemak dalam mimba meningkatkan dan menjaga elastisitas kulit, mengurangi kerutan dan garis halus. Ini membuat Anda dan kulit Anda terlihat segar kembali dan awet muda.

Berikut manfaat daun mimba bagi kesehatan, dikutip dari Indiatimes, Minggu (7/2/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan

1. Anti Jamur dan Anti Bakteri

Daun mimba bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur dan bakteri. Mereka digunakan untuk mengobati kutil serta cacar air. Pasta tersebut bisa dioleskan ke area yang terkena atau orang tersebut mandi dengan air nimba. Selain itu juga dapat mengobati jamur kaki.

2. Baik untuk Tulang

Bukan hanya susu yang penting untuk membangun tulang yang kuat. Daun mimba mengandung kalsium dan kandungan mineral yang kuat di dalamnya yang membantu membangun tulang yang kuat dan mengurangi peradangan.

Dalam pengobatan tradisional, daun nimba dan minyak nimba sering diresepkan kepada pasien lanjut usia untuk meredakan nyeri rematik dan rasa kaku atau nyeri yang muncul seiring bertambahnya usia. Memijat kulit secara teratur dengan minyak neem juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan

3. Insektisida

Anda bisa menyimpan kapas yang dibasahi Mimba di dekat jendela atau membakar daun mimba untuk mengusir serangga. Ini sangat efektif dan digunakan untuk melawan ancaman nyamuk.

4. Mendukung kebersihan mulut

Tak bisa menjaga kebersihan mulut dapat menyebabkan penumpukan patogen berbahaya dan penyebaran infeksi. Daun mimba, dengan sifat aktifnya, bekerja untuk mengurangi kultur mikroorganisme dan kuman yang menyerang tubuh Anda.

Banyak orang juga suka mengunyah daun nimba secara teratur karena alasan yang sama. Ini juga mempromosikan nafas segar, menjaga tingkat pH dalam air liur dan melindungi kesehatan mulut dari segala jenis pembusukan. Untuk alasan yang sama, neem merupakan bahan aktif yang terdapat dalam berbagai jenis pasta gigi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Teh mimba juga banyak diresepkan untuk menurunkan demam, terutama yang malaria. Karena mimba rasanya pahit, teh memperoleh rasa yang serupa tetapi bekerja secara ajaib.

6. Sikat Gigi Alami

Mengunyah ranting nimba merupakan tradisi India kuno. Itu dipercaya mampu membersihkan sekaligus untuk perawatan gigi.

Belakangan ini Anda menemukan pasta gigi berbahan nimba untuk memastikan kesehatan gigi yang baik. Karena sifat antibakteri, anti-inflamasi dan antijamurnya, ia mencegah segala jenis infeksi dan penyakit gigi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan

7. Rambut kuat dan panjang

Daun mimba juga membantu memperkuat kualitas rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Daun mimba juga digunakan sebagai kondisioner rambut.

Karena sifat antibakteri, antijamur, dan antiradangnya, mimba adalah cara terbaik untuk mengatasi ketombe. Ini membuat folikel rambut lebih kuat, sehingga mendorong pertumbuhan rambut juga. Daun ini memberikan nutrisi yang dibutuhkan akar rambut, membuatnya lebih kuat dan lebih bersinar.

8. Menghilangkan Jerawat

Daun mimba juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi jerawat. Minyak daun mimba dipercaya dapat meredakan kulit kering, kulit gatal dan kemerahan. Ini juga mencegah jerawat dan noda kulit.

 

Sumber: Indiatimes

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer