Sukses


9 Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Mudah dan Aman Dipraktikan

Bola.com, Jakarta - Selain berat badan, tinggi badan hendaknya harus ikut diperhatikan untuk mendapatkan tubuh yang ideal secara keseluruhan.

Memiliki postur tubuh yang tinggi menjadi idaman sebagian besar orang. Memiliki tinggi badan yang ideal merupakan satu di antara faktor yang menunjang penampilan.

Namun, bagaimana jika tinggi tubuh Anda tidak ideal atau kurang? Anda tidak perlu cemas. Pasalnya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat tinggi badan Anda bertambah.

Anda bisa menerapkan beberapa cara meninggikan badan secara alami yang bisa dicoba di rumah. Cara ini merupakan metode yang aman karena tidak menganjurkan untuk menggunakan bahan-bahan kimia yang justru akan memberikan dampak atau efek samping.

Dengan rutin menerapkan cara-cara tersebut, dalam waktu cepat tinggi badan Anda akan bertambah.

Berikut sederet cara meninggikan badan secara alami, mudah dan aman, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (22/6/2021). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

1. Mengonsumsi kalsium

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Susu dikenal memiliki kalsium dan protein yang tinggi. Kalsium bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tulang pada anak dan mampu membantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Makanan lain yang mengandung kalsium, seperti biji-bijian, salmon, sarden, keju, yoghurt, almond, kacang, dan lentil. 

2. Konsumsi vitamin D

Selain mengonsumsi kalsium, vitamin D dapat meningkatkan kesehatan tulang dan bisa digunakan sebagai cara meninggikan badan. Sumber vitamin D yang umum termasuk tuna, susu, dan kuning telur. Vitamin D juga bisa ditemukan dari sinar matahari.

3. Pola makan sehat

Cara meninggikan badan selanjutnya adalah mengonsumsi makanan bernutrisi. Selama masa pertumbuhan, sangat krusial untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Pola makan seimbang harus diterapkan untuk memaksimalkan pertumbuhan. Pola makan seimbang ini terdiri dari susu, telur, sayuran hijau, oatmeal, yang mengandung vitamin, karbohidrat, protein dan lemak dalam jumlah yang memadai.

3 dari 4 halaman

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

4. Hindari mengonsumsi gula dan lemak

Selain mengonsumsi beberapa makanan bernutrisi, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan. Hindari asupan tinggi gula dan punya kandungan lemak jahat, seperti lemak jenuh atau lemak trans.

Makanan kaya gula seperti roti, biskuit, kue, cokelat, permen, serta makanan siap saji, tinggi kandungan lemak transnya. Makanan jenis ini akan membuat pola makan tidak sehat. Selain itu, gula dan lemak yang berlebihan juga dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan di masa depan.

5. Peregangan

Peregangan merupakan satu di antara cara meninggikan badan yang cukup efektif. Pasalnya, gerakan peregangan membuat tubuh menjadi tertarik dan membantu meluruskan bentuk tulang belakang.

Cara meninggikan badan ini dapat dilakukan dengan mudah, seperti menyentuh jari kaki sambil berdiri dan menjaga punggung lurus. Itu latihan yang bermanfaat karena membantu meregangkan tulang punggung dan memperbaiki postur tubuh.

Latihan gantung juga efektif untuk memperpanjang dan meluruskan tulang punggung. Selain itu, aktivitas seperti pull up, push up, dan chin up dapat membuat otot punggung dan lengan menjadi lebih kuat.

6. Bersepeda

Bersepeda merupakan satu di antara bentuk olahraga yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk membantu meninggikan badan secara alami.

Caranya ketika bersepeda, atur ketinggian kursi sepeda dan biarkan jemari kaki yang bersentuhan dengan pedal sepeda. Itu akan menarik tulang-tulang untuk tetap tumbuh.

4 dari 4 halaman

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

7. Berenang

Berenang merupakan satu di antara olahraga yang dipercaya sejak zaman dahulu dapat meninggikan badan dengan cepat secara alami. Hal ini dikarenakan berenang melatih semua otot-otot tubuh sehingga membantu pertumbuhan tinggi.

Dengan berenang, hormon-hormon pertumbuhan akan terpicu untuk terus berproduksi. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk hasil maksimal.

8. Lompat Tali

Lompat tali dapat membantu memaksimalkan tubuh agar program meninggikan badan menjadi lebih efektif. Dari gerakan lompat tali, otot kaki akan terstimulasi sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Lakukan setiap hari selama 15 menit untuk mendapatkan tinggi badan yang bertambah.

9. Cukup istirahat dan tidur

Tidur cukup setiap malam dapat membantu tinggi badan bertambah secara tidak langsung. Saat tidur, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan manusia atau HGH.

Produksi hormon ini akan berkurang kalau Anda hobi begadang sehingga berakibat tubuh kurang beristirahat dan kurang mendapatkan tidur yang cukup. Jadi, jangan biasakan begadang dan usahakan tidur selama 6-8 jam dalam satu malam.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Fadila Adelin. Published: 1/3/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer