Sukses


Pandemi COVID-19 Belum Usai, Pordasi Tidak Menyerah Upayakan Kejurnas Kuda Pacuan Digelar

Bola.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 yang belum kunjung berakhir hingga saat ini masih menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pihak untuk menggelar sebuah kompetisi olahraga. Setelah beberapa kegiatan olahraga mendapatkan izin menggelar kompetisi, Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) juga tengah mengupayakan agar kegiatan kompetisi olahraga berkuda bisa digelar.

Kondisi Kabupaten Pasuruan yang masuk dalam zona merah membuat pihak berwenang belum bisa mengizinkan digelarnya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Piala Presiden 2021 yang rencananya digelar di Arena Ki Ageng Astro Joyo, Pasuruan, Jawa Timur. Padahal Kejurnas Pacuan Kuda itu merupakan amanat Rakernas Pordasi yang digelar pada April 2021.

"Semua acara kegiatan yang melibatkan banyak orang di wilayah Kabupaten Pasuruan, termasuk kegiatan keagamaan, keolahragaan, dan lain-lain, sementara sampai akhir Juli 2021 belum bisa digelar meski dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ini semata-mata untuk menghindari penyebaran virus corona yang sangat berbahaya dan mengkhawatirkan," ujar Kapolres dan Dandim Pasuruan dalam surat tertulis pada 11 Juni 2021.

Tidak ingin Kejurnas Pacuan Kuda kembali batal seperti yang terjadi di Yogyakarta pada 2020, Pordasi segera bergerak. Ketua Umum PP Pordasi, Triwatty Marciano, langsung menggelar pertemuan dengan jajarannya untuk memastikan kegiatan tersebut tidak lagi batal.

"Tahun lalu Kejurnas Piala Presiden di Yogyakarta sudah dibatalkan karena COVID-19. Tahun ini, saya tidak mau mengecewakan mereka yang selama sekitar 3 tahun sudah mempersiapkan kudanya untuk derby," tegas Triwatty Marciano.

"Kami akan segera menggelar rapat dengan seluruh pihak terkait untuk membahas langkah berikutnya. Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden 2021 di Pasuruan adalah amanat Rakernas 2021 karena saat itu memenuhi kriteria dan terpenting zona hijau COVID-19, yang sekarang berubah menjadi zona merah."

"Kami segera menggelar rapat untuk mendapatkan kesepakatan guna mengubah amanat Rakernas tersebut," ujar Ketua Umum Pordasi itu.

2 dari 3 halaman

Pordasi Sigap Mencari Solusi

Sebagai satu opsi solusi, Sumatra Barat dipersiapkan untuk menjadi alternatif. Alasannya, pada Rakernas 2021, arena pacuan kuda di Pasuruan bersaing dengan arena pacuan kuda Sutan Syahrir yang ada di Padang, Sumatra Barat.

"Alasan COVID-19 yang berubah menjadi zona merah dari zona hijau termasuk Force Majeure. Jadi yang terdepan adalah alternatif sesuai hasil rakernas 2021," tegas Wakil Ketua II PP Pordasi, Widodo Edi Sektianto.

Sementara itu, Ketua Komisi Pacu Pordasi, Harsoyo, mengakui bahwa Sumatra barat telah menyanggupi opsi tersebut sembari pihak pengurus menentukan lokasi baru yang akan disepakati dalam rapat koordinasi antara PP Pordasi dengan sejumlah Pengprov Pordasi.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer