Sukses


Kapasitas Nyaris Penuh, Pemkot Yogyakarta Siapkan Tambahan RS Rujukan COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta menyebut Bed Occupancy Ratio (BOR) di beberapa rumah sakit rujukan COVID-19 nyaris penuh. Bahkan tingkat keterisian Intensive Care Unit (ICU) telah mencapai 97 persen.

"Kondisi rumah sakit di Kota Yogya memang sudah mepet ketersediaan tempat tidurnya. Beberapa rumah sakit sudah penuh. Tetapi, yang lain masih tersedia juga kamarnya. Untuk ICU 97 persen dipakai, non ICU 92 persen, dan IGD 87 persen," kata Heroe Poerwadi, Wakil Wali Kota Yogyakarta, dalam keterangan resmi, Selasa (29/6/2021).

Melihat kondisi tersebut, Pemkot Yogyakarta berencana menambah shelter atau rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di wilayahnya. Untuk saat ini, rumah sakit rujukan di wilayah Kota Yogyakarta sudah ada tujuh, namun masih belum diketahui secara pasti berapa rumah sakit yang akan ditambah.

"Kami sedang mempersiapkan untuk menyiapkan kamar-kamar agar bisa ditambah lagi. Rumah sakit rujukan COVID-19 yang di Kota ada tujuh, sudah kami minta untuk tambah lagi," imbuhnya.

Selain berupaya menambah tempat rujukan pasien COVID-19, Pemkot Yogyakarta sedang menyiapkan peralatan dan tenaga kesehatan yang nanti akan melayani di tempat tersebut.

Video Populer

Foto Populer