Sukses


7 Cara Ampuh Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami dan Sederhana

Bola.com, Jakarta - Kecoak merupakan satu di antara serangga yang kerap masuk di rumah. Hal ini membuat penghuni rumah kerap mencari cara mengusir kecoak dengan bahan apa pun.

BACA JUGA: Cara Membasmi Kecoak Dirumah Dengan Mudah Dan Aman

Kecoak merupakan serangga bersayap lurus, dapat terbang, bersungut panjang, berwarna cokelat, terdapat di rumah-rumah, terutama di tempat kotor.

Kecoak dikenal sebagai binatang kotor dan membawa penyakit. Selain itu, kecoak menghasilkan puluhan telur yang sulit dikenali.

Kecoak juga memiliki kemampuan berlari yang cepat. Mereka mampu berlari dengan kecepatan tiga mil per jam. Dengan kecepatan tersebut akan membuatnya mudah menyebarkan bakteri ke seluruh rumah.

Kehadiran kecoak kerap mengagetkan dan bagi yang takut dengannya, pasti langsung berteriak.

Orang biasanya menggunakan bahan kimia yang dijual di pasaran untuk mengusir kecoak. Padahal, bahan kimia tersebut memiliki efek samping yang berbahaya untuk jangka waktu yang lama.

Itulah mengapa, cara mengusir kecoak dengan bahan alami bisa menjadi pilihan. Selain tak ada efek samping, bahan tersebut juga mudah didapatkan.

Berikut cara mengusir kecoak dengan bahan alami dan sederhana, dikutip dari Natural Living Ideas, Kamis (18/2/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami dan Sederhana

1. Minyak Peppermint

Kecoak membenci bau minyak peppermint yang bertindak sebagai insektisida alami yang tidak hanya mencegah kecoak, tetapi juga membunuh mereka.

Buat pengusir daun mint dengan mengisi botol semprot dengan air dan menambahkan 20 tetes minyak peppermint ke dalam air. Semprotan ini 100 persen tidak beracun dan aman digunakan di sekitar hewab peliharaan dan anak-anak. Semprotkan di tempat yang Anda tahu ada kecoak bersembunyi.

2. Daun Salam

Dikenal sebagai satu di antara pengobatan rumahan terbaik untuk mengusir kecoak, semprotan daun salam ini akan membuat kecoak di rumah Anda berlarian.

Untuk membuat pengusir kecoak, cukup hancurkan segenggam daun salam dan biarkan di dekat sudut dan celah di mana kecoak mungkin bersembunyi. Anda juga bisa meletakkan segenggam di dasar tempat sampah.

3 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami dan Sederhana

3. Diatomaceous Earth (Tanah diatom)

Bagian fosil dari makhluk air kecil yang dikenal sebagai diatom membentuk apa yang dikenal sebagai tanah diatom atau DE. Zat total beracun pada tanah ini bersifat abrasif dan ketika kecoa berkontak dengan DE mengeringkan lapisan tubuh kecoak.

Pastikan untuk hanya menggunakan food grade DE yang aman di rumah. Untuk membuat DE menarik bagi kecoak, tambahkan gula ke dalamnya. Oleskan lapisan DE yang banyak ke celah-celah dan tempat-tempat lain di mana kecoak mungkin bersembunyi.

4. Baking Soda

Baking soda secara sederhana adalah pembunuh kecoak yang ampuh. Baking soda adalah agen ragi yang digunakan dalam memanggang - ini berarti bahwa ketika bersentuhan dengan air, ia akan mengembang.

Campurkan baking soda dan gula dengan jumlah yang sama, lalu taburkan di sudut-sudut dan tempat kecoak biasa lewat. Gula akan menarik kecoak dan ketika mengkonsumsi zat itu ia akan mati.

4 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami dan Sederhana

5. Deterjen dan Hairspray

Kecoak akan sekarat dengan campuran air dan sabun. Untuk menggunakannya, campurkan empat sendok makan deterjen cair dengan empat gelas air. Semprotkan sesuai kebutuhan di tempat kecoak bersembunyi.

Hairspray memiliki tekstur lengket dan sekali kecoak tersangkut di sana, mereka ia akan terjebak untuk selamanya. Hairspray sangat bagus untuk disemprotkan langsung pada kecoak saat Anda melihatnya bergerak.

Ini akan membuatnya berhenti bergerak segera. Ikuti semprotan hairspray dengan satu atau dua semprotan air sabun untuk menghabisi serangga ini.

5 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami dan Sederhana

6. Obat Kumur

Obat kumur tak hanya membuat napas Anda segar. Obat kumur mengandung mentol, yang menurut penelitian adalah pembunuh kecoak yang kuat. Jika dibandingkan dengan 86 minyak esensial lainnya, mentol berada pada peringkat pertama.

Cara mengusir kecoak dengan obat kumur adalah membuat semprotan obat kumur. Campur 100 ml obat kumur dalam satu galon air dan semprotkan di sekitar rumah Anda.

7. Mimba

Tanaman obat ini mengganggu siklus hidup kecoa. Ini mengurangi laju reproduksi dan mengurangi jumlah telur subur.

Hancurkan segenggam daun nimba untuk membuat pasta. Masukkan daunnya ke empat gelas air dan isi botol semprot. Semprotkan di sudut, retakan dan area lembab.

 

Sumber: Natural Living Ideas

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer