Sukses


6 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Wajah, Mengatasi Jerawat Bandel

Bola.com, Jakarta - Temulawak merupakan tanaman tradisional asli Indonesia. Temulawak memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza dan merupakan tanaman obat dari famili Zingiberaceae.

Tanaman ini memiliki nama-nama berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Di Sunda, temulawak disebut sebagai koneng gede. Di Madura, temulawak disebut sebagai temu labak.

Tanaman ini umumnya tumbuh subur di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Temulawak dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, temulawak juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan wajah.

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah bisa didapatkan dengan dua cara, yakni mengonsumsi sari temulawak atau menggunakannya sebagai masker.

Berikut manfaat temulawak untuk kecantikan wajah, disadur dari Liputan6, Rabu (10/2/2021).

2 dari 7 halaman

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan peradangan di wajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah.

Bagi sebagian orang, munculnya jerawat ini sangat meresahkan karena selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga mengganggu penampilan.

Nah, untuk mengatasi masalah jerawat di wajah, Anda bisa bisa menggunakan temulawak. Temulawak dipercaya memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering.

Dapatkan manfaat temulawak untuk wajah ini dengan melakukan perawatan wajah dengan menjadikannya sebagai masker.

3 dari 7 halaman

2. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat temulawak untuk wajah selanjutnya adalah bisa menghaluskan wajah. Anda bisa menggunakan masker temulawak secara rutin untuk mendapatkan wajah yang halus dan tidak kasar.

Kalau kulit wajah Anda menjadi halus, akan terlihat terawat serya akan membuat makeup yang digunakan terlihat lebih sempurna.

4 dari 7 halaman

3. Kulit Wajah Menjadi Lebih Cerah

Temulawak dapat mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel kulit mati di wajah merupakan satu di antara penyebab dari kulit menjadi kusam dan gelap.

Agar kulit menjadi lebih cerah, Anda bisa melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati. Anda bisa menjadikan temulawak sebagai bahan untuk melakukan eksfoliasi.

5 dari 7 halaman

4. Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat temulawak untuk wajah lainnya adalah bisa untuk menyamarkan noda hitam. Noda hitam pada wajah bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas, bekas jerawat, dan gejala penuaan.

Jika dibiarkan, noda hitam bisa semakin banyak jumlahnya dan akan makin sulit untuk ditutupi. Agar noda hitam tak makin parah, Anda bisa menyamarkannya dengan menggunakan masker secara rutin. Satu di antara bahan masker yang bisa Anda gunakan adalah dari temulawak.

6 dari 7 halaman

5. Melembapkan Kulit

Manfaat temulawak untuk wajah yang tak kalah penting adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Memiliki wajah yang lembap dan tidak kering merupakan satu di antara kondisi wajah yang sangat diidamkan oleh banyak orang.

Banyak faktor yang bisa mengakibatkan kulit wajah Anda menjadi kering alis tidak lembap. Misalnya, sering terpapar sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah jadi kering.

Untuk menjaga kondisi kulit wajah agar selalu lembap, Anda bisa menggunakan masker temulawak.

Cara membuat masker dari temulawak ini, campurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun serta kuning telur, dan oleskan pada kulit wajah secara teratur.

7 dari 7 halaman

6. Meremajakan Kulit Wajah

Bila gejala penuaan sudah terlanjur muncul, tak perlu khawatir. Anda bisa meremajakan kuoit dengan berbagai macam perawatan, satu di antaranya dengan menggunakan temulawak. 

Manfaat temulawak untuk wajah tidak hanya dapat mencegah gejala penuaan, namun bisa juga membantu meremajakan kulit. Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat.

Kulit yang sehat akan terlihat lebih segar sehingga Anda akan terlihat lebih muda.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutia Sari, Editor: Rizky Mandasari. Published: 12/7/2019)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer