Sukses


10 Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Secara Alami

Bola.com, Jakarta - Memiliki karang gigi sering kali meninggalkan hal tidak mengenakan dalam mulut. Maka dari itu, cara mudah membersihkan karang gigi patut diperhatikan dengan saksama.

Karang gigi adalah kotoran yang menempel pada gigi. Karang tersebut bisa menyebabkan gigi menjadi goyang dan lepas. Bahkan karang giri kerap dihubungkan dengan risiko penyakit jantung.

Karang gigi memiliki tekstur yang sangat keras dan melekat erat pada permukaan gigi. Jika karang gigi sudah sangat keras, cara mengatasinya adalah dioperasi oleh dokter.

Namun, Anda bisa membersihkan karang gigi secara alami, asalkan masih lunak dan berbentuk plak.

Berikut cara mudah membersihkan karang gigi secara alami, dilansir dari Klikdokter, Sabtu (3/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Secara Alami

1. Menyikat Gigi

Sikatlah gigi Anda sebanyak dua kali sehari dan cukup dilakukan selama dua menit. Cara ini terbukti efektif dalam membersihkan gigi dari sisa makanan, plak gigi, maupun debris. Jangan lupa juga untuk menyikat lidah supaya bebas dari bau mulut.

2. Menggunakan Pasta Gigi Berfluoride

Fluoride tidak hanya berfungsi untuk melindungi dan memperkuat lapisan email gigi, tetapi juga menetralkan keasaman/ pH plak gigi sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

3 dari 6 halaman

Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Secara Alami

3. Menggunakan Mouthwash 

Penggunaan mouthwash dapat membantu membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi. Pemilihan mouthwash untuk menjaga kebersihan rongga mulut harus tepat.

Untuk membersihkan plak gigi dan sisa makanan, bisa pilih mouthwash dengan kandungan propolis dan green tea.

Namun, pemakaian mouthwash tidak perlu setiap hari karena kandungan antiseptik di dalamnya bisa merusak keseimbangan flora normal di dalam mulut. Akibatnya, jumlah flora jamur akan meningkat.

4. Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi atau Dental Floss

Satu di antara cara menghilangkan karang gigi secara alami adalah dengan menggunakan dental floss.

Dental floss berguna untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Dengan demikian, plak gigi tidak akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Anda dapat menggunakan dental floss minimal satu kali per hari. 

4 dari 6 halaman

Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Secara Alami

5. Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Sebisa mungkin, hindari ngemil yang manis-manis terutama di sela-sela jam makan besar Karena dapat meningkatkan jumlah bakteri S. Mutans dan Lactobacillus di dalam plak gigi, bakteri penyebab karies gigi. 

Selain itu, dapat mencegah siklus pH plak gigi yang turun supaya tidak terjadi berulang-ulang.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cobalah untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Konsumsi buah yang mengandung serat dapat merangsang produksi air liur sehingga otomatis bisa membantu membersihkan permukaan gigi. Apalagi buah dan sayur banyak mengandung vitamin, yang berfungsi menyehatkan gusi.

5 dari 6 halaman

Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Secara Alami

7. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Kunyahlah permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur Anda. Cara ini dapat membersihkan gigi dari sisa makanan, mengembalikan mineral gigi yang hilang, serta menetralkan pH mulut menjadi normal kembali.

8. Kurangi dan Hindari Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan terjadinya karang gigi lebih banyak, dibandingkan mereka yang tidak merokok. 

Zat nikotin di dalam rokok memengaruhi kelenjar eksokrin, ditandai dengan meningkatnya aliran air liur dalam mulut. Kalsium fosfat yang banyak terdapat dalam karang gigi itu berasal dari air liur. 

6 dari 6 halaman

Cara Mudah Bersihkan Karang Gigi Secara Alami

9. Mengunyah Daun Sirih

Cara menghilangkan karang gigi secara alami lainnya adalah dengan mengunyah daun sirih. 

Masih ingat tentunya dengan kebiasaan nenek moyang yang suka mengunyah sirih? Gigi para orang terdahulu cenderung lebih sehat dan kuat. Terlebih lagi, daun sirih juga dapat menghilangkan bau mulut.

10. Manfaatkan Jus Lemon

Selain untuk diminum, jus lemon dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan plak pada gigi. Kadar asam jeruk lemon juga dapat membuat gigi lebih putih. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menggunakan air perasan jeruk lemon untuk menyikat gigi. Namun, jangan terlalu sering digunakan karena dapat menyebabkan erosi gigi.

 

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer