Sukses


6 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bagi orang tua baru, cara mengeluarkan dahak pada bayi sudah patut dipahami dan diperhatikan. Dahak pada bayi bisa menganggu proses pernapasan dan menyusu.

Dahak biasanya muncul ketika sang buah hati terkena flu dan batuk. Penyakit-penyakit tersebut biasanya menyerang saat musim hujan tiba.

Ketika terdapat dahak dalam tubuh, bayi masih belum bisa mengeluarkannya sendiri. Ia hanya bisa menangis karena rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Itulah mengapa, sebagai orang tua patut sigap jika sang buah menangis terus karena dahak dalam tubuh. Cara mengeluarkan dahak pada bayi tak begitu sulit, namun Anda harus berhati-hati karena tubuh sang bayi masih rapuh.

Berikut cara mengeluarkan dahak pada bayi, disadur dari Liputan6 dan Klikdokter, Jumat (9/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

1. Memberikan asupan Cairan yang cukup

Satu di antara cara mengencerkan dahak pada bayi adalah memberikan asupan cairan yang cukup. Pasalnya jika asupan cairan tak mencukupi bisa membuat dahak makin kental dan sulit diserap.

2. Menghirup Uap

Pemberian uap dari air hangat juga bermanfaat untuk membantu mengencerkan dahak dalam saluran napas si Kecil. Anda bisa menyediakan sebuah baskom berisi air hangat, kemudian uapnya dihirup si Kecil. Ini adalah satu di antara cara tradisional untuk mengeluarkan dahak.

3 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

3. Tepuk punggunya

Baringkan si Kecil dengan posisi tengkurap pada pangkuan Anda. Lalu, posisikan kepalanya agar lebih rendah dibanding kakinya, kemudian tepuk-tepuk punggung si Kecil dengan lembut. Diharapkan cara ini akan membuat dahak turun dan keluar dari tenggorokannya.

4. Menghangatkan Tubuh Bayi

Tubuh yang hangat bisa membuat dahak pada bayi encer. Anda bisa memandikan bayi atau berendam beberapa saat di dalam air hangat agar tubuhnya menjadi hangat. Selain itu, bayi juga bisa dipakaikan baju hangat dan dioleskan minyak telon pada tubuhnya untuk menghangatkannya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

5. Berjemur di pagi hari

Cara mengeluarkan dahak pada bayi selanjutnya adalah berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan bayi. Bahkan sinar matahari pagi juga sangat bermanfaat untuk orang dewasa.

6. Berkonsultasi dengan dokter

Jika batuk berdahak tak kunjung sembuh atau si Kecil terlihat sesak, demam, lemas, tak mau menyusu, atau tampak biru-biru di badannya, Anda harus segera membawanya ke dokter.

Gejala-gejala tersebut sudah mengarahkan ke infeksi saluran pernapasan yang lebih berat, seperti pneumonia atau serangan asma.

 

 

Disadur: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi/Editor: Nanang Fahrudin.Published: 17/6/2021), Klikdokter.com (Published: 18/9/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer