Sukses


37 Kata-Kata Motivasi Islami yang Penuh Makna dan Mencerahkan Harimu

Bola.com, Jakarta - Sebagai seorang Muslim kita harus hidup sesuai dengan cara Islami, yakni dengan berpedoman kepada Al-Qur'an dan Hadis.

Menjalani hidup sesuai dengan apa yang telah Allah perintahkan dan Nabi Muhammad ajarkan, akan membuat hidup yang kita jalani menjadi lebih mudah.

Dengan mengikuti perintah-Nya, kita juga akan dijauhkan dari godaan setan yang hanya akan menjerumuskan kita pada kehidupan tercela.

Kehidupan yang kita jalani ini dipenuhi dengan dinamika. Ada kalanya kita berada di atas dan terkadang di bawah. Ada saatnya merasa senang dan ada kalanya kita mendapatkan suatu cobaan.

Sebagai umat Muslim yang dirahmati Allah, kita harus mampu menghadapi segala permasalahan yang datang dengan penuh kebijaksanaan.

Islam mengajarkan bahwa hanya kepada Allah saja kita memohon pertolongan karena Dia adalah zat semesta alam yang mengerti segalanya.

Untuk memberimu inspirasi serta pandangan hidup Islami, kamu dapat membaca kata-kata motivasi Islami yang penuh makna dan kesan mendalam.

Berikut 37 kata-kata motivasi Islami, yang penuh makna dan bakal mencerahkan harimu, seperti dikutip dari Ultraupdates dan Mvslim, Rabu (24/2/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami

1. "Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka." - Abu Hamid Al Ghazali.

2. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (Al-Baqarah: 286)

3. "Ketika kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, tutup saja matamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan, "Ya Allah, aku tahu ini adalah rencana-Mu, bantu aku melewatinya."

4. "Halal adalah suatu keharusan. Tidak hanya tentang apa yang kita makan, tetapi juga apa yang kita kenakan dan apa yang kita sukai."

5. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - (QS Al Insyirah 5)

6. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

7. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi, kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

8. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik. Terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

9. "Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi." - Ali bin Abi Thalib.

10. "Allah SWT masih mencintai dan menunjukkan belas kasihan kepada mereka yang tidak menaati-Nya. Jadi, bayangkan betapa dia mencintai orang-orang yang mematuhi-Nya."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami Menuju Kebenaran

11. "Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." - HR. Tirmidzi

12. "Tetapi, orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura: 43)

13. "Sesungguhnya Allah SWT menyayangi umat-Nya yang selalu sabar dalam setiap kondisi yang Tuhan berikan."

14. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad: 11)

15. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

16. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

17. "Tak apa untuk berhenti sejenank dan istirahat, akan tetapi bangkitlah kembali karena sejatinya Allah tidak menyukai hamba yang mudah menyerah."

18. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

19. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

20. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami Menuju Kebenaran

21. "Rasa bersalah adalah hadiah dari Allah yang memperingatkan Anda bahwa apa yang Anda lakukan melanggar jiwa Anda." - Nauman Ali Khan

22. "Setiap ujian adalah berkat, setiap berkat adalah ujian."

23. "Daripada menekankan tentang hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, berdoalah kepada yang memegang kendali dan temukan kelegaan."

24. "Hal-hal buruk dalam hidup membuka mata Anda pada hal-hal yang sebelumnya tidak Anda perhatikan."

25. "Mempraktikkan Islam dapat memperindah karakter. Jika itu membuat Anda tidak dapat ditoleransi, tidak sabar, dan pemarah maka Anda melakukannya dengan salah."

26. "Allah menjadikanmu Muslim karena dia ingin melihatmu di Jannah. Yang harus kamu lakukan adalah membuktikan bahwa kamu layak untuk itu."

27. "Dzikir itu mudah 'LA ILAHA ILALLAH' tidak membutuhkan gerakan bibir sehingga dapat diulang seharian tanpa ada yang menyadarinya."

28. "Tawakkul adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjaga Anda bahkan ketika segala sesuatunya tampak mustahil."

29. "Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan yang terbaik bagimu untuk memilikinya."

30. "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayainya."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami Menuju Kebenaran

31. "Maka jangan berkecil hati, jangan putus asa karena kamu akan lebih unggul jika beriman." (QS Al-Imran 3: 139)

32. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

33. "Takut pada Allah karena hukumannya. Cintai Allah karena dia penuh belas kasihan."

34. "Sungguh, Allah sama sekali tidak salah orang. Tetapi, orang-oranglah yang salah pada diri mereka sendiri."

35. "Iman adalah memercayai Tuhan bahkan ketika Anda tidak memahami rencana-Nya."

36. "Malu untuk berbuat dosa di depan umum. Jangan malu untuk menunjukkan imanmu."

37. "Dan jika datang kepadamu dari setan jahat, maka berlindung kepada Allah. Sungguh, Dialah yang mendengar, yang mengetahui." (Qur'an 41: 36)

 

Sumber: Ultraupdates, Mvslim

Yuk, baca artikel kata-kata motivasi Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer