Sukses


7 Manfaat Berendam Air Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Mandi atau berendam dengan air hangat sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi tubuh. Satu di antara manfaat berendam air hangat adalah mampu melepaskan rasa lelah dan letih serta memperbaiki mood.

Bahkan, berendam air hangat menjadi suatu kebiasaan sederhana bagi masyarakat Jepang. Sekitar 80 persen orang Jepang biasa berendam air panas dalam waktu lama.

Shinya Hayasaka, dokter medis dan profesor di Tokyo City University dikutip dari Liputan6, mengatakan bahwa berendam air panas bisa membuat arteri mengendur dan mengembang, serta meningkatkan sirkulasi.

"Darah membawa oksigen dan nutrisi ke semua sel di tubuh Anda - sebanyak 37 triliun, menurut beberapa perkiraan - dan membawa karbon dioksida dan produk limbah lainnya," kata Hayasaka.

"Dorongan pada sirkulasi inilah yang bertanggung jawab atas perasaan restoratif yang Anda dapatkan saat berendam di bak mandi, seolah-olah penumpukan kelelahan hari itu mengambang di atas awan uap," lanjutnya.

"Panas mengurangi rasa sakit, dan menghangatkan tubuh mengurangi kepekaan saraf, yang dapat mengurangi sakit punggung, bahu kaku, dan berbagai macam rasa sakit dan nyeri lainnya. Panas juga melembutkan ligamen kaya kolagen yang mengelilingi sendi, membuatnya lebih kenyal dan mengurangi nyeri sendi," jelas Hayasaka.

Nah, berikut iniĀ manfaat berendam air hangat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, dikutip dari klikdokter, Selasa (9/2/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Berendam Air Hangat

1. Melancarkan aliran darah

Saat berendam air hangat, jantung akan berdetak sedikit lebih cepat sehingga aliran darah ke seluruh tubuh lebih lancar.

Peredaran darah yang lancar ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga menstabilkan tubuh agar tidak mudah masuk angin. Aliran darah tersebut juga akan menutrisi kulit sehingga kulit jadi lebih sehat.

2. Membersihkan kulit

Air hangat dapat membuka pori-pori kulit sehingga debu dan kotoran dapat lebih mudah terangkat. Dengan demikian, kulit akan lebih bersih dan segar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Berendam Air Hangat

3. Mengurangi nyeri

Bila Anda sering mengalami sakit kepala, sakit otot dan sendi, berendam air hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Air hangat akan melancarkan kerja pembuluh darah dengan membuat sendi, tendon, jaringan dan otot lebih kendur.

Terbebas dari rasa nyeri tentunya dapat membuat Anda lebih nyaman beraktivitas.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Air hangat dapat membuat pembuluh darah terbuka (vasodilatasi) dan memicu tubuh mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan nyaman dan senang.

Itulah sebabnya berendam air hangat, terutama di sore hari sebelum beristirahat, dapat menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan demikian saat bangun tubuh Anda akan terasa lebih segar kembali.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin B6, yang dapat membantu mengatasi stres, capek, pegal, dan membuat saraf lebih rileks. Tidur Anda pun menjadi lebih berkualitas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Berendam Air Hangat

5. Memberikan efek relaksasi

Sebuah penelitian di Mayo Clinic menyebutkan bahwa air hangat dapat menyebabkan jantung bekerja lebih cepat untuk memompa darah ke permukaan tubuh sehingga panas dapat dikeluarkan.

Hal ini menyebabkan pembuluh darah berdilatasi (ekspansi) sehingga menurunkan resistensi aliran pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Aliran pembuluh darah ke otot juga dapat membantu relaksasi otot.

6. Meredakan pilek

Mandi air hangat memungkinkan Anda menghirup uap yang dapat melegakan pernapasan. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi ke dalam air hangat untuk menciptakan suasana yang lebih santai.

7. Mengurangi stres

Jangan terburu-buru saat mandi air hangat. Luangkan waktu sebentar untuk melepas lelah dan rileks. Mandi air hangat memiliki efek menenangkan pada tubuh Anda. Cobalah memanjakan diri dalam ritual' ini karena mandi air hangat ampuh meredakan stres.

Ā 

Sumber: Liputan6.com (Editor:Ā Raden Trimutia Hatta. Published: 29/12/2020), Klikdokter (Published: 20/10/2017)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer