Sukses


10 Cara Mengatasi Cegukan, Masalah Sejuta Umat

Bola.com, Jakarta - Cegukan merupakan penyakit yang biasa di alami oleh semua orang di segala usia. Cegukan adalah bentuk kontraksi otot diafragma yang terjadi tiba-tiba.

Penyebab cegukan umumnya terjadi saat ada kontraksi dalam diafragma yang membuat pita suara menutup, timbullah 'hik...hik...' sebagai suara cegukan.

Penyebab cegukan tiba-tiba yang paling umum adalah makan dan minum terlalu cepat, menelan banyak udara, perubahan suhu mendadak, dan emosi.

Cegukan akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan menit hingga jam. Namun, cegukan akan menjadi masalah yang benar-benar mengganggu jika terjadi secara terus menerus dalam waktu yang lama.

Berikut cara mengatasi cegukan secara aman dan nyaman, dilansir dari Brilio dan Klikdokter, Rabu (23/6/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Cegukan

1. Menahan napas

Cara paling populer bagi orang awan untuk mengatasi cegukan adalah dengan menahan napas. Cara melakukannya, tahan napas dalam 10 hitungan secara perlahan-lahan sebelum mengembuskannya.

Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali setiap 20 menit.

2. Minum air dingin

Selain menahan napas, Anda bisa mengatasi cegukan dengan minum air dingin atau air es, sedikit demi sedikit dalam beberapa tegukan dan secara perlahan. Anda juga bisa berkumur dengan air dingin tersebut.

3. Bernapas dengan kantong

Gunakan bantuan kantong kertas untuk bernapas. Saat bernapas, hirup lalu buang napas ke dalam kantong kertas tersebut berulang kali dalam periode tertentu. Hindari penggunaan kantong plastik.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Cegukan

4. Lakukan beberapa gerakan atau posisi

Untuk mengatasi cegukan yang terus-menerus, Anda bisa mencoba melakukan gerakan menelan sambil memencet bagian hidung. Duduk sambil memeluk lutut sedekat mungkin ke arah dada juga dianggap dapat mengatasi cegukan.

Cara lainnya, cobalah untuk bersandar ke arah depan sambil menekan bagian dada secara perlahan.

5. Mengulum gula batu atau gula pasir

Mengulum gula batu atau bisa digantikan dengan sesendok gula pasir bisa menghilangkan cegukan. Kandungan gula yang ada dalam gula batu serta gula pasir bisa merangsang otot diafragma. Otot diafragma yang terangsang bisa menyebabkan diafragma bisa berkontraksi dengan teratur.

6. Mengunyah jeruk nipis

Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan. Caranya, mengiris jeruk nipis dan kemudian mengunyahnya. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa menghilangkan gangguan pada impuls di syaraf vagus sehingga mampu menghilangkan cegukan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Cegukan

7. Tidur dengan lutut ditekuk

Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan. Hal itu dikarenakan cara tersebut bisa meningkatkan kadar karbondioksida di dalam tubuh.

8. Memakan satu sendok selai kacang

Menghilangkan cegukan bisa menggunakan selai kacang. Caranya dengan mengonsumsi satu sendok selai kacang. Selai kacang bermanfaat untuk mengubah irama dalam pernafasan karena kandungan kacang yang ada dalam selai kacang tersebut.

9. Menggunakan minyak kayu putih

Oleskan minyak kayu putih pada leher dan bagian perut. Minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan.

10. Headstand

Melakukan hal ini memang tidak mudah. Namun, dengan membalikkan tubuh, peredaran darah dan oksigen akan terbalik.

 

 

Sumber: Klikdokter.com, Brilio.net (Penulis: Lola Lolita. Published: 4/12/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer