Sukses


Pengertian Cerita Rakyat, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Macam-macamnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari masyarakat lampau, yang kerap diperkenalkan kepada generasi berikutnya. Hal tersebut merupakan ciri khas khusus untuk negara yang memiliki beraneka ragam budaya dan sejarah, seperti yang dimiliki Indonesia.

Dalam cerita rakyat biasanya menceritakan suatu tempat dan asal muasal tokoh-tokoh yang dimunculkan pada cerita rakyat tersebut. Tokoh cerita rakyat yang disampaikan tersebut bisa dalam bentuk manusia, binatang, dan sesuatu yang gaib lainnya.

Isi dari cerita rakyat yang ada itu sudah berkembang di tengah masyarakat. Cerita ini juga sudah ada semenjak zaman dahulu.

Jadi, cerita rakyat ini sudah diwariskan atau disebarluaskan secara lisan, melalui mulut ke mulut dan secara turun menurun.

Nah, untuk memahami lebih dalam tentang cerita rakyat, bisa membaca pengertian dari para ahli, ciri-ciri, fungsi dan macam-macamnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian cerita rakyat dari para ahli, ciri-ciri, fungsi, hingga macam-macamnya, seperti dikutip dari laman Dosenpendidikan dan Indonesiastudents, Selasa (9/2/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Cerita Rakyat

Sisyono, dkk

Cerita rakyat merupakan satu di antara karya sastra yang berwujud cerita yang lahir, hidup, dan berkembang di masyarakat tradisional yang disebarkan secara lisan, mengandung survival, sifatnya abonim, dan disebarkan di antara kolektif khusus dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Suripan Sadi Hutomo (1991)

Cerita rakyat adalah cerita yang diwariskan secara turun temurun dari generasi lama ke generasi baru secara lisan.

Cerita rakyat bisa diartikan sebagai wujud ekspresi suatu budaya yang ada di masyarakat melalui tutur, yang mempunyai hubungan secara langsung dengan berbagai aspek budaya serta susunan nilai sosial masyarakat itu sendiri.

Hasim Awang (1985)

Cerita rakyat adalah suatu kisah mengenai perjuangan, kisah cinta (romantisme), atau lainnya yang sudah terjadi di masa lampau dan dijadikan pelajaran di masa yang akan datang.

James Dananjaya (1997)

Cerita rakyat adalah kisah mengenai perjuangan cinta kasih yang tergolong sebagai karya sastra dalam bentuk faklor yang diwarisakan secara turun temurun.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri dan Fungsi Cerita Rakyat

Ciri-Ciri Cerita Rakyat

- Cerita rakyat disampaikan secara lisan.

- Disampaikan secara turun-temurun.

- Tidak diketahiu siapa pertama kali membuatnya.

- Kaya akan nilai-nilai luhur.

- Bersifat tradisional.

- Memiliki banyak versi dan variasi.

- Mempunyai bentuk-bentuk klise dalam susunan atau cara pengungkapannya.

 

Fungsi Cerita Rakyat

- Sarana hiburan. Dengan mendengarkan cerita rakyat, sepeti dongeng, mite atau legenda, kita sekan-akan diajak berkelana ke alam lain yang tidak kita jumpai dalam pengalaman hidup sehari-hari.

- Sarana pendidikan. Jadi, pada dasarnya cerita rakyat ingin menyampaikan pesan atau amanat yang dapat bermanfaat bagi watak dan kepribadian para pendengarnya.

- Sarana penggalang rasa kesetiakawanan di antara warga masyarakat yang menjadi pemilik cerita rakyat tersebut.

- Fungsi lain lagi dari cerita rakyat adalah sebagai pengukuh nilai-nilai sosial budaya yang berlaku dalam masyarakat. Dalam cerita rakyat juga biasanya terdapat ajaran-ajaran etika dan moral yang bisa dipakai sebagai pedoman bagi masyarakat.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Cerita Rakyat

Fabel

Fabel merupakan cerita rakyat yang tokoh pelakunya berupa binatang dan binatang tersebut dapat berperilaku layaknya manusia. Contohnya adalah Kancil yang Cerdik dan cerita Serigala yang Licik.

Legenda

Legenda merupakan sebuah cerita yang memuat mengenai asal-usul terjadinya suatu tempat, seperti sebuah cerita Asal Usul Banyuwangi, Asal Usul Danau Toba, dan Terbentuknya Tangkuban Perahu.

Mite

Mite merupakan cerita yang memuat mengenai dewa-dewi atau cerita sifatnya sakral dan penuh mistis. Contoh cerita rakyat ini seperti kisah Nyai Roro Kidul, Dewi Sri, dan Hikayat Sang Boma.

Sage

Sage merupakan sebuah cerita yang isinya mempunyai kandungan unsur sebuah sejarah, misalnya Damarwulan, Ciung Wanara, dan Rara Jonggrang.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Cerita Rakyat

Epos

Merupakan sebuah cerita kepahlawanan, seperti cerita Ramayana dan Mahabarata.

Cerita Jenaka

Cerita jenaka merupakan cerita yang menceritakan mengenai kebodohan atau sesuatu yang lucu. Contoh dari cerita rakyat ini adalah cerita Pak Pandir, Pak Belalang, dan Cerita Si Kabayan.

Paralel

Paralel adalah cerita rakyat yang tokohnya manusia dan hewan. Contoh: Anjing yang Loba, Semut dan Belalang, Hikayah Mahabarata.

Parabel

Parabel merupakan cerita rakyat yang menggambarkan cerita moral dengan para tokoh benda mati. Contohnya ialah Kisah Sepasang Slop.

 

 

Sumber: Dosenpendidikan, Indonesiastudents

Video Populer

Foto Populer