Sukses


40 Kata-Kata Nasihat Bijak Menjaga Lisan, Hati-Hati saat Berbicara

Bola.com, Jakarta - Kata-kata nasihat bijak menjaga lisan patut menjadi renungan agar berhati-hati dalam berbicara. Menjaga lidah bukan sebuah perkara mudah, apalagi saat dikuasai emosi dan amarah.

Jika tak bisa mengusai amarah, lidah yang yak bertulang bisa mengeluarkan ucapan berupa sumpah serapah. Ucapan tersebut bisa menyakiti hati orang lain dan menjadi bumerang untuk diri sendiri.

Ada istilah menyebutkan 'mulutmu, harimaumu'. Itu menjadi pesan agar kamu lebih menjaga ucapanmu.

Satu di antara cara menjaga ucapan bisa dengan membaca dan memaknai kata-kata nasihat bijak menjaga lisan.

Selain untuk diri sendiri, kamu juga membagikan kepada orang terdekat sebagai pengingat dan nasihat.

Berikut kumpulan kata-kata nasihat bijak menjaga lisan, dinukil dari lamanĀ Juproni, Selasa (20/4/2021)

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak Menjaga Lisan

1. "Menjaga hati sama pentingnya dengan menjaga lisan. Sebab, jika seseorang hatinya baik, maka akan keluar dari lisannya perkataan yang baik. Lisan mencerminkan kebersihan hati seseorang." - Habib Ali Zaenal Abidin Bin Abdurrahman Al-Jufri

2. "Belajarlah membahagiakan orang lain selain dirimu. Belajarlah, walau hanya dengan menjaga mulut untuk tak menyakiti orang-orang di sekitarmu." - Opick

3. "Berusaha menjaga mulut ini agar tidak sampai menyakiti hati orang lain karena rasa sakit yang berasal dari mulut belum tentu bisa sembuh, meski dengan kata maaf." - Febbyansa

4. "Karena mulut, badan binasa. Karena lidah, tanpa kita sadar boleh menyakiti hati seseorang dalam diam."

5. "Hati-hati pejabat pemerintah negara bermulut yang sering menyakiti hati rakyat. Suatu saat kalian akan berhadapan dengan rakyat. Hati-hati."

6. "Aku memang nggak tahu apa yang kamu hadapi, begitu juga sebaliknya. Jadi, tetaplah menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain."

7. "Keselamatan manusia ada pada menjaga lisan."

8. "Tidak pandai menjaga lisan adalah bukti tidak pandai menjaga hati. Jaga hatimu, maka lisan juga ragamu akan terjaga."

9. "Sebaik-baik manusianya adalah mereka yang menjaga lisannya karena lisan dapat membuat orang bisa tersinggung."

10. "Jagalah lisanmu dari ucapan-ucapan kotor karena Allah Ta'ala tidak menyukai perkataan yang kotor dan buruk."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak Menjaga Lisan

11. "Hanya kemarahan yang bisa membuat mulut seseorang bertindak lebih cepat dari pikirannya."

12. "Jika kamu salah bicara, akui kesalahan dan ucapkan kata maaf. Jika kamu benar dengarkan, tutup mulut rapat-rapat dan maafkan."

13. "Hati-hatilah, mulut adalah harta karun yang luar biasa, namun juga penyakit menular yang sulit disembuhkan bila tak dijaga."

14. "Jaga mulut itu bagaikan menjaga mutiara."

15. "Susah menjaga lisan agar tak menyinggung orang! Sulit menjaga ucapan, walau maksud bukan sindiran. Pelesetan tak semua diterima orang, candaan kadang jadi colekan yang menyakitkan bagi sebagian hati yang sedang tak beraturan." - Rida Ghulwani

16. "Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan." - (HR.Bukhori)

17. "Yang perlu kita jaga saat ini hanya lisan, jangan sampai menyakiti perasaan orang lain. Kita boleh saja berkomentar tentang orang lain, tapi kita juga harus menjaga lisan kita jangan sampai komentar yang tadinya ingin kita jadikan motivasi untuknya, malah menyakiti perasaannya."

18. "Saat sedang kalut, jangan buka mulut agar tidak menambah kemelut." - PonijanLiaw

19. "Pikiran yang terbuka dan mulut yang tertutup, merupakan suatu kombinasi kebahagiaan."

20. "Menjadi orang dewasa itu lebih sulit daripada menjaga mulut."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak Menjaga Lisan

21. "Makin bijaksana seseorang, makin bijak orang itu menjaga mulutnya."

22. Tidak bisa menguasai emosi dan tidak bisa menjaga mulut adalah hal yang biasa, namun orang bijak mampu melakukannya."

23. "Orang memerlukan dua tahun untuk berbicara, tetapiĀ 50 tahun untuk belajar tutup mulut." - Ernest Hemingway

24. "Ketika seseorang bicara kurang sopan, minimal kita dapat belajar bahwa kehati-hatian pun sangat diperlukan. termasuk dalam hal menjaga lisan."

25. "Masalah terbesar orang dengan pikiran sempit adalah mulut mereka selalu terbuka lebar."

26. "Setiap kata dan kalimat yang keluar dari mulut kita itu adalah doa, meski itu bercanda sekalipun. Jadi, usahakan untuk berkata-kata yang positif dan optimistis. Siapa tahu salah satu ucapan kita akan jadi kenyataan. Tuhan itu Maha Mendengarkan dan Maha Mengabulkan." - Deanno

27. "Terkadang dengan mulut, kita dapat taklukkan orang. Namun, karena mulut pula kita bisa gagal menjaga orang."

28. "Dear perempuan, kalaulah kamu tahu dari mana lelaki menilai wanita, pastinya kamu akan menjaga salat, menjaga pakaian. Dan terutamanya menjaga mulutmu." - Ustazah Fatimah Syarha

29. "Kata yang diucapkan dari hati akan masuk ke hati, kata yang hanya di mulut saja akan berhenti di telinga."

30. "Tuhan memberikan satu mulut dan dia telinga agar manusia bisa lebih mendengarkan nasihat dibandingkan berbicara tanpa guna."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak Menjaga Lisan

31. "Sumbat telingamu bila tak tahan dikritik. Bukan membekap mulut orang." - Rocky Gerung

32. "Seburuk-buruknya manusia adalah mereka yang tidak tahu kesalahannya. Sejelek-jeleknya manusia adalah mereka yang tidak bisa berkaca tentang dirinya dan asalnya. Sebodoh-bodohnya manusia adalah yang tidak bisa menjaga mulutnya."

33. "Apa yang keluar dari mulut kalian itu sudah bukan milik kalian lagi, jadi bicaralah seperlunya. Menjaga itu jauh lebih baik daripada harus merusak dan memperbaikinya kembali."

34. "Kita dinilai dari yang kita ucapkan karena apa yang keluar dari mulut kita, mencerminkan apa yang ada didalam isi hati kita."

35. "Tuhan meletakkan mulut di antara mata dan telinga agar kita dapat melihat dan mendengar dari dua pihak, berbicara tanpa memihak." - Amanda Adriani

36. "Kejujuran sesungguhnya bukan terletak di mulut tetapi di hatimu. Cukup rasakan dan ikuti, maka kebahagiaan di sana akan menanti."

37. "Lebih baik menjaga mulut untuk beberapa menit daripada menyakiti hati orang lain."

38. "Bijak dalam berkata, santun dalam bertindak, hati-hati menjaga mulut."

39. "Kebijaksana adalah keutamaan hidup yang dijalankan demi kebaikan bersama. Setiap orang bijak menjaga mulut berkata benar, bukan menebarkan bencana." - Bennysusetyo

40. "Orang bijak pernah berkata, mulut itu alat pembunuh manusia secara perlahan, jika kita tak menjaga mulut kita."

Ā 

Sumber: Juproni

Yuk, baca artikel kata-kata nasihat bijak lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer