Sukses


Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sumber daya alam adalah sesuatu yang ditemukan di alam, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dan kepentingan hidup manusia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup.

Adanya sumber daya alam memiliki peran yang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Sumber daya alam, seperti hewan, tumbuh–tumbuhan, dan SDA non-hayati, seperti minyak, logam, dan gas alam perlu benar-benar diperhatikan pemanfaatannya.

Sebagai negara yang luas, Indonesia memiliki banyak kekayaan alam dan sumber daya alam yang sangat besar. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia terkenal dengan hasil sumber daya alamnya, baik itu berasal dari pertanian, perkebunan, dan pertambangan.

Meski jumlahnya sangat melimpah, penggunaan sumber daya alam harus tetap dibatasi dan dipelihara untuk proses yang berkelanjutan dan secara berkesinambungan.

Ada beberapa jenis sumber daya alam dan manfaatnya yang perlu dipahami agar bisa dimanfaatkan dengan efektif. Apa saja jenis-jenis sumber daya alam yang ada?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis sumber daya alam dan manfaatnya, seperti dilansir dari laman Rimbakita.com, Kamis (1/4/2021).

2 dari 8 halaman

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam (SDA) dibagi menjadi dua jenis, yakni SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis, seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sedangkan jenis sumber daya alam satu ini mempunyai jumlah yang terbatas. Hal ini dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga apabila digunakan terus menerus akan habis.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah bahan-bahan galian atau barang tambang.

3 dari 8 halaman

Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu:

Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam hayati ini dibedakan menjadi dua, yaitu:

- Sumber daya alam hayati yang berasal dari hewan atau binatang, seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya.

- Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan produsen atau penyusun utama dari rantai makanan.

Sumber Daya Alam Non-Hayati (Abiotik)

Sumber daya alam non-hayati ini berasal dari benda-benda mati, seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil tambang.

4 dari 8 halaman

Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Berdasarkan lokasinya, sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu:

Sumber Daya Alam Akuatik

Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang dijumpai di daerah perairan, seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

Sumber Daya Alam Terrestrial

Sedangkan sumber daya alam terrestrial adalah sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah atau wilayah di daratan, seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang, dan lain sebagainya.

5 dari 8 halaman

Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya

Sumber Daya Alam Materi

Sumber daya alam yang berupa benda mati dan bisa didapatkan secara langsung dari alam, bisa melalui beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya alam ini bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Contohnya minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara, dan sinar matahari.

Sumber Daya Alam Ruang

Sumber daya alam ruang adalah yang berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidup. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya seperti gunung dan lembah.

Sumber Daya Waktu

Sumber daya alam ini keberadaannya tergantung oleh waktu atau musim. Misalnya air ketika musim kemarau, keberadaannya sangat sulit ditemukan, tetapi ketika musim hujan sangat berlimpah.

6 dari 8 halaman

Sumber Daya Alam Berdasarkan Kegunaannya

Berdasarkan fungsi kegunaannya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua jenis, yaitu SDA yang menghasilkan energi dan SDA sebagai bahan baku.

Sumber Daya Alam Penghasil Energi

SDA penghasil energi adalah seluruh keakayaan alam yang dapat menghasilkan energi untuk kebutuhan manusia. Contoh SDA yang memproduksi energi:

  • Air (sungai, bendungan, waduk, dan lain-lainl)
  • Sinar matahari
  • Angin atau udara
  • Gas bumi
  • Ombak atau gelombang laut

Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku

SDA penghasil bahan baku adalah seluruh kekayaan alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan produk atau barang yang mempunyai nilai jual atau nilai guna. Contoh SDA yang memproduksi bahan baku, antara lain:

  • Hasil pertanian (padi, jagung, kedelai, sorgum, dan lain-lain)
  • Hasil perkebunan (buah-buahan, kopi, dan lain-lain)
  • Hasil hutan (kayu dan non-kayu)
  • Hasil pertambangan (logam, batuan, dan sebagainya)
7 dari 8 halaman

Sumber Daya Alam Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomis

Sumber daya alam berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Sumber Daya Alam Ekonomis

Sumber daya alam ekonomis adalah SDA yang memiliki nilai ekonomi atau nilau jual, seperti logam mulia (emas, perak), minyak bumi, batu bara, dan sebagainya.

Sumber Daya Alam Non-Ekonomis

Sumber daya alam non-ekonomis adalah SDA yang tidak memiliki nilai ekonomi karena dapat diperoleh secara langung dari alam tanpa melalui proses apa pun, contohnya udara dan sinar matahari.

8 dari 8 halaman

Manfaat Sumber Daya Alam

Alam menyajikan berbagai sumber daya yang bermanfaat bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia. Berikut ini manfaat sumber daya alam, antara lain:

Sumber Bahan Makanan

Air, tumbuhan, dan hewan merupakan bahan makanan dan minuman yang dibutukan oleh manusia dan makhluk lainnya untuk bertahan hidup. 

Sumber Bahan Bakar dan Energi

Perut bumi menyediakan sumber energi fosil bagi kehidupan manusia. Selain itu, terdapat pula sumber energi alternatif, seperti sinar matahari, angin, gelombang laut yang juga dapat dimanfaat untuk keperluan energi.

Pengembangan Ilmu dan Teknologi

Hadirnya sumber daya alam akan memberikan manfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Manusia akan terus berusaha dan berinovasi untuk mencapai kehidupan yang lebih sejahtera.

Menjaga Keseimbangan Alam

Eksploitasi sumber daya alam secara bijak akan menjaga keseimbangan alam. Akan tetapi, bila eksploitasi dilakukan secara berlebihan, justru akan merusak alam dan lingkungan.

 

 

Sumber: Rimbakita

Highlights | Angkat Besi 61kg Putra | Olimpiade Tokyo 2020

Video Populer

Foto Populer