Sukses


7 Macam Olahraga yang Bagus untuk Pertumbuhan Tinggi Badan

Bola.com, Jakarta - Memiliki tinggi badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Tak hanya menunjukkan badan sehat, memiliki tinggi badan ideal berguna untuk menunjang penampilan.

Tinggi badan sangat berpengaruh dengan faktor genetik. Namun, Anda juga bisa memiliki tinggi ideal jika rajin olahraga dan melakoni sederet diet sehat.

Melansir Klikdokter, penambahan tinggi bisa terjadi jika lempeng pertumbuhan yang ada di tulang panjang masih terbuka. Lempeng itu terbuka pada usia pubertas, dan umumnya menutup di usia 20-21 tahun.

Selama masa tersebut, Anda perlu memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh. Anda harus selalu mengonsumsi makronutrien yang penting untuk pertumbuhan tulang, seperti protein, baik hewani maupun nabati.

Nutrisi ini dengan mudah ditemukan dalam daging, ikan, telur, makanan laut, tahu, tempe, kacang-kacangan, serta sumber karbohidrat yang baik, seperti gandum.

Selain itu, asupan mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral, penting dikonsumsi setiap hari. Vitamin dan mineral yang menunjang pertumbuhan tulang, antara lain vitamin D, kalsium, dan fosfor.

Selain itu, ada beberapa macam jenis olahraga yang bagus dilakukan untuk pertumbuhan tinggi badan. Apa saja macam olahraga yang bagus untuk pertumbuhan tinggi badan tersebut?

Berikut macam olahraga yang bagus untuk pertumbuhan tinggi badan, disadur dari Liputan6, Selasa (23/2/2021).

2 dari 4 halaman

Macam Olahraga yang Bagus untuk Pertumbuhan Tinggi Badan

1. Basket

Olahraga yang bagus untuk pertumbuhan tinggi badan yang pertama adalah basket. Permainan bola basket membuat Anda berlari dan melompat.

Tubuh yang berlari dan melompat secara konstan dapat menyebabkan banyaknya aliran darah mengalir ke dalam lempeng pertumbuhan yang membantu merangsang pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal.

Loncatan konstan saat main basket membuat tubuh Anda melayang secara vertikal di udara dengan melawan gravitasi dan mengakibatkan peregangan otot, dan ketika menyentuh tanah, tubuh akan mengalami kontraksi. Hal inilah yang menyebabkan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.

2. Sepak Bola

Selain basket, bermain sepak bola merupakan satu di antara olahraga mempercepat tinggi badan secara alami. Sepak bola membutuhkan banyak berlari yang sangat penting untuk menambah tinggi badan. Ketika berlari, Anda meregangkan otot lutut dan paha yang membantu untuk mencapai tubuh yang tinggi.

Bermain sepak bola juga membutuhkan banyak melompat saat menyundul bola dan gerakan ke samping untuk menggiring bola dan menghindari lawan.

Seluruh kegiatan itu membantu lempeng pertumbuhan menerima darah yang kaya akan oksigen dan hormon pertumbuhan.

3 dari 4 halaman

Macam Olahraga yang Bagus untuk Pertumbuhan Tinggi Badan

3. Berenang

Olahraga mempercepat tinggi badan selanjutnya adalah berenang. Sama dengan basket, hal ini mungkin sudah umum diketahui oleh masyarakat. Berenang dapat membantu untuk memperkuat tulang belakang tubuh dan membantu Anda untuk mencapai postur tubuh yang baik.

Ketika berenang, seluruh otot tubuh Anda akan bergerak. Selain itu, Anda akan mengambang secara horizontal di air. Bergerak di dalam air membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan bergerak di udara dan dengan bergerak secara horizontal, Anda telah melawan gravitasi.

Hal ini berarti dada dan tubuh bagian atas secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas. Oleh karena itulah kebanyakan perenang di seluruh dunia memiliki tubuh yang ramping dan tinggi.  

4. Bersepeda

Tidak hanya membantu meningkatkan stamina, bersepeda dapat membuat lebih tinggi. Ketika bersepeda, tubuh bagian bawah dikenakan tugas yang berat sehingga hal ini dapat meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan.

Selain itu, bersepeda akan membuat paru-paru Anda bekerja keras untuk memasok darah yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hal ini juga dapat membantu memperkuat tubuh bagian atas dan membantu dalam pertumbuhan.

4 dari 4 halaman

Macam Olahraga yang Bagus untuk Pertumbuhan Tinggi Badan

5. Yoga

Selain dengan berbagai olahraga dengan banyak gerakan, ada pula olahraga mempercepat tinggi badan dengan gerakan sederhana saja. Memanjangkan dan meregangkan tubuh ketika memutar otot dan tulang dalam berbagai gerakan yoga, dapat menjadi cara yang baik untuk menambah tinggi badan beberapa sentimeter.

Beberapa pose yoga, seperti mountain pose, triangle pose, tree pose, Surya Namaskar, Adho Mukha Syanasana, Chakrasana, dan pose lainnya dapat membantu membetulkan postur tubuh serta menambah tinggi badan.

6. Pull-Up (Bergelantungan)

Olahraga mempercepat tinggi badan selanjutnya adalah bergelantungan. Latihan menyenangkan ini dapat membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang. Bergelantung mendorong Anda untuk melakukan banyak pull-up.

Cara terbaik untuk bergelantung adalah dengan melakukannya setiap 10 menit per hari. Anda bisa melakukan pull-up atau chin-up selama 10 kali.

7. Skipping (Lompat Tali)

Lompat tali atau skipping olahraga mempercepat tinggi badan yang paling mudah. Pada olahraga lompat tali ini Anda diharuskan untuk melompat terus menerus dan menggunakan tubuh di udara.

Melompat memanjang dapat membantu tubuh untuk meregang dan berkontraksi sehingga membantu meninggikan badan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 31/12/2020), Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 11/11/2019)

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer