Sukses


10 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami, tanpa Efek Samping

Bola.com, Jakarta - Rambut merupakan satu di antara hal yang sangat diperhatikan untuk menunjang penampilan. Maka dari itu, cara menebalkan rambut menjadi bahan pencarian orang demi penampilan yang maksimal.

Rambut yang tebal dan indah lebih disukai ketimbang rambut tipis dan lepek, apalagi rontok. Pasalnya, rambut rontok bisa berakibat pada kebotakan jika tak ditangani dengan tepat.

Kerontokan rambut bisa disebabkan beberapa faktor, seperti hormon, penyakit, gaya rambut hingga stres.

Mengatasi kerontokan rambut bisa dengan berbagai cara, mulai dengan cara alami hingga pengobatan medis. Namun, pengobatan medis kerap memiliki efek samping seperti iritasi kulit dan juga menguras kantong.

Itulah mengapa, bagi seseorang yang memiliki dana terbatas disarankan menggunakan cara alami. Selain ramah di kantong, menggunakan bahan alami juga minim risiko efek samping.

Berikut cara menebalkan rambut secara alami, disadur dari Liputan6, Minggu (4/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

1. Keramas dengan cara yang benar

Cara menebalkan rambut kepala yang pertama adalah keramas dengan cara yang benar. Aktivitas yang padat seharian terkadang mengharuskan Anda untuk keramas setiap hari.

Padahal, terlalu sering keramas kadang malah membuat rambut terasa kering dan kasar. Untuk mengatasinya, Anda perlu perawatan rambut yang aman digunakan setiap hari.

2. Gunakan sisir sesuai jenis rambut

Cara menebalkan rambut kepala selanjutnya adalah menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Menyisir dengan sisir yang tepat sangat bermanfaat untuk meratakan minyak alami dari akar ke ujung rambut.

Hal ini berpengaruh pada ketebalan rambut, mencegah kerusakan parah, mengeksfoliasi kulit kepala, membuang sisa rambut yang rontok, menambah kilau rambut, dan memperbaiki tekstur.

Hanya, cara ini efektif untuk pemakaian sisir yang sesuai dengan jenis rambut. Gunakan sisir sikat dengan ujung lembut atau sisir berbahan kayu atau bambu alami. Hindari sisir plastik karena bisa menimbulkan gesekan dan menyebabkan rambut frizzy akibat listrik statis.

3 dari 6 halaman

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

3. Pilih produk yang bisa mempertebal rambut

Cara menebalkan rambut kepala selanjutnya adalah memilih produk sampo atau kondisioner yang dapat menebalkan rambut. Ada produk sampo dan kondisioner yang dibuat khusus untuk menambah volume rambut.

Sampo semacam ini umumnya dibuat dengan formulasi yang ringan sehingga bagian akar rambut bisa terangkat dan rambut terlihat mengembang. Agar efektif, gunakan sampo dan kondisoner dalam satu rangkaian yang sama.

4. Lakukan trik potong rambut

Rambut panjang kurang cocok untuk rambut yang tipis karena bisa membuat rambut makin lepek dan berat. Lakukan potong rambut, setidaknya sependek bahu atau lebih pendek lagi dengan gaya yang membuat rambut terlihat bervolume, misalnya, wavy bob, pixie cut, atau blunt cut.

Pastikan Anda menyesuaikan gaya rambut dengan bentuk wajah Anda agar potongan rambut tampak sempurna dalam menunjang penampilan Anda.

4 dari 6 halaman

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

5. Maksimalkan dengan produk yang membuat rambut tampak bervolume

Cara menebalkan rambut kepala selanjutnya adalah memaksimalkan dengan produk yang membuat rambut tampak bervolume. Sebagian orang mengklaim bahwa pemakaian produk rambut bisa menyebabkan rambut lebih lepek.

Memang benar, produk rambut terserap ke dalam rambut, membuat bagian akar tak mampu mengembang. Namun, ada beragam produk yang diformulasi khusus untuk menambah volume dan menebalkan rambut. Dalam waktu singkat, rambut pun bisa tampak tebal mengembang.

Produk-produk yang mengandung volumizing ini terdapat pada gel, serum, spray, mousse, dan leave-in hair treatment lainnya. Produk tersebut sangat efektif mengangkat rambut untuk acara-acara khusus.

6. Minyak kelapa dan minyak zaitun

Gunakan minyak kelapa atau zaitun sebagai masker rambut. Caranya cukup mudah, tuangkan minyak secukupnya ke telapak tangan dan oleskan ke rambut secara merata.

Berikan pijatan lembut agar nutrisi yang terdapat pada minyak kelapa atau zaitun dapat terserap dengan baik. Setelahnya, tutup rambut menggunakan bungkus kepala atau shower cap setidaknya selama 15 menit atau lebih.

5 dari 6 halaman

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

7. Lidah buaya (aloe vera)

Memanfaatkan gel lidah buaya sebagai masker juga bisa dilakukan. Oleskan gel lidah buaya yang berwarna bening ke kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

8. Telur

Selain dikonsumsi, telur dapat digunakan sebagia masker rambut. Caranya, campurkan satu butir telur mentah dengan minyak zaitun dan oleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata. Biarkan selama satu jam dan keramas hingga bersih.

6 dari 6 halaman

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

9. Lemon

Caranya mudah, tinggal peras buah lemon, ambil airnya, dan oleskan air perasan lemon ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama 15 menit, sebelum dicuci bersih.

10. Bawang merah

Meski memiliki bau yang tajam, bawang merah bisa dimanfaatkan sebagai masker. Anda hanya perlu menghaluskan bawang merah secukupnya dan ambil air atau sarinya. Lalu, oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan sampo.

Namun, sebagian orang mungkin memiliki permukaan kulit kepala yang lebih sensitif sehingga bila terasa tidak nyaman atau perih, segera bilas hingga bersih.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi/Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 6/5/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer