Sukses


Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Lakukan Secara Rutin

Bola.com, Jakarta - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meninggikan badan secara alami dan tidak memerlukan waktu lama. Asal dilakukan secara teratur dan efektif, dalam beberapa minggu akan terlihat hasilnya. 

Memiliki tinggi badan yang ideal menjadi idaman banyak orang. Hal tersebut karena tinggi badan bisa dikatakan menjadi tolok ukur yang dapat menambah kepercayaan diri seseorang.

Sebenarnya mayoritas faktor tinggi badan dipengaruhi genetik atau keturunan, akan tetapi ada faktor lain, seperti lingkungan dan nutrisi yang memengaruhinya.

Pertumbuhan tinggi badan biasanya akan terasa pesat pada saat masa pubertas, yakni di usia 16 hingga 18 tahun.

Cara meninggikan badan secara alami ini akan sangat efektif diterapkan pada saat masa pubertas karena biasanya tinggi seseorang berhenti tumbuh pada saat masa pubertas usai.

Berikut ini cara meninggikan badan secara alami, yang dapat diterapkan secara rutin untuk memiliki tinggi badan yang ideal, disadur dari Liputan6, Senin (14/6/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Peregangan

Peregangan adalah aktivitas sederhana, namun memiliki dampak besar pada pertumbuhan. Peregangan akan membantu pemanjangan tulang belakang dan perbaikan postur.

Cara meninggikan badan ini dapat dilakukan dengan mudah, seperti menyentuh jari kaki sambil berdiri dan menjaga punggung lurus. Itu latihan yang bermanfaat karena membantu meregangkan tulang punggung dan memperbaiki postur tubuh.

Latihan gantung juga efektif untuk memperpanjang dan meluruskan tulang punggung. Selain itu, aktivitas seperti pull up, push up, dan chin up dapat membuat otot punggung dan lengan menjadi lebih kuat.

Bersepeda

Bersepeda satu di antara bentuk olahraga yang murah dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Satu di antaranya adalah sebagai cara meninggikan badan secara alami.

Caranya ketika bersepeda, atur ketinggian kursi sepeda dan biarkan jemari kaki yang bersentuhan dengan pedal sepeda. Hal itu akan menarik tulang-tulang untuk tetap tumbuh.

Berenang

Berenang dipercaya sebagai cara meninggikan badan dengan cepat secara alami. Hal ini dikarenakan berenang melatih semua otot-otot tubuh sehingga membantu pertumbuhan tinggi.

Dengan berenang, hormon-hormon pertumbuhan akan terpicu untuk terus berproduksi. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk hasil maksimal.

Lompat Tali

Lompat tali dapat membantu memaksimalkan tubuh agar program meninggikan badan menjadi lebih efektif. Dari gerakan lompat tali, otot kaki akan terstimulasi sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Lakukan setiap hari selama 15 menit.

Basket

Cara meninggikan badan berikutnya adalah dengan olahraga basket. Saat main basket, tubuh akan banyak berlari dan loncat melawan gaya gravitasi. Akibatnya otot belakang dan tulang belakang menjadi regang secara maksimal.

Yoga

Yoga dapat memperkuat otot, menyelaraskan tubuh, dan membantu postur tubuh. Yoga dapat membuat tubuh berdiri lebih tinggi. Beberapa pose populer untuk memperbaiki postur tubuh meliputi pose gunung, pose kobra, pose anak, dan pose warrior.

3 dari 3 halaman

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Tidur Cukup

Satu di antara faktor penting dalam cara meninggikan badan adalah istirahat yang cukup. Jika Anda kurang tidur, hal ini dapat memengaruhi tinggi badan dalam jangka panjang. HGH, hormon pertumbuhan, biasanya dikeluarkan selama tidur. Tubuh tidak dapat tumbuh dengan baik tanpa istirahat yang cukup.

Menerapkan Postur Tubuh yang Baik

Postur tubuh yang buruk dapat membuat Anda terlihat lebih pendek dari yang sebenarnya. Dan seiring waktu, membungkuk dapat memengaruhi tinggi badan yang sebenarnya. Oleh karena itu, menerapkan psotur tubuh yang baik sejak kecil sangat memengaruhi cara meninggikan badan.

Perhatikan cara berdiri, duduk, dan tidur adalah kuncinya. Anda juga bisa melakukan latihan yang dirancang untuk meningkatkan postur tubuh seiring waktu.

Hindari Faktor Penghambat Pertumbuhan

Mengonsumsi obat-obatan dan alkohol dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Hindari kecanduan ini sejak usia muda. Kelebihan kafein dan merokok mengganggu tumbuh kembang.

Jadi, sangat disarankan untuk membuat anak-anak menjauhi kebiasaan buruk tersebut untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang tepat.

Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas bisa berdampak buruk pada pertumbuhan tinggi badan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tinggi badan yang baik sangat penting untuk menjaga berat badan ideal dengan melakukan diet seimbang dan olahraga teratur.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Cara meninggikan badan selanjutnya adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Untuk memastikan tinggi badan yang baik, penting untuk menjaga agar sistem kekebalan tetap fit. Penyakit dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan vitamin C dan istirahat yang cukup.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi. Editor: Fadila Adelin. Published: 1/3/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer