Sukses


7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Aman, dan Praktis

Bola.com, Jakarta - Masalah jerawat masih menjadi momok yang paling sering dialami, baik itu oleh wanita maupun pria. Jerawat menjadi problem yang cukup meresahkan mengingat dapat mengurangi rasa percaya diri.

BACA JUGA: Bacaan Doa Untuk Menghilangkan Jerawat Dalam Bahasa Arab Latin Serta Terjemahannya

Ada banyak jenis jerawat yang bisa Anda alami, satu di antaranya adalah jerawat batu. Jerawat batu atau jerawat sistik adalah jenis jerawat yang dianggap paling serius.

Yang membedakan, jerawat batu terjadi pada lapisan kulit yang lebih dalam. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang bisa menyebabkan kemerahan dan benjolan lembut berisi nanah pada wajah disertai rasa gatal.

Tidak hanya wajah, jenis jerawat itu juga bisa muncul di bagian kulit yang lain.

Jerawat batu bisa muncul pada dada, punggung, lengan atas, dan bahu. Penyebab jerawat batu muncul akibat pori-pori wajah yang tersumbat minyak, sebum, atau jenis kotoran lain.

Tak heran banyak orang menempuh berbagai cara untuk menghilangkan jerawat batu, satu di antaranya dengan cara alami. Cara menghilangkan jerawat batu dengan cara alami ini bisa dilakukan di rumah.

Berikut sederet cara menghilangkan jerawat batu dengan cara alami, seperti dinukil dari Healthline dan Medicalnewstoday, Minggu (23/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

1. Es batu

Es batu bisa menjadi solusi menghilangkan jerawat batu. Es batu mampu mengurangi peradangan pada kulit akibat wajah berjerawat.

Caranya, cukup oleskan es batu pada wajah berjerawat hingga beberapa kali. Beberapa ahli merekomendasikan melakukan cara ini tiga kali sehari.

2. Cuka apel

Cuka apel diyakini mampu menghilangkan jerawat batu. Diketahui cuka apel memiliki kandungan asam organik yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Meski memiliki aroma yang sangat menyengat dan jarang disukai, banyak orang yang merasa cuka apel ini ampuh untuk menghilangkan jerawat.

3. Masker kunyit

Kunyit bisa jadi satu di antara bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan jerawat batu. Anda bisa mencoba masker wajah kunyit untuk membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan.

Sifat antiinflamasi yang dimiliki kunyit dapat membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit. Namun perlu diperhatikan, untuk berhati-hati saat mengoleskan kunyit langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

4. Tea tree oil

Tea tree oil sudah banyak diakui untuk mengatasi berbagai macam jerawat, termasuk jerawat batu. Tea tree oil adalah minyak esensial yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia. Tea tree oil memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang kuat sehingga bisa mengatasi jerawat.

5. Lidah buaya

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya, yakni dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman yang satu ini sudah sejak lama dipercaya baik untuk kesehatan kulit.

Gel lidah buaya dipercaya dapat meredakan peradangan yang dapat menyebabkan jerawat batu. Cara menghilangkan jerawat batu dengan lidah buaya:

  • Ambil daun lidah buaya, belah bagian tengahnya, lalu ambil gelnya.
  • Haluskan gel lidah tersebut, lalu gunakan sebagai masker wajah.
  • Diamkan sampai mengering, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.
4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

6. Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan dan antibakteri yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menghilangkan masalah jerawat batu. Cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih:

  • Siapkan tiga siung bawang putih.
  • Kupas kulitnya, lalu tumbuk halus.
  • Letakkan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang mengalami jerawat atau peradangan.
  • Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

7. Teh hijau

Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat mengurangi peradangan jerawat batu. Cara menggunakannya cukup dengan menyeduh teh hijau terlebih dahulu, kemudian aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

 

Sumber: Healthline, Medicalnewstoday

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer