Sukses


Macam-Macam Cerita Rakyat Beserta Penjelasan dan Contohnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari masyarakat lampau, yang kerap diperkenalkan kepada generasi berikutnya. Hal tersebut merupakan ciri khas khusus untuk negara yang memiliki beraneka ragam budaya dan sejarah, seperti yang dimiliki Indonesia.

Dalam cerita rakyat biasanya menceritakan suatu tempat dan asal muasal tokoh-tokoh yang dimunculkan pada cerita rakyat tersebut. Tokoh cerita rakyat yang disampaikan tersebut bisa dalam bentuk manusia, binatang, dan sesuatu yang gaib lainnya.

Isi dari cerita rakyat yang ada itu sudah berkembang di tengah masyarakat. Cerita ini juga sudah ada semenjak zaman dahulu. Jadi, cerita rakyat ini sudah diwariskan atau disebarluaskan secara lisan, dari mulut ke mulut dan secara turun menurun.

Bahkan, setiap daerah di Indonesia mempunyai cerita rakyat yang berbeda dan menarik. Kondisi tersebut yang mendasari mengapa cerita rakyat selalu dikenalkan sejak dini pada anak-anak.

Itulah mengapa, penting sebagai generasi berikutnya untuk terus melestarikan budaya yang ada di Indonesia melalui cerita rakyat ini.

Di sisi lain, ada berbagai macam cerita rakyat yang perlu diketahui. Apa saja macam-macam cerita rakyat yang ada?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam cerita rakyat beserta penjelasannya, seperti dilansir dari laman Insanpelajar, Rabu (17/3/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Cerita Rakyat

  • Fabel

Fabel merupakan cerita rakyat yang tokoh pelakunya berupa binatang, yang dalam cerita berperilaku seperti manusia.

Jadi, dalam cerita fabel tokoh-tokoh binatang tersebut bisa melakukan aktivitas layaknya manusia, seperti bekerja, berbicara, dan berpikir layaknya manusia

Dalam cerita fabel ada juga terdapat masalah, konflik sampai dengan penyelesaian antara tokoh satu dengan lainnya. Adapun contoh fabel adalah 'Kancil yang Cerdik dan cerita Serigala yang Licik'.

  • Legenda

Legenda merupakan sebuah cerita mengenai asal-usul terjadinya suatu tempat, seperti sebuah cerita Asal Usul Banyuwangi, Asal Usul Danau Toba, dan Terbentuknya Tangkuban Perahu.

Selain itu, ada juga legenda yang terdiri atas cerita-cerita tentang tokoh-tokoh agama.

  • Mite

Mite merupakan cerita yang menceritakan dewa-dewi atau cerita yang sifatnya sakral dan penuh mistis. Tokoh mite adalah dewa atau manusia setengah dewa dan menyangkut peristiwa yang terjadi di dunia lain pada masa lalu

Contoh cerita rakyat ini seperti kisah Nyai Roro Kidul, Dewi Sri, dan Hikayat Sang Boma.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Cerita Rakyat

  • Sage

Sage merupakan sebuah cerita yang isinya mempunyai kandungan unsur sebuah sejarah dan dicampur dengan unsur imajinasi, misalnya Damarwulan, Ciung Wanara, dan Rara Jonggrang.

Lantaran didasari cerita sejarah asli, banyak fenomena yang diceritakan di sage yang dapat kita pelajari juga pada pelajaran sejarah.

  • Epos

Epos merupakan cerita rakyat yang bertemakan kepahlawanan dan keberanian dari tokoh-tokoh utamanya.

Umumnya, cerita rakyat jenis ini bertujuan untuk mengajarkan keberanian, kepahlawanan, serta nilai-nilai luhur lainnya kepada generasi muda dan menginspirasi mereka.

Contoh dari epos yang cukup terkenal adalah Mahabaratha, Ramayana, Jason and the Argonauts, serta kisah pasukan Sparta di Thermopylae.

  • Cerita Jenaka

Cerita jenaka adalah cerita yang memiliki elemen-elemen komedi dan berfungsi untuk menghibur para pembacanya. Cerita jenaka umumnya mengandung banyak lelucon dan hal-hal lain yang dianggap lucu.

Ceritanya sangat ringan dan bersifat menghibur. Cerita jenaka merupakan satu di antara cerita rakyat yang sangat populer dan disukai masyarakat.

Contoh dari cerita rakyat ini adalah cerita Pak Pandir, Pak Belalang, dan Cerita Si Kabayan.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Cerita Rakyat

  • Paralel

Paralel adalah cerita rakyat yang tokohnya manusia dan hewan. Sesuai dengan namanya, cerita pararel ini umumnya memiliki kemiripan atau paralel terhadap hal-hal yang ada dan terjadi pada kehidupan sehari hari manusia.

Contoh dari cerita paralel ialah Anjing yang Loba, Semut dan Belalang, Hikayah Mahabarata.

  • Parabel

Parabel merupakan cerita rakyat yang menggambarkan cerita moral tertentu dengan menggunakan perbandingan dan pengumpamaan.

Senada dengan pararel, parabel juga mencoba untuk menunjukkan pelajaran yang ada pada ceritanya dapat diterapkan pada dunia nyata.

Umumnya, cerita parabel ini digunakan dalam rangka menyampaikan nilai atau pelajaran tertentu kepada orang-orang.

Contohnya ialah Kisah Sepasang Slop.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Cerita Rakyat

  • Hikayat

Hikayat merupakan cerita rakyat yang menjelaskan mengenai kehidupan bangsawan, keluarga istana, tokoh hebat, atau orang terkenal pada zaman dahulu kala.

Umumnya, cerita-cerita ini mengandung unsur fantasi dan mitos tertentu, seperti sihir, mukjizat, jin, atau hal-hal lainnya yang tidak masuk akal.

Contoh cerita hikayat yang terkenal antara lain adalah Hikayat Abu Nawas, dan Hikayat Panji Semirang.

  • Cerita Terbingkai

Cerita terbingkai adalah cerita yang di dalamnya terdapat lagi cerita-cerita yang lain. Dalam cerita tersebut bisa berhubungan atau tidak secara langsung dengan cerita utamanya.

Namun, semua cerita tersebut harus mendukung dan ada hubungannya dengan cerita utamanya.

Contoh paling terkenal dari cerita terbingkai ini adalah cerita 1001 malam dari Timur Tengah.

 

 

Sumber: Insanpelajar

Video Populer

Foto Populer