Sukses


Cara Mengembalikan Indra Penciuman yang Hilang akibat COVID-19

Bola.com, Jakarta - Saat seseorang terpapar COVID-19, ada yang tanpa gejala (OTG) maupun disertai dengan gejala. Ada beberapa gejala yang dialami pengidap COVID-19.

Satu di antara gejala yang sering dialami ialah hilangnya indra penciuman atau anosmia. Hidung tidak dapat berfungsi dengan normal untuk mendeteksi bau.

Meski tak separah gejala lain, seperti demam atau sesak napas, hilangnya indra penciuman tersebut tentu sangat mengganggu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang akibat COVID-19.

Hal tersebut sebagai antisipasi, apabila diri sendiri atau orang terdekat mengalami gangguan pada indra penciuman.

Cara mengembalikan indra penciuman dan perasa bisa dengan bahan alami yang ada di sekitar kita, seperti mencoba makanan yang memiliki rasa kuat hingga memakai minyak esensial, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini rangkuman tentang cara mengembalikan indra penciuman yang hilang akibat COVID-19, seperti dilansir dari RS-alirsyadsurabaya.co.id, Sabtu (10/7/2021).

2 dari 4 halaman

Air Garam dan Jahe

Pakai Larutan Air Garam

Untuk memulihkan indra penciuman bisa menggunakan larutan air garam. Caranya dengan membilas rongga hidung menggunakan larutan air garam.

Cara ini dapat dilakukan untuk memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat infeksi atau alergi.

Jahe

Jahe sudah dikenal sejak lama mampu mengatasi berbagai penyakit bawaan virus seperti influenza dan flu burung. Sekarang, gejala COVID-19 dapat dikurangi memakai jahe.

Kandungan gingergol dalam jahe memberikan aroma dan rasa jahe yang khas bisa membantu merangsang indra penciuman. Anda bisa mengonsumsi jahe secara langsung maupun diseduh untuk mengembalikan indra penciuman.

3 dari 4 halaman

Bawang Putih dan Berhenti Merokok

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba. Bumbu dapur satu ini bisa membantu melegakan saluran hidung dan mengembalikan indra penciuman. Anda bisa meminum air rebusan bawang putih sambil menghirup aromanya secara rutin.

Selain itu, bawang putih bisa menjadi imun-booster selama isolasi mandiri di tengah pandemi seperti sekarang. Rempah-rempah ini bisa membantu meningkatkan imun tubuh lebih cepat.

Berhenti Merokok

Terutama bagi para perokok, berhenti merokok merupakan cara mengembalikan indra penciuman yang patut dicoba. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat mengganggu kepekaan indra penciuman.

4 dari 4 halaman

Terapi Bau

Cara mengembalikan indra penciuman secara alami bisa dilakukan dengan terapi bau. Hal tersebut tentu untuk mengasah kepekaan. Terapi indra penciuman tersebut biasanya dilakukan dengan menggunakan minyak esensial.

Minyak esensial atau minyak atsiri merupakan senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan dan diperoleh melalui proses penyulingan. Minyak ini memang diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Untuk mengatasi hilangnya indra penciuman, Anda bisa melakukan latihan penciuman dengan menghirup minyak esensial selama 20-40 detik dan lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

 

Sumber: situs RS Al-Isryad Surabaya

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer