Sukses


35 Kata-Kata Kutipan Islami Perihal Kehidupan Pernikahan, Sarat Makna

Bola.com, Jakarta - Kata-kata kutipan Islami seputar kehidupan pernikahan dapat dijadikan sebagai satu di antara panduan hubungan berumah tangga agar bertahan hingga akhir hayat.

Pernikahan adalah sebuah ikatan yang disepakati dua insan manusia untuk hidup bersama dan saling menyayangi dalam setiap jalan hidup yang dilewati.

Dengan membaca dan meresapi kata-kata kutipan bijak Islami tersebut, kamu akan mendapatkan pemahaman bahwa pernikahan yang dibina di jalan Allah akan menuntunmu ke pintu surga-Nya.

Dalam setiap pernikahan, seperti halnya kehidupan, tak lepas dari persoalan. Agar masalah tidak berkelanjutan, perlu saling pengertian di antara suami istri.

Yang terpenting adalah apa pun cobaan yang datang, cobalah untuk menghadapi bersama dengan penyerahan diri seutuhnya di hadapan Allah SWT.

Menjadi pasangan suami istri yang taat di jalan Allah SWT akan mendapatkan berkah tersendiri dari-Nya, di dunia maupun akhirat.

Berikut 35 kata-kata kutipan bijak seputar kehidupan pernikahan, yang sarat makna, dikutip dari Theislamicquotes dan Mutiaraislam, Sabtu (19/6/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Islami Perihal Pernikahan

1. "Ketika berbicara tentang Islam, cinta dan pernikahan berjalan seiring dan satu di antaranya tidak dapat berjalan tanpa yang lain."

2. "Istri harus selalu menutupi kehormatan suami dan tidak ada cara lain untuk memandangnya."

3. "Nabi Muhammad telah mengatakan beberapa hal terpenting tentang pernikahan dan ini adalah salah satunya. Kata-kata-Nya memiliki kekuatan, kebenaran, dan biasanya efektif."

4. "Kapan pun kamu siap, pasangan yang tepat dibuat dalam keadaan yang tepat dan kamu harus menunggu itu."

5. "Itulah sebabnya Nabi bersabda bahwa tidak ada cara yang lebih baik untuk dua orang yang saling mencintai selain menikah."

6. "Kunci sukses dalam pernikahan hanyalah kesabaran."

7. "Yang membuat pernikahan yang indah adalah dua jiwa yang indah. Tidak cantik secara fisik, tetapi pasangan yang cantik secara rohani akan membuat pernikahan yang layak."

8. "Ketika kamu memandang masing-masing dengan cinta, kamu dihujani dengan belas kasihan dan kebaikan."

9. "Pernikahan bukanlah semacam dongeng yang dibuat oleh kebanyakan orang."

10. "Menikahi seseorang yang beragama karena itu akan baik untukmu dan semua orang di sekitarmu juga."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Islami Perihal Pernikahan

11. "Jika pasanganmu marah, kamu harus tenang. Ketika satu terbakar, yang lainnya harus air." - Umar ibn Khattab

12. "Wanita adalah vas bunga keindahan dan keharuman. Jadi, cium dia dengan lembut, jangan bergumul dengannya. Jangan meletakkan tanggung jawab yang tidak bisa dia tanggung." - Ali ibn Abi Thalib

13. "Pria sejati akan menawarimu pernikahan. Seorang pecundang akan menawarimu zina."

14. "Jika kamu tidak berniat menikahinya: Jauhkan tanganmu dari calon istri pria lain. Jika kamu memang berniat untuk menikahinya: jauhkan tanganmu sampai dia menjadi istrimu."

15. "Ketika pasangan suami istri berdoa bersama, berbagi keintiman yang tidak tercipta dengan cara lain, perasaan itu luar biasa."

16. "Tiada keberanian terindah dalam diri seorang laki-laki, kecuali keberanian meminang seorang wanita."

17. "Berumahtanggalah dengan agama, ilmu, dan sifat saling percaya sebagai pilarnya. Jauhilah kecemburuan dan saling curiga karena akan menjadi rayap bagi bangunan yang kukuh sekalipun."

18. "Seorang suami dapat menjadi pintu surga bagi istrinya sebagaimana ia dapat pula menjadi pintu neraka untuk istrinya."

19. "Tiada komunikasi terindah kecuali komunikasi dan saling menyapa antara suami dan istri."

20. "Seorang wanita dapat mengubah rumah tangga menjadi surga sebagaimana ia dapat pula mengubahnya menjadi neraka yang tak terbayangkan."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Islami Perihal Pernikahan

21. "Ketika berbicara tentang pernikahan, Allah berfirman bahwa pasanganmu adalah pakaian untukmu. Sebuah pakaian mungkin atau mungkin tidak pas dengan sempurna - tapi bagaimanapun juga, itu menutupi ketaksempurnaan, melindungi, dan mempercantik." - Yasmin Mogahed

22. "Tidak ada penawar yang lebih manjur bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." - HR. Ibnu Majah

23. "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi Kaum yang berpikir." - QS. Ar-Rum: 21.

24. "Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah perempuan yang salihah." - HR. Muslim

25. "Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap dari kalian bertanggung jawab atas yang ia pimpin… seorang lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, dan la bertanggung jawab atas keluarganya." - HR. Bukhari dan Muslim.

26. "Percayalah kepada Allah jika engkau seorang wanita yang beriman, kemudian sambutlah suami dengan senyuman bila engkau seorang istri yang taat."

27. "Ya Allah berikan aku seseorang yang akan menggenggam tanganku ke jannah."

28. "Ketahuilah, tanpa engkau sadari, seorang istri selalu mendahulukan suami dalam segala hal. Satu di antaranya dalam hal makan."

29. "Janganlah menuntut banyak hal kepada suami. Jadilah seorang istri yang sabar yang selalu di sisinya dalam kondisi apa pun."

30. "Menikah adalah ibadah terpanjang dalam mengarungi perjalanan hidup seseorang. Jangan sia-siakan suami atau istri yang Allah titipkan kepadamu."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Kutipan Islami Perihal Pernikahan

31. "Cinta sejati tidak berakhir saat kematian. Jika Allah menghendakinya, akan berlanjut ke surga."

32. "Harta yang paling mulia adalah lisan yang senantiasa berzikir, hati yang selalu bersyukur, dan lstri yang beriman yang selalu membantunya dalam keimanannya." - HR. Tirmidzi

33. "Bertakwalah kepada Allah dalam perkara perempuan-perempuan itu, sesungguhnya kalian telah mengambil mereka dengan amanah Allah, dan halal bagi kalian mereka dengan kalimat Allah." - HR. Muslim

34. "Barang siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya." - HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi

35. "Seorang suami seharusnya bisa tampil di hadapan istrinya layaknya seorang bocah. Akan tetapi, ketika sang istri membutuhkannya, maka ia harus tampil layaknya seorang lelaki perkasa." - Umar bin Khattab

 

Sumber: Theislamicquotes, Mutiaraislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Wawancara Eksklusif Eko Yuli Irawan

Video Populer

Foto Populer