Sukses


40 Kata-Kata Bijak Islami Indah, Penuh Makna, dan Menginspirasi Melewati Masa Sulit

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak Islami indah di bawah ini dapat kamu jadikan sebagai satu di antara arahan untuk melewati masa sulit kehidupan dengan arif dan sesuai ajaran agama.

Kata-kata bijak Islami indah tersebut dapat membuka pemikiranmu bahwa hidup di dunia ini tidak ada yang abadi, termasuk masalah yang sedang dihadapi.

Seperti diketahui, kita tak hanya merasakan kesenangan dan kebahagiaan dalam hidup ini. Adakalanya hidup memberimu permasalahan.

Namun, apa pun yang terjadi, sebagai seorang Muslim yang beriman, kamu harus percaya bahwa Allah tidak akan memberikan masalah bagi hamba-Nya, melainkan cobaan yang dapat mereka selesaikan.

Kita harus selalu siap dan mencari solusi untuk setiap masalah yang kita hadapi. Untuk mendorong semangatmu terus berada di jalan-Nya, setiap asaat kamu dapat membaca kata-kata bijak Islami indah.

Membaca kata-kata bijak Islami indah bisa membimbingmu menghadapi masa sulit dengan arif dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa tercela.

Berikut kata-kata bijak Islami indah, penuh makna, dan menginspirasimu untuk melewati masa sulit dengan arif dan sesuai ajaran agama, seperti dikutip dari Theislamicquotes dan Medium, Selasa (6/4/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Indah

1. "Allah SWT ingin kita mensyukuri segala nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita, sebagai orang yang selalu bersyukur menerima pahala yang lebih banyak daripada orang yang tidak bersyukur. Namun, jika seseorang terus mengeluh padahal memiliki segalanya, pasti Allah SWT akan menghukumnya."

2. "Terkadang kamu mungkin berpikir bahwa segala sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. Tapi, kamu lupa bahwa Allah telah mengatur segalanya dengan benar."

3. "Allah tidak akan pernah membiarkanmu kosong. Dia akan mengganti semua yang telah hilang. Jika Dia memintamu untuk meletakkan sesuatu, itu karena Dia ingin supaya kamu meraih sesuatu yang lebih besar."

4. "Ketika hal-hal baik terjadi, ucapkan Alhamdulillah. Ketika hal-hal buruk terjadi, ucapkan Alhamdulillah, karena sesungguhnya Allah selalu mengujimu."

5. "Kita tidak boleh mengeluh atas tragedi yang terjadi di masa lalu karena kehidupan dunia ini hanya sementara."

6. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan."

7. "Bagimu agamamu, bagiku agamaku karena sesungguhnya tidak ada paksaan dalam beragama."

8. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan 'bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba'."

9. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu."

10. "Janji Allah tak pernah mengecewakan dan bila kamu masih merasa kecewa, mungkin ada yang salah dengan imanmu."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Indah

11. "Jika kita adalah mukmin sejati, masa-masa sulit hanya membawa kita lebih dekat kepada Allah SWT karena kita akan memercayai rencana-Nya untuk kita. Namun, jika kita tidak tenang dan mulai mengeluh tentang segala hal, hal itu mungkin menjauhkan kita dari Allah SWT."

12. "Memiliki keyakinan yang kuat bahwa Allah SWT ada di sisi kita, itulah yang menjadikan kita Muslim sejati. Kita harus belajar memiliki tawakul dalam hidup untuk mempermudah segalanya."

13. "Jangan biarkan kesulitanmu menguasaimu, percayalah bahwa ini hanyalah malam yang gelap dan hari yang cerah akan datang."

14. "Allah SWT hanya ingin meringankan beban umat manusia. Dia tahu semua yang terjadi di dunia ini dan segala sesuatu yang masuk ke dalam diri manusia."

15. "Al-Qur'an mengajarkan kita bahwa setelah setiap kesulitan ada kemudahan, seperti setelah setiap malam yang gelap, ada pagi yang indah."

16. "Masa-masa sulit sering kali mengungkapkan warna asli orang yang kita percayai sepenuh hati. Kita disakiti orang yang kita cintai, tapi kita tidak boleh membenci orang yang menyakiti kita. Sebaliknya, kita harus berjanji kepada diri sendiri kita tidak akan pernah menyakiti orang seperti ini selamanya."

17. "Betapapun gentingnya keadaan itu, kita harus selalu percaya kepada kekuatan Allah SWT bahwa Dia telah menulis yang terbaik untuk kita dan kapan yang terbaik untuk kita."

18. "Setelah engkau memohon kepada Allah untuk membimbingmu ke jalan yang lurus, jangan hanya berdiri di sana. Mulailah melangkah."

19. "Daripada merasa tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoa saja kepada Allah yang Maha Mengendalikan dan temukanlah kedamaian."

20. "Allah Maha Tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan saat yang tepat bagimu untuk memilikinya."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Indah

21. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

22. "Musibah bagaikan air keruh, makin kau aduk makin keruh. Maka bersabar dan tenanglah dalam menghadapi masalah karena sebentar lagi dia akan jernih."

23. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

24. "Sabar terhadap orang lain adalah cinta, sabar terhadap diri sendiri adalah harapan, dan sabar terhadap Allah SWT adalah keyakinan."

25. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran."

26. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untuk kamu."

27. "Ketika Allah mendorongmu ke tepi. Percayalah sepenuhnya karena hanya dua hal yang bisa terjadi. Entah dia akan menangkapmu atau dia akan membuatmu belajar terbang."

28. "Hidup ini adalah sebuah perjalanan untuk mengenal Allah."

29. "Bersabarlah karena apa yang ditulis untukmu ditulis oleh penulis terbesar, yaitu Allah SWT."

30. "Aku berkata kepada Allah, 'Aku benci hidup'. Dia menjawab, 'Siapa yang memintamu untuk mencintai hidup? Cintai Aku dan hidup akan indah'."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Indah

31. "Mungkin hidupku tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah aku rencanakan, tapi aku yakin pasti berjalan seperti yang Allah rencanakan."

32. "Jika Anda ragu-ragu bertanyalah kepada Allah SWT, lakukan Salatul Istikhara."

33. "Ketika kita memperbaiki hubungan kita dengan Allah, Dia memperbaiki segala sesuatu untuk kita."

34. "Ya Allah, beri aku kekuatan untuk menjauhkan diri dari apa yang menjauhkanku dari-Mu."

35. "Tidak ada hubungan antara Allah dan siapa pun kecuali melalui ketaatan kepada-Nya."

36. "Janganlah patah hati jika doa engkau tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tahu apa yang akan Dia perbuat."

37. "Allah tidak membebani jiwa lebih dari yang dapat ditanggungnya."

38. "Ilmu tanpa adanya agama adalah sesuatu kecacatan dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."

39. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya Dia sedang memberimu pahala."

40. "Dokter bisa merawatmu, tapi hanya Allah yang bisa menyembuhkan dirimu."

 

Sumber: Theislamicquotes, Medium

Dapatkan kumpulan artikel kata-kata bijak Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer