Sukses


25 Kata-Kata Ucapan Hari Lahir Pancasila, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Bola.com, Jakarta - Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara yang kita cintai ini, Indonesia.

Berdasarkan sejarahnya, Hari Lahir Pancasila menjadi peringatan momen lahirnya Pancasila, yang berasal dari pidato Soekarno mengenai rumusan dasar negara dalam sidang BUPKI 1 Juni 1945.

Adapun ke lima sila dalam Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk memperingati hari lahir dasar negara Indonesia, kamu dapat berbagi kata-kata ucapan Hari Lahir Pancasila.

Kamu pun bisa mengunggah kata-kata ucapan Hari Lahir Pancasila di WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Twitter.

Dengan melontarkan kata-kata ucapan Hari Lahir Pancasila mampu meningkatkan jiwa nasionalisme dan mempererat persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia.

Berikut sejumlah kata-kata ucapan Hari Lahir Pancasila yang bisa menjadi inspirasi, dipetik dari Juproni dan Kataucapanselamatcg, Jumat (28/5/2021).

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Lahir Pancasila

1. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, jangan sampai Pancasila hanya menjadi legenda semata."

2. "Beda agama, beda bahasa, beda warna kulit, tapi satu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila."

3. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia yang lebih baik."

4. "Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Semoga kita senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara."

5. "Jangan hanya hafal Pancasila, terapkan juga nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari ya! Selamat Hari Lahir Pancasila."

6. "Tangguhkan semangat kebhinnekaan. Jaga kesatuan dan persatuan NKRI. Selamat Hari Lahir Pancasila."

7. "Selamat Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2021. Refleksikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan untuk Indonesia yang lebih baik."

8. "Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2021. Mari amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari. Memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat. Cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial bawa selalu semangat Pancasila."

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Lahir Pancasila

9. "Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan. Pancasila merajut keragaman jadi keindahan. Pancasila itu menyatukan. Selamat Hari Lahir Pancasila."

10. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Pancasila adalah falsafah kehidupan di Indonesia. Mari kita mengimplementasikan nyata nilai-nilai Pancasila."

11. "Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan. NKRI dengan nilai luhur bangsa kita Pancasila."

12. "Lewat Pancasila, kita yang terdiri beragam suku, budaya, bahasa dan agama dapat bersatu dalam satu atap, Indonesia."

13. "Selamat Hari Lahir Pancasila, semoga seluruh masyarakat Indonesia bisa memaknai arti perbedaan. Binneka Tunggal Ika Indonesia."

14. " Selamat Hari Lahir Pancasila untuk semua teman setanah Air terutama pemuda. Jadikan peringatan Lahir Pancasila momentum bersatu, berbagi, berprestasi serta menjalankan amalan dari sila Pancasila! Tidak hanya hari ini tetapi setiap hari!"

15. "Pancasila adalah pedoman bernegara selalu menjadi kekuatan sumber kesaktian buat inspirasi, motivasi bagi keluarga dan masyarakat. Selamat Hari Lahir Pancasila."

16. " Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Jaya selalu Indonesiaku. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh."

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Lahir Pancasila

17. "Pancasila bukan agama, tidak bertentangan dengan agama, dan tidak digunakan untuk menggantikan kedudukan agama. Selamat Hari Lahir Pancasila."

18. "Mari kita jaga toleransi, integrasi, dan sinergisme di tengah kemajemukan yang ada. Selamat Hari Lahir Pancasila!"

19. "Pancasila lahir menjadi simbol negara Indonesia sebagai perwujudan dari keberagaman yang ada. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021."

20. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari menebarkan kebajikan Pancasila sebagai wujud implementasi kelima sila."

21. "Seremonial tidak akan membuat negara ini jadi lebih baik. Ayo bertindak yang benar, lakukan yang terbaik, jangan biarkan negara ini hancur. Selamat Hari Lahir Pancasila."

22. "Kita Indonesia, kita Pancasila! Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021."

23. "Pancasila tak butuh diucapkan kelima butirnya. Namun ia butuh diamalkan dalam kehidupan nyata."

24. "Sakti tidak sakti, Pancasila tetap dasar negara, semoga tetap bisa menjaga persatuan dan kesatuan negara ini."

25. "Para pendahulu kita telah berhasil menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Kini giliran kita menjaganya! Selamat Hari Lahir Pancasila."

 

Sumber: Juproni, Kataucapanselamatcg

Dapatkan artikel kata-kata dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer