Sukses


9 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Bekas luka yang terdapat di kulit bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Bagi sebagian orang, memiliki bekas luka pada kulit bisa menjadi hal yang menyebalkan.

Banyak orang ingin bekas luka bisa segera hilang karena dapat memengaruhi penampilan atau percaya diri. Apalagi jika bekas luka yang dimiliki terletak pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian.

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara menghilangkan bekas luka yang bisa Anda praktikkan.

Tak ada salahnya Anda memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar untuk menghilangkan bekas luka. Cara ini lebih mudah karena dapat dilakukan di rumah dan tentu membutuhkan biaya yang lebih hemat.

Namun, ingat, meski alami, bahan-bahan tersebut belum tentu cocok di kulit semua orang. Jika Anda ingin mencoba, pastikan tidak ada bahan yang bisa memicu alergi.

Berikut ini referensi cara menghilangkan bekas luka menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba, dinukil dari Healthline dan Helloglow, Sabtu (26/6/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

1. Susu

Susu murni bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka melepuh secara alami. Susu memiliki sifat alaminya yang mampu menenangkan kulit. Sifat ini bisa sekaligus menghilangkan bekas luka melepuh.

Caranya, campurkan dua sendok makan susu murni. Kemudian tambahkan satu sendok teh air perasan kunyit. Oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar. Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan selama lima menit.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan satu di antara bahan alami yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka. Hal tersebut terjadi karena kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang ada dalam jeruk nipis.

Kandungan ini mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Cara menghilangkan bekas luka dengan jeruk nipis sangat mudah. Belah buah jeruk menjadi dua bagian. Oleskan pada kulit secara merata. Diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

3. Bawang merah

Kandungan sulfur dan quercetin yang ada dalam bawang merah dipercaya dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar atau melepuh.

Caranya, kupas bawang merah yang di haluskan kemudian campur dengan satu sendok teh minyak lavender.

Campuran ini memadukan kandungan sulfur, quercetin, dan sifat antiseptik. Ketiga kandungan ini berasal dari perpaduan bawang merah dan minyak lavender. 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

4. Mentimun

Mentimun kaya mineral dan vitamin yang penting sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka secara alami.

Cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan mentimun sangat praktis. Iris mentimun tipis-tipis. Tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit. Basuh dengan menggunakan air bersih.

5. Madu

Madu efektif digunakan sebagai bahan alami penghilang bekas luka. Madu mengandung bahan-bahan yang dapat membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel-sel di dalamnya.

Caranya, cukup dengan mencampurkan madu dengan sedikit kunyit yang telah dihaluskan. Setelahnya oleskan pada bekas luka bakar atau melepuh. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

6. Lidah buaya

Sama seperti pada bawang merah, sifat antiinflamasi pada lidah buaya dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka. Lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit.

Anda cukup mengoleskan lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas luka secara merata, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan cara ini setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

7. Yoghurt

Yoghurt bisa diandalkan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, dengan mencampurkan satu sendok makan tomat yang sudah dihaluskan dengan satu smd putih telur dan yoghurt ke dalam mangkuk.

8. Minyak wijen

Minyak wijen bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka. Hal ini dipengaruhi oleh sifatnya yang dapat melembapkan kulit, termasuk dapat menyerap rasa panas pada kulit akibat luka bakar.

Selain itu, minyak wijen dapat mencegah timbulnya bekas noda kehitaman setelah luka bakar atau lepuhan sembuh. Caranya, tetes dan oleskan minyak wijen langsung pada bagian luka.

9. Minyak lavender

Minyak lavender bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, campurkan minyak lavender dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau baby oil. Kemudian pijat campuran ke area bekas luka selama sekitar lima menit.

Diamkan selama sekitar 30 menit. Bilas area tersebut dengan air hangat. Ulangi proses ini minimal tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Sumber: Healthline, Helloglow

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer