Sukses


7 Manfaat Limau Kasturi bagi Kesehatan, si Kecil yang Mengejutkan

Bola.com, Jakarta - Manfaat limau kasturi atau jeruk kasturi masih banyak yang belum diketahui khalayak umum. Limau kasturi merupakan jenis jeruk yang berukuran kecil seperti jeruk nipis. Daging buahnya berwarna jingga.

Jeruk kasturi ini memiliki rasa yang sangat masam. Namun, jeruk satu ini tetap banyak digunakan, terutama sebagai campuran dalam makanan atau minuman. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya.

Limau kasturi berasal dari China. Namun, kini, buah ini sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Selain sebagai campuran dalam makanan ataupun minuman, jeruk ini juga menyimpan segudang manfaat sehat untuk tubuh.

Berikut manfaat limau kasturi, dikutip dari Klikdokter, Senin (8/2/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Limau Kasturi bagi Kesehatan

1. Memperkuat Sistem Imun

Limau kasturi mengandung antioksidan dan vitamin C. Keduanya berfungsi untuk melawan dampak buruk radikal bebas akibat polusi yang didapatkan dari aktivitas sehari-hari.

Lantaran kandungannya tersebut, manfaat jeruk kasturi tidak hanya mencegah penyakit seperti flu dan pilek, tetapi juga dapat mencegah terjadinya kanker.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Jeruk kasturi dapat mencegah penyakit kardiovaskular dengan menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Manfaat jeruk kasturi untuk kesehatan jantung diperoleh dari kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada jeruk.

Sementara itu, limau kasturi memiliki efek menurunkan kolesterol karena kandungan serat dan antioksidannya. Kadar kolesterol yang terkontrol dapat mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.

3 dari 4 halaman

Manfaat Limau Kasturi bagi Kesehatan

3. Mengontrol Gula Darah

Manfaat jeruk kasturi lainnya adalah mengontrol gula darah. Jeruk kasturi memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak mudah meningkatkan gula darah.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi seperti vitamin C, mineral, dan antioksidannya juga mengurangi resistensi insulin. Dengan demikian, limau kasturi bermanfaat tidak hanya untuk pengidap diabetes, tetapi juga orang dengan faktor risikonya.

4. Baik untuk Pernapasan

Limau kasturi termasuk buah yang baik untuk pernapasan Anda. Manfaat jeruk kasturi untuk kesehatan pernapasan satu di antaranya dapat meredakan radang tenggorokan. Kadar asam sitrus pada jeruk ini bisa mengurangi dahak dan lendir akibat infeksi saluran pernapasan.

Tidak cukup sampai di situ, vitamin C dan antioksidan pada jeruk kasturi ternyata baik untuk mempercepat pemulihan flu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Limau Kasturi bagi Kesehatan

5. Meningkatkan Pembentukan Kolagen

Tidak hanya untuk kulit, kolagen merupakan bahan dasar jaringan tubuh lainnya seperti otot, jantung, tulang, dan pembuluh darah, serta mempercepat penyembuhan luka.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk kasturi bisa merangsang pembentukan kolagen. Namun, manfaat jeruk kasturi yang satu ini tidak bisa diperoleh begitu saja. Konsumsinya harus diimbangi dengan makanan bernutrisi lainnya sebagai sumber kolagen utama.

6. Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk kasturi dapat mencegah terbentuknya endapan mineral kalsium, yang menjadi cikal bakal terbentuknya batu ginjal. Asam sitrat di sini berperan sebagai antioksidan.

Namun demikian, Anda tetap harus minum air putih yang banyak dan menghindari kebiasaan menahan buang air kecil. Pasalnya, kedua hal tersebut merupakan upaya pencegahan batu ginjal yang paling utama.

7. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat jeruk kasturi juga bisa dirasakan oleh kesehatan pencernaan Anda. Kabar baiknya, jeruk kasturi bisa meredakan konstipasi dan menjaga pergerakan usus tetap normal.

Selain itu, jeruk kasturi cocok untuk dijadikan pencuci mulut. Pasalnya, vitamin C dari air jeruk kasturi dapat mencegah kerusakan gigi dan peradangan pada gusi.

 

Sumber: Klikdokter (Published: 4/1/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer