Sukses


40 Kata-Kata Indah Islami Seputar Puasa dan Ramadhan, Bulan Suci yang Penuh Berkah

Bola.com, Jakarta - Bulan Suci Ramadhan merupakan momen yang ditunggu oleh umat Muslim di penjuru dunia karena di bulan itu Allah SWT membuka pintu maaf-Nya lebar-lebar.

Selain itu, bulan Ramadhan selalu disambut gembira oleh umat Muslim karena di saat bulan inilah Allah akan memberikan pahala yang lebih banyak dari bulan-bulan biasanya.

Ramadhan identik dengan berpuasa, yang merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam selama bulan Ramadhan.

Banyak keutamaan yang dapat dilakukan oleh umat Islam selama bulan Ramadhan, mulai melakukan zakat hingga salat tarawih.

Bagi mereka yang dapat menghindarkan diri dari berbagai hal negatif selama bulan Ramadhan, mereka akan mendapatkan ganjaran yang setimpal di hari raya. Bahkan jika mereka dapat meneruskannya setelah bulan Ramadahan usai, Allah akan menjanjikan surga baginya.

Kamu dapat membaca kata-kata indah Islami seputar puasa dan Ramadhan, yang dapat memberimu dorongan untuk selalu berbuat baik di Bulan Suci yang penuh berkah tersebut.

Berikut 40 kata-kata indah Islami seputar puasa dan Ramadhan, yang dapat kamu renungkan, seperti dikutip dari Ultraupdates dan Mutiaraislam, Selasa (30/3/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Indah Islami Seputar Puasa dan Ramadhan

1. "Tak seorangpun bisa pergi ke manapun yang ia mau tanpa persiapan, dan tak seorangpun yang mengundang tamu tanpa mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Maka sama halnya dalam menyambut Ramadhan, bulan puasa, seseorang harus mempersiapkan diri."

2. "Sambutlah bulan Ramadhan dengan hati yang dipenuhi kedamaian, harmoni, dan sukacita. Semoga berkah ilahi dari Allah melindungi dan membimbing kalian."

3. "Ramadhan... segera tiba. Mari siapkan pikiran, tubuh serta hati untuk menyambut Bulan Suci ini dan raihlah manfaatnya semaksimal mungkin.

4. "Semoga Ramadhan kali ini memberi pencerahan dan meningkatkan pemahaman serta penilaianmu untuk bisa membedakan antara yang benar dan yang salah, antara yang hak dan yang batil. Semoga engkau menjalani Ramadhan yang penuh berkah."

5. "Ramadhan segera datang. Setan segera pergi. Kaum Muslimin sedang bersiap. Pintu neraka ditutup. Pintu surga dibuka."

6. "Rahmat bulan Ramadhan terbuka untuk kita semua, untuk meminta, memohon, memohon kesehatan dan kesejahteraan dari-Nya dan juga memohon rahmat dan petunjuk bagi semua orang yang kita sayangi."

7. "Ramadhan itu ibarat hujan… ia memelihara dan menyuburkan benih-benih perbuatan baik."

8. "Seluruh amal perbuatan anak Adam adalah untuknya sendiri kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku dan Aku-lah yang akan memberikan balasannya." - Hadis

9. "Ramadhan tidak datang untuk mengubah jadwal kita. Itu datang untuk mengubah hati kita."

10. "Bagi seorang Muslim sejati, akhir Ramadhan bukanlah 'akhir' melainkan awal dari sebuah perjalanan baru menuju Jannah.

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Indah Islami Seputar Puasa dan Ramadhan

11. "Dia yang memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa lainnya akan mendapatkan pahala yang setara dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala yang terakhir."

12. "Ketika datang bulan Ramadhan, maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu." - Hadis

13. "Sebelum Ramadhan berusahalah untuk memaafkan setiap orang yang telah berbuat salah kepada Anda agar Anda bisa fokus memasuki Bulan Ramadhan dengan hati yang murni."

14. "Sungguh menakjubkan betapa Allah ingin mencelupkan kita ke dalam berkah dan rahmat-Nya di bulan Ramadhan."

15. "Allah tidak pernah mengharapkan kita menjadi sempurna selama Ramadhan, tetapi Dia mengharapkan kita untuk terus berusaha."

16. "Ramadhan adalah waktu terbaik untuk membuat kebiasaan baik atau menghentikan kebiasaan buruk."

17. "Puasa adalah tameng, itu akan melindungi Anda dari api neraka dan mencegah Anda dari dosa." - Nabi Muhammad

18. "Ramadhan adalah waktu untuk mengosongkan perut untuk memberi makan jiwa Anda."

19. "Semoga Ramadhan ini sukses untuk kita semua dan memberi kita kesehatan dan kekayaan yang baik."

20. "Apa pun yang didoakan pada saat berbuka puasa dikabulkan dan tidak pernah ditolak."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Indah Islami Seputar Puasa dan Ramadhan

21. "Jika setelah Bulan Ramadhan kamu kembali menjalani kehidupan yang penuh dosa, maka sesungguhnya kamu tidak mendapatkan apa pun dari puasamu kecuali hanya rasa lapar."

22. "Ramadhan bukanlah tentang berhenti dari kebiasaan buruk untuk sementara waktu. Ramadhan adalah titik awal untuk menjadi seorang Muslim yang lebih baik dan berusaha untuk terus selamanya menjadi baik."

23. "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan semata-mata mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." - HR. Bukhari

24. "Ramadhan itu seperti teman. Kamu mungkin berjumpa dengannya hari ini, tapi belum tentu kamu bisa berjumpa lagi dengannya di lain waktu."

25. "Puasa itu hanya satu persen untuk menahan diri dari makan dan minum, 99 persen sisanya untuk membawa hati dan jiwamu makin dekat kepada Allah."

26. "Empat Kesalahan yang harus dihindari di bulan Ramadhan: marah, tidur sepanjang hari, berpuasa, tapi tidak salat, tutur kata yang buruk."

27. "Jadikan Ramadhan kali ini sebagai titik balik dalam kehidupanmu. Bebaskan diri dari tipu daya dunia ini dan nikmati manisnya iman."

28. "Jangan menjadi hamba Ramadhan, jadilah hamba Allah, dan beristiqamahlah."

29. "Apabila salah seorang di antara kamu berpuasa, janganlah ia berkata kotor/keji dan berteriak-teriak. Apabila ada orang yang menghinanya atau mengajaknya bertengkar, maka katakanlah, 'Sesungguhnya aku sedang berpuasa'." - Hadis

30. "Ramadhan itu waktunya untuk membersihkan diri dari dosa, bukan untuk menurunkan berat badan."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Indah Islami Seputar Puasa dan Ramadhan

31. "Ya Allah, izinkan kami untuk menjumpai Bulan Ramadhan, memanfaatkannya, menggunakannya untuk mendapatkan rida dan rahmat-Mu, dan mendapatkan pembebasan dari siksa api neraka." - dr. Bilal Philips

32. "Tiga doa yang tidak tertolak; doa orang tua terhadap anaknya, doa orang yang sedang berpuasa, dan doa seorang musafir." - Hadis

33. "Ramadhan bagaikan bunga yang sangat langka, yang mekar hanya setahun sekali, dan saat kamu mulai mencium harumnya, ia menghilang selama satu tahun lagi."

34. "Tuhan yang engkau sembah di Bulan Ramadhan adalah Tuhan yang sama yang engkau berpaling di bulan-bulan selainnya." - Sheikh Abu Abdisalam

35. "Orang miskin adalah dia yang meninggalkan Ramadhan masih sama seperti sebelumnya."

36. "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." - (QS. Al-Baqarah: 183)

37. "Jalani hidupmu seperti seolah-olah setiap harinya adalah Ramadhan, maka Akhirat akan menjadi hari rayamu."

38. "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian diikuti berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh."- (HR. Muslim)

39. "Ramadhan dihadiahkan kepada kalian supaya dimanfaatkan untuk melakukan ketaatan, pemurnian, dan meraih pahala berlipat ganda."

40. "Puasa adalah, pertama dan terpenting, suatu bentuk latihan untuk mengidentifikasi dan mengelola kesulitan dalam berbagai bentuknya. Dengan iman, dalam hati nurani penuh, puasa mengajak wanita dan pria ke tingkatan kesadaran diri yang sangat tinggi." - Tariq Ramadan

 

Sumber: Ultraupdates, Mutiaraislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer