Sukses


Terbiasa Tinggal di Rumah, Waspadai Hal Ini Bila Kucing Berada di Lingkungan Luar

Bola.com, Jakarta Beraktivitas di luar ruangan bersama hewan peliharaan seperti kucing tentu menyenangkan. Terlebih lagi jika lingkungan dan cuacanya sangat mendukung untuk berkegiatan outdoor. Meski begitu, Anda tetap perlu waspada dan hati-hati. Sebab kucing yang terbiasa tinggal di rumah bisa sulit beradaptasi atau bahkan merasa takut dengan suasana lingkungan baru.

Selain perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ketika mengajak atau melepaskan kucing ke lingkungan luar rumah.

1. Risiko Serangan Kucing Lainnya

Ketika di luar rumah, kemungkinan untuk bertemu kucing liar akan besar. Bila kucing jantan yang memasuki musim kawin , cenderung berkelahi dengan kucing lainnya untuk memperebutkan wilayah. Kalau sampai tergigit, ada risiko penyebaran penyakit atau abses yang menyakitkan, sehingga butuh perawatan dari dokter hewan. Jika mendapati kucingmu kabur, jangan lupa untuk selalu memeriksa ada benjolan atau luka yang harus segera diobati.

2 dari 3 halaman

2. Penyakit dan Parasit

Interaksi dengan  hewan liar dan kucing lain dapat menyebabkan penularan penyakit yang dapat mengganggu kesehatannya seperti leukemia, virus imunodefisiensi atau bahkan rabies. Pastikan kucing mendapatkan semua vaksin yang direkomendasikan oleh dokter hewan, sesuai dengan pola hidupnya. Selain risiko penyakit, kucing yang sering berkeliaran di luar rumah juga menghadapi ancaman kutu, cacingan, dan parasit lainnya.

3. Risiko Terkena Racun

 

Meskipun lingkungan luar rumah terlihat cukup aman untuk kucing bermain atau sekadar berlarian, namun masih ada risiko kucing  terpapar zat beracun. Bisa berasal dari racun tikus, pupuk kimia, hingga zat kimia rumah tangga, yang dapat meracuni hewan lain yang menelannya. Penting juga untuk diingat kalau hewan peliharaanmu memangsa tikus yang diracuni, bisa ikut terpapar racunnya dan mengalami gangguan kesehatan.

4. Kondisi cuaca

Kondisi cuaca dapat berubah secara tiba-tiba saat kucing sedang berada di luar rumah. Kucing bisa mengalami kedinginan di tengah hujan atau dehidrasi di musim panas. Jadi, untuk mengajak kucing ke luar atau membiarkan dia berkeliaran. Hindari bila cuaca terik maupun mendung yang menandakan akan turun hujan.

5. Mobil dan Anjing

Ada banyak bahaya luar ruangan yang harus dihadapi oleh kucing. Salah satu bahaya paling umum adalah kendaraan yang melaju kencang. Kucing yang melesat ke seberang jalan sering tertabrak dan sedihnya lagi jarang bisa bertahan hidup atau bahkan mengalami kecatatan.

Bahaya lainnya adalah anjing dan predator lainnya yang dapat menyebabkan cedera serius. Bahkan, di banyak daerah, hewan liar tidak hanya menjadi predator potensial, tetapi juga kemungkinan membawa penyakit.

3 dari 3 halaman

Jaga Kesehatan Kucing Lewat Makanan

Untuk menjaga kesehatan kucing yang terkadang sering keluar masuk rumah, sediakan selalu Muezza untuk makanannya sehari-hari. Mengandung nutrisi yang lengkap dengan kadar yang seimbang, brand makanan kucing kering ini hanya dibuat dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern.

Terjamin kualitasnya, juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tak perlu ragu memegang cat food, membersihkan peralatan makannya, hingga mencari lokasi penyimpanannya. Jangan tunda lagi untuk memberikan makanan yang terbaik bagi kesehatan kucingmu. Segera pesan keempat varian rasa Muezza di marketplace langgananmu seperti Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer