Sukses


Ini Manfaat Vaksin Kucing yang Perlu Anda Tahu

Bola.com, Jakarta Kata vaksin mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda. Apalagi kini vaksin sangat dinantin untuk penanggulangan Covid-19. Namun, tak hanya manusia yang memerlukan vaksin, hewan pun membutuhkan pula.

Salah satunya adalah kucing. Vaksin bisa jadi salah satu solusi agar kucing kesayangan terhindar dari sejumlah penyakit. Lantas, apakah benar manfaatnya untuk mencegah penyakit.

Dilansir liputan6.com, drh. Suheri Hasibuan, vaksin bermanfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus.

Walau terdapat kesamaan, tahapan vaksin yang dilalui kucing dan anjing memiliki perbedaan. Berikut pembahasan seputar vaksin kucing yang mesti Anda tahu supaya.

Pertama, kucing diberikan Vaksin Felocel 3 (F3) pada usia 3 - 12 bulan untuk mencegah penyakit rhinotracheitis (gangguan saluran pernapasan), calicivirus (membuat mulut kucing berdarah-darah), dan panleukopenia (menyerang organ vital).

Setelah itu, kucing lalu divaksin ke-2 menjadi F4, yang pencegahan penyakitnya sama dengan vaksin pertama. Hanya saja, vaksin ditambah chlamydia, yakni penyakit yang sering menyerang bagian mata si kucing.

"Supaya dia nggak belekan terus. Matanya sehat. Kan ada tuh kucing yang matanya kayak hampir keluar," papar Suheri.

 

Ia melanjutkan, bahwa vaksin pertama dikasih pas kucing berusia 5 bulan. Sebulan kemudian dari vaksin pertama itu baru diberikan vaksin ke-2. Tapi, kalau usia kucingnya sudah lebih dari 12 bulan dan belum vaksin pertama, kami biasanya langsung beri vaksin ke-2. Mereka nantinya bakal membentuk antibodi dari vaksin yang diberikan.

Berjarak setahun dari vaksin ke-2, barulah bisa divaksin untuk kali ke-3. Treatment-nya sama, yakni untuk menghindari keempat penyakit yang sudah disebut. Tapi, kali ini ditambah rabies.

"Sudah vaksin ke-3, baru bisa vaksin F4 dan rabies setiap tahun. Setidaknya sampai 3 atau 4 tahun. Setelah itu, kucing sudah membentuk antibodi sendiri," ungkap drh. Suheri.

Makanan

Nah, untuk memberikan nutrisi untuk si Kucing, kamu memerlukan makanan yang bergizi. kamu bisa berikan makanan dry food, seperti Muezza.

Muezza mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kucing, mengoptimalkan sistem pencernaan, menstimulasi penglihatan kucing, dan mengurangi bau kotorannya. Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Agar lebih praktis, kamu bisa mendapatkan Muezza dengan paket bundling sekaligus. Tentu dengan varian rasa dan harga yang terjangkau. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan paket bundling dengan 2 varian sampai 3 varian rasa dari Muezza.

Muezza juga memiliki varian rasa, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

(*)

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer