Sukses


10 Manfaat Berkurban yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Hari Raya Iduladha 2021 jatuh pada Selasa (20/7/2021). Bagi umat Muslim, Hari Raya Iduladha sudah dinantikan kehadirannya.

Pada Hari Raya Iduladha semua umat Muslim bersukacita saling berbagi serta menikmati lezatnya daging hewan ternak sudah dikurbankan.

Kata kurban berasal dari Bahasa Arab, yakni Qariba yang berarti dekat atau mendekatkan. Sementara secara harfiah, kurban memiliki arti hewan sembelihan.

Hewan yang dapat dikurbankan ialah kambing, domba, sapi, dan unta dengan maksud mendekatkan diri melaksanakan perintah dari Allah SWT seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS.

Menyembelih hewan kurban hukumnya adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun, apabila belum mampu untuk membeli hewan ternak, jangan sampai memaksakan diri. Hal tersebut sesuai QS. Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi:

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih kurban, supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah SWT kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah."

Tak sekadar merayakan Iduladha, lebih dari itu, berkurban memberikan manfaat yang tidak ditemukan pada jenis ibadah lainnya.

Berikut ini penjelasan perihal manfaat luar biasa berkurban, yang perlu diketahui umat Muslim, dilansir dari laman Dalamislam, Sabtu (17/7/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Luar Biasa tentang Berkurban

1. Menambah rasa syukur dan cinta kepada Allah SWT

Berkurban merupakan satu di antara bentuk kecintaan seorang hamba kepada Allah SWT. Ketika melakukan kurban, Anda akan jauh lebih bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada Anda.

2. Ciri seorang Muslim

Kewajiban berkurban bagi yang telah mampu merupakan satu di antara ajaran Islam. Dengan berkurban, hal ini turut menunjukkan ke-Islaman kita. Bahkan beberapa penganut agama lain kagum melihat ajaran Islam yang selalu berbagi.

3. Memupuk rasa peduli sesama

Berkurban bukan hanya sekadar menyembelih hewan untuk dimakan, tetapi juga tentang berbagi pada mereka yang kurang mampu sehingga mereka juga dapat merasakan nikmatnya makan daging yang sangat jarang, atau bahkan tidak pernah mereka rasakan.

4. Bekal di hari akhir

Dengan berkurban, Anda akan mendapat bekal untuk di hari akhir nanti. Anda akan mendapat ganjaran pahala yang besar atas pengorbanannya berbagi pada orang di sekitarnya. Tetapi, hanya bagi mereka yang ikhlas berkurban karena Allah SWT, bukan berkurban lantaran mengejar pujian.

5. Mendapatkan ampunan

Berkurban dapat menolong kita untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT, sebagaimana dalam sebuah riwayat HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban:

"Hai Fatimah,berdirilah di sisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu."

3 dari 3 halaman

Manfaat Luar Biasa tentang Berkurban

6. Mensucikan harta dan jiwa

Ibadah berkurban adalah satu di antara ibadah yang disukai dan dimuliakan oleh Allah SWT. Bagi mereka yang mampu, berkurban tak hanya menjadi momen berbagi, namun dengan berkurban, Anda telah membersihkan harta dari yang bukan hak Anda sekaligus menyucikan jiwa dari penyakit hati, seperti pelit dan dengki.

7. Kemudahan di hari akhir

Di hari akhir, hewan kurban yang Anda sembelih di dunia akan menolong Anda karena keikhlasan Anda dalam berkurban. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih haiwan kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu” (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

8. Mempererat silaturahmi

Berkurban mempererat tali silaturahmi antarsaudara, tetangga, dan kerabat. Dengan berkurban, hubungan dengan orang yang berkurban dan penerima kurban akan makin baik dan erat. Begitu pula dengan seluruh orang atau masyarakat yang saling berkumpul di tempat penyembelihan hewan kurban.

9. Hidup menjadi lebih berkah

Ketika darah pertama menetes, akan ada perasaan sangat bersyukur atas segala nikmat Allah SWT. Hidup pun menjadi lebih berkah karena harta dan jiwa telah disucikan dengan berkurban.

10. Meneladani Nabi Ibrahim AS.

Berkurban menjadi satu di antara teladan yang disampaikan oleh Nabi Ibrahim AS. Bentuk kecintaan yang tertinggi kepada Allah SWT.

 

Sumber: Dalamislam

Video Populer

Foto Populer