Sukses


25 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional, Gelorakan Nasionalisme

Bola.com, Jakarta - Setiap tanggal 20 Mei, seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Hari Kebangkitan Nasional diperingati bertepatan dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 1908 oleh sembilan pelajar STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen) atau Sekolah Dokter Jawa.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Kebudayaan, Selasa (18/5/2021), kesembilan tokoh tersebut ialah Soetomo, Mohammad Soelaiman, Gondo Soewarno, Goenawan Mangoenkoesoemo, R. Angka Prodjosoedirdjo, Mochammad Saleh, R. Mas Goembrek, Soeradji Tirtonegoro, dan Soewarno.

Organisasi ini kemudian menjadi wadah perjuangan untuk membebaskan masyarakat dari kesengsaraan sekaligus cikal bakal gerakan menuju kemerdekaan Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional dirayakan untuk mengenang sejarah pergerakan pemuda di Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional kerap digambarkan dengan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Untuk itu, satu di antara cara merayakan Hari Kebangkitan Nasional yang paling mudah adalah membagikan pesan dan ucapan.

Dengan berbagi ucapan Hari Kebangkitan Nasional bisa menumbuhkan kembali nasionalisme sekaligus tanda penghormatan bagi para pahlawan yang telah berjuang untuk negeri ini.

Berikut deretan ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang cukup menginspirasi, dikutip dari laman Juproni dan Diskominfo.kalbarprov, Selasa (18/5/2021).

2 dari 5 halaman

Ucapan Hari Kebangkitan Nasional

1. "Mari sahabat, kita jadikan Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum semangat penggunaan media sosial untuk hal positif dalam persatuan dan kesatuan untuk kemajuan bangsa. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2021."

2. "Akhiri semua keributan, lalu mulai bangkitkan semangat. Selamat Hari Kebangkitan Nasional!"

3. "Pahlawan sejati adalah seseorang yang mampu membangkitkan kesadaran untuk meraih mimpi, memiliki jiwa patriotisme dan nasionalime demi persatuan bangsa karena itulah kebangkitan sejati! Selamat Hari Kebangkitan Nasional."

4. "Selamat Hari Kebangkitan Nasional, bangkitlah rasa persatuan, kesatuan, dan nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kini saatnya, bekerja nyata dan mandiri dengan cara yang penuh inisiatif untuk Indonesia tercinta."

5. "Selamat Hari Kebangkitan Nasional, sejatinya bangkit adalah perjuangan bersama-sama untuk membawa Indonesia lebih maju. Yuk, bersama-sama bangkit dan berkarya untuk bangsa ini."

6. "Seorang pahlawan masa kini adalah seseorang yang mampu membangkitkan semangat patriotisme juga nasionalime untuk persatuan bangsa. Itulah kebangkitan sejati! Selamat Hari Kebangkitan."

3 dari 5 halaman

Ucapan Hari Kebangkitan Nasional

7. "Selamat Hari Kebangkitan Nasional! Berhenti beromansa. Bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang, lakukan saja perjuangan itu dengan tindakan nyata. Berkarya nyata!"

8. "Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Jangan biarkan perbedaan memecah persatuan, bangkitkan kesatuan dan nasionalisme untuk menyatukan bangsa kita. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Bangkit, Indonesiaku!"

9. "Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Untuk jiwamu yang lemah juga segera bangkit."

10. "Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Pemuda-pemudi zaman old sibuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pemuda-pemudi zaman now sibuk memperjuangkan doi yang nggak pernah peka. Semangat ya! Jangan lupa sadar diri."

11. "Jangan sampai kekuasaan yang ada memburamkan dan mengaburkan jejak-jejak sejarah bangsa ini demi kepentingan golongan tertentu. Selamat Hari Kebangkitan Nasional."

12. "Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-113, mari bangkit untuk untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara."

4 dari 5 halaman

Ucapan Hari Kebangkitan Nasional

13. "Jadilah Penggerak seperti Boedi Utomo, wahai pemuda pemudi bangsa! Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional."

14. "Jika dulu kita bangkit untuk meningkatkan semangat persatuan kesatuan dan nasionalisme kita melawan penjajah, sekarang kita bangkit untuk bersatu melawan hal yang melemahkan persatuan kesatuan bangsa ini. Selamat Hari Kebangkitan Nasional."

15. "Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-113. Mari bersatu saling merangkul menyatukan perbedaan, berbuah persatuan menuju kebangkitan Ibu Pertiwi."

16. "Selamat Hari Kebangkitan Nasional, mari bangkit dari segala keterpurukan dan bangkit untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara."

17. "Selamat Hari Kebangkitan Nasional, jadilah penggerak seperti Budi Utomo, wahai pemuda!"

18. "20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional karena pada tanggal itu di tahun 1908 lahir organisasi kebangsaan pertama di Indonesia, Budi Utomo. Selamat Hari Kebangkitan Nasional!"

5 dari 5 halaman

Ucapan Hari Kebangkitan Nasional

19. "Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati! Selamat Hari Kebangkitan Nasional."

20. "Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala daripada masa yang akan datang. Selamat Hari Kebangkitan Nasional."

21. "Menjadi nasionalis tak berarti harus anti dengan pengaruh bangsa lain. Temukan harmoni dengan kekayaan seni budaya bangsa lain. Selamat Hari Kebangkitan Nasional."

22. "Setegak apa negeri ini bangkit, setegak hasrat semangatmu tak mampu tergoyah untuk meng-Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional."

23. "Selamat kuucapkan pada tanah airku Indonesia! Selamat Hari Kebangkitan Nasional bangsaku! Semoga ini bukan lagi sekadar seremonial belaka!"

24. "Indonesiaku sudah muak dengan segala kekerasan, mari sebagai anak negeri untuk selalu bersatu dalam jiwa Pancasila. Selamat Hari Kebangkitan Nasional"

25. "Lama tersungkur bukan berarti musti terkubur. Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Mari kita bangkit untuk bersatu."

 

Sumber: Juproni, Diskominfo.kalbarprov

Dapatkan artikel ucapan dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer