Sukses


Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat, Efektif tanpa Efek Samping

Bola.com, Jakarta - Setiap orang pastinya ingin memiliki gigi yang putih, bersih, dan sehat. Memiliki barisan gigi putih bersih dapat meningkatkan penampilan seseorang.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi, satu di antaranya yang paling aman ialah tentunya dengan berbagai cara alami.

Menggunakan cara alami lebih baik ketimbang menggunakan bahan kimia yang biasanya memiliki efek samping.

Gigi kuning biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk, seperti kurang sempurnanya menyikat gigi, terlalu banyak mengonsumsi kopi dan alkohol, hingga merokok.

Gigi yang terlihat kuning akan membuat seseorang terlihat kurang menarik sehingga mengurangi kepercayaan diri di hadapan banyak orang.

Cara memutihkan gigi secara alami dapat diikuti dan terapkan secara rutin untuk membuat gigi menjadi terlihat lebih putih dan bersih.

Berikut cara memutihkan gigi secara alami, yang relatif aman tanpa efek samping, seperti disadur dari Merdeka, Senin (14/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Daun Sirih

Sudah sejak lama daun sirih berfungsi efektif untuk membersihkan gigi. Selain itu, beberapa kandungan daun sirih berperan penting untuk menurunkan risiko gigi berlubang.

Cara mendapatkan khasiat dari daun sirih cukup mudah. Anda hanya perlu mengunyah beberapa lembar daun sirih. Selain itu, daun sirih dapat Anda tumbuk, lalu oleskan di area gigi hingga rata.

Daun Salam

Sejak lama daun salam dikenal mampu membersihkan dan memutihkan gigi secara alami. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun salam mampu membuat gusi menjadi lebih sehat dan mencegah akumulasi rongga.

Cara mendapatkan khasiatnya cukup mudah. Tumbuk daun salam hingga halus, kemudian gunakan bubuk daun salam sebagai pasta untuk menyikat gigi.

Siwak

Cara memutihkan gigi dengan cepat secara alami lainnya, yaitu menggunakan siwak. Sudah sejak dulu siwak dikenal sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan membersihkan gigi.

Siwak dipercaya mengandung beberapa zat alami yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah gigi berlubang, dan mengikis plak.

Cara menggunakan siwak untuk membersihkan gigi cukup mudah. Tumbuk siwak hingga halus, kemudian campur dengan sedikit air sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan siwak yang telah berbentuk pasta tersebut ke area gigi hingga merata.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Stroberi

Satu di antara cara memutihkan gigi dengan cepat yaitu menggunakan buah stroberi. Buah ini memiliki kandungan asam sitrat yang dipercaya efektif untuk menghambat berbagai bakteri pada gigi.

Untuk mendapatkan khasiat dari stroberi, hancurkan terlebih dahulu buah stroberi, lalu campurkan dengan banking soda hingga membentuk pasta dan oleskan pada area gigi sampai rata.

Arang Aktif

Arang aktif menyerap kotoran dan memutihkan gigi secara efektif dan cepat. Buka kapsul arang aktif dan taruh isinya di sikat gigi. Gosok gigi dengan lembut membentuk lingkaran kecil selama dua menit. Berhati-hatilah, terutama di area sekitar gusi karena bisa abrasif.

Kamu juga bisa mencampurkan arang aktif dengan sedikit air dan menjadikannya obat kumur. Kumur larutan ini selama dua menit, lalu keluarkan. Bilas mulut secara menyeluruh dengan air. Lantaran punya sifat abrasif, penggunaan charcoal ini perlu dibatasi sama seperti cuka sari apel.

Baking Soda

Cara menggunakannya baking soda sebagai cara memutihkan gigi secara alami cukuo mudah. Siapkan wadah untuk baking soda. Setelah itu, basahi sikat gigi dengan air dan oleskan ke wadah yang berisi baking soda.

Anda bisa menjadikan baking soda sebagai pasta gigi dan sikat gigi sekitar satu menit.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda bisa juga ditambahkan dengan bahan alami lainnya. Anda bisa membuat campuran baking soda dengan jeruk nipis, lemon, hingga stroberi. Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang membantu fungsi baking soda membersihkan gigi dari noda dengan cepat.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

Kurangi Konsumsi Kopi

Minum kopi memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat membuat gigi berwarna kuning.

Apabila Anda ingin memiliki gigi putih bersih, sebaiknya mulai sekarang mengurangi mengonsumsi kopi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, imbangi dengan menggosok atau sikat gigi secara rutin.

Menjaga Pola Makan

Cara memutihkan gigi dengan cepat secara alami berikutnya, yaitu menjaga pola makan sehat. Pasalnya, satu di antara penyebab gigi kuning ialah karena mengonsumsi makanan yang kurang sehat sehingga hal ini dapat menimbulkan bakteri pada gigi.

Beberapa makanan yang dapat menyehatkan dan memutihkan gigi satu di antaranya ialah sayuran, seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

Selain itu, buah-buahan seperti durian berfungsi efektif menjaga kesehatan gigi. Kandungan kalium, kalsium serta vitamin B yang terdapat di buah durian sangat bermanfaat untuk melindungi gigi dari berbagai macam penyakit.

Kulit Pisang

Kulit pisang dapat membantu memutihkan gigi dengan cepat. Kandungan magnesium dan kalium pada kulit pisang berperan penting untuk menjaga kesehatan mulut dan memutihkan gigi dengan cepat.

Caranya mudah, gosok bagian dalam kulit pisang ke seluruh gigi sekitar 10 menit dan bilas mulut dengan air.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri sama seperti cuka sari apel sebagai cara memutihkan gigi. Minyak kelapa dapat mengatasi plak yang menempel pada gigi yang tentunya akan menghindari gigi menjadi kekuningan.

Cara menggunakannya cukup dengan berkumur secara perlahan minyak kelapa selama 10-15 menit. Setelah itu, Anda cukup menyikat gigi seperti biasa hingga bersih.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 8/1/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer