Sukses


Jenis-Jenis Cermin Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Cermin adalah benda yang bisa memantulkan cahaya sebuah benda yang ada di depannya. Suatu benda dapat memantulkan cahaya jika kita dapat melihat bayangan kita atau benda lain pada permukaan benda tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cermin ialah kaca bening yang satu di antara mukanya dicat dengan air raksa dan sebagainya sehingga dapat memperlihatkan bayangan benda yang ditaruh di depannya, biasanya untuk melihat wajah ketika bersolek dan sebagainya.

Cermin sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Cermin dapat digunakan dalam banyak hal, seperti sebagai alat bantu dalam berdandan, alat bantu melihat persimpangan di gang sempit, alat bantu melihat belakang pada kendaraan bermotor atau sering disebut spion, dan masih banyak lainnya.

Cermin yang ada dibuat dari berbagai bahan termasuk batu, tembaga, dan perunggu. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai berbagai macam cermin.

Ada tiga macam jenis cermin, yaitu ada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Penting mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis cermin tersebut.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis cermin beserta penjelasannya, seperti dilansir dari laman Fisikanyaman2.wordpress, Jumat (23/4/2021). 

2 dari 4 halaman

Cermin Datar

Cermin datar adalah cermin yang biasa kita gunakan ketika bercermin. Sesuai namanya, cermin tersebut bentuk permukaannya datar. Bayangan hasil pemantulan pada cermin datar adalah maya, sama tegak dengan benda aslinya dan sama besar dengan benda aslinya.

Cermin datar memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

– Jarak bayangan ke cermin = jarak benda ke cermin.

– Tinggi bayangan yang berbentuk sama dengan tinggi bendanya.

– Bayangan bersifat maya.

Di dalam cermin datar terdapat empat sifat bayangan, yaitu :

– Maya.

– Sama besar dengan bidangnya.

– Sama tegak dan menghadap berlawanan arah terhadap bendanya.

– Jarak benda terhadap cermin sama dengan jarak bayangan terhadap cermin.

3 dari 4 halaman

Cermin Cembung

Cermin cembung adalah cermin yang permukaannya cembung dan bersifat divergen (menyebarkan sinar). Pada cermin cembung, bagian mukanya berbentuk seperti kulit bola, tetapi bagian muka cermin cembung melengkung ke luar.

Cermin cembung hanya dapat membentuk bayangan maya dari sebuah benda. Cermin cembung digunakan untuk spion kendaraan dan cermin pengawas di toko swalayan. Cermin cembung mempunyai sifat memperkecil bayangan benda dan menyebarkan sinar (divergen).

4 dari 4 halaman

Cermin Cekung

Cermin Cekung adalah cermin yang permukaannya cekung dan bersifat konvergen (mengumpulkan sinar). Cermin cekung dapat membentuk bayangan nyata dan semu dari sebuah benda.

Bayangan nyata terbentuk kalau benda jauh dari cermin. Adanya bayangan semu terbentuk kalau benda dekat dengan cermin.

Bayangan semu biasanya lebih besar dari bendanya. Bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditangkap pada layar. Bayangan semu adalah bayangan yang tidak dapat ditangkap pada layar.

Cermin cekung banyak dijumpai pada lampu senter atau lampu sorot mobil sebagai reflektor. Reflektor membuat sinar yang dikeluarkan lampu senter dan lampu mobil menyebar, meski lampu mobil dan senter kecil.

 

 

Sumber: fisikanyaman2.wordpress

Video Populer

Foto Populer