Sukses


10 Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Melepaskan Dahaga

Bola.com, Jakarta - Meminum air putih pasti akan melepaskan dahaga dalam tubuh. Namun, apakah Anda tahu manfaat air putih selain melepaskan dahaga dan penutup setelah makan besar?

Mengonsumsi air putih sangat dianjurkan dibandingkan meminum minuman perasa. Minum air putih tawar akan membuat tubuh Anda terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, meminum air putih membuat ginjal lebih sehat karena tak perlu menyaring zat-zat lain yang biasa terkandung dalam minuman perasa. Minuman perasa ada beraneka ragam, mulai teh, kopi, hingga olahan lainnya yang sangat bervariasi.

Minuman-minuman perasa tersebut sering kali mengandung gula yang cukup tinggi, yang dalam jangka panjang berbahaya bagi tubuh. Itulah mengapa, para pakar kesehatan lebih menyarankan minum air putih.

Dalam sehari, seseorang dianjurkan meminum 7-8 gelas air putih. Jumlah tersebut untuk menunjang sistem tubuh yang sebagian besar berupa cairan.

Berikut penjelasan manfaat air putih bagi kesehatan tubuh, dikutip dari Klikdokter, Kamis (11/2/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui

1. Memaksimalkan Performa Fisik

Performa fisik akan terdampak jika hidrasi tubuh tak terjaga. Hal ini penting apalagi jika Anda berolahraga intens.

Atlet dapat kehilangan 6-10 persen cairan tubuhnya lewat keringat. Kondisi ini bisa menyebabkan perubahan suhu tubuh, menurunnya motivasi, peningkatan rasa lelah, serta olahraga makin terasa berat, baik secara fisik maupun mental.

Dehidrasi bisa menjadi efek nyata, meski Anda hanya kehilangan dua persen cairan tubuh. Di sinilah manfaat air putih berperan, yakni untuk memaksimalkan performa fisik.

Berikut adalah panduan untuk mempersiapkan kehilangan cairan tubuh saat berolahraga:

  • Minum sebanyak 400-600 ml air 1-2 jam sebelum mulai berolahraga untuk mempersiapkan hilangnya cairan.
  • Minum lagi 200-300 ml air 15 menit sebelum memulai olahraga.
  • Selama berolahraga, minum 200 ml air setiap 15 menit untuk mengganti cairan yang hilang selama berolahraga.
  • Jika setelah berolahraga berat badan Anda turun, ganti setiap 0,5 kg yang hilang dengan 500-600 ml air.

2. Berdampak Besar pada Tingkat Energi dan Fungsi Otak

Jika hidrasi menurun, otak bisa merasakan efeknya karena otak sebagian besar terdiri dari air. Karena itulah, manfaat minum air putih juga berhubungan dengan fungsi otak.

Sebuah studi yang diterbitkan di British Journal of Nutrition menyebutkan 1,59 persen hilangnya cairan tubuh pada pria muda dapat memengaruhi kerja memori dan meningkatnya rasa cemas dan kelelahan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui

3. Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala

Ketika tubuh kekurangan cairan, keluhan sakit kepala bisa timbul sebagai efeknya. Studi yang dipublikasikan di jurnal Headache tahun 2004 mengungkapkan, air putih bisa mengurangi sakit kepala (tipe tegang) pada orang-orang yang dehidrasi.

Ada pula studi lainnya pada 2005 di European Journal of Neurology, yang menyebutkan, air putih tak punya efek apa pun terhadap frekuensi sakit kepala, tetapi tetap bisa mengurangi intensitas dan durasinya.

4. Meringankan Konstipasi

Satu di antara manfaat air putih adalah dapat membantu meringankan susah BAB. Jika tinja yang terbentuk memiliki sedikit air, teksturnya akan cenderung keras.

Tinja yang keras dapat menyebabkan sulit buang air besar atau konstipasi. Bila konstipasi tak ditangani dengan baik, akan timbul gangguan kesehatan lainnya seperti ambeien.

4 dari 6 halaman

Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui

5. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk akibat tingginya konsentrasi zat-zat yang kelarutannya rendah, seperti kalsium dan oksalat. Keduanya merupakan bahan tersering yang membentuk batu ginjal di dalam urine.

Namun, tak perlu risau, sebab air putih dapat mencegah hal ini. Oleh karena itu, minumlah air dengan cukup agar konsentrasi bahan-bahan di atas tidak tinggi di urine sehingga batu ginjal tidak terbentuk.

6. Mencegah Hangover

Satu di antara manfaat air putih adalah mencegah hangover. Peminum alkohol tentunya tahu ketidaknyamanan yang timbul ketika bangun keesokan hari akibat minum minuman beralkohol di malam sebelumnya, alias hangover.

Alkohol bersifat diuretik sehingga membuat Anda kehilangan cairan lebih banyak. Hal ini bisa berujung pada dehidrasi. Meski dehidrasi bukan penyebab utama hangover, kondisi ini memunculkan gejala, seperti haus, kelelahan, sakit kepala, dan mulut kering.

5 dari 6 halaman

Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui

7. Bantu Turunkan Berat Badan

Air putih membantu sistem pencernaan untuk membuang limbah dari dalam tubuh. Karenanya, manfaat air putih dianggap dapat membantu menurunkan berat badan. Air putih pun membantu perut terasa kenyang sehingga seseorang akan makan lebih sedikit.

Menurut studi di Journal of Clinical and Endocrinology and Metabolism tahun 2008, minum setengah liter (17 ons) air putih bisa meningkatkan metabolisme sebesar 24-30 persen selama 1,5 jam.

Hal tersebut menunjukkan minum air putih dua liter per hari bisa meningkatkan pengeluaran energi total hingga 96 kalori per hari.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Sebanyak 60 persen jaringan tubuh terdiri dari air, termasuk sel-sel kulit. Oleh karena itu, jika Anda kurang minum air putih, proses fisiologis tubuh akan terganggu, termasuk sel-sel kulit. Kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat kering dan kusam.

6 dari 6 halaman

Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui

9. Menjaga Suhu Tubuh

Manfaat minum air putih yang tak kalah penting lainnya adalah untuk menjaga suhu tubuh. Tubuh kehilangan cairan melalui keringat saat menjalani aktivitas fisik dan berada di lingkungan yang panas.

Nah, keringat membantu menjaga tubuh tetap dingin. Suhu tubuh dapat meningkat jika Anda tidak mengganti kehilangan cairan. Oleh karena itu, jika Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya, pastikan Anda minum air putih lebih banyak lagi untuk terhindar dari dehidrasi.

10. Membantu Penyerapan Nutrisi

Tak hanya untuk menjaga kesehatan saluran cerna saja, air putih bisa membantu penyerapan nutrisi. Dalam proses pemecahan makanan, air dapat membantu pemisahan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makan untuk kemudian dikirimkan ke seluruh tubuh.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/10/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer