Sukses


Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona penyebab COVID-19 sudah melanda lebih dari satu tahun lamanya, terutama di Indonesia. Hingga saat ini jumlah pasien positif COVID-19 masih bertambah.

Adanya virus corona menjadi pandemi dunia, memicu perubahan besar perilaku manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Masyarakat harus terbiasa dengan kebiasaan baru akibat pandemi.

Di Indonesia, pemerintah memberi imbauan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat. Saat masa PPKM Darurat, masyarakat diminta untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah.

Bagi sebagian orang, hal tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental serta psikis, seperti depresi, stress, insomnia, hingga curiga berlebihan kepada orang lain di sekitarnya yang sakit.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental di tengah pandemi virus corona COVID-19?

Berikut ini rangkuman mengenai cara menjaga kesehatan mental di tengah pandemi COVID-19, seperti dikutip dari laman Ners.unair.ac.id, Rabu (13/7/2021). 

2 dari 7 halaman

1. Bijak Menyaring Informasi

Pertama, untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ialah membatasi berita terkait kondisi saat ini. Anda bisa membatasi waktu membaca atau menonton yang tidak membuat Anda lebih baik.

Selain itu, bisa memilah berita yang sudah tersebar luas, dan tidak mudah percaya dengan kabar yang ada. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghindarkan diri dari tekanan berita-berita yang ada.

3 dari 7 halaman

2. Membatasi Penggunaan Sosial Media

Anda bisa memutuskan tidak aktif bersosial media terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat Anda tidak terkontaminasi dari berita-berita yang tidak baik untuk kesehatan mental.

Namun, hal ini sifatnya sementara karena Anda juga perlu update berita yang ada. Pilihan kegiatan lain selama nonaktif dari media sosial adalah membaca buku, atau mencoba hobi-hobi yang selama ini belum sempat terlaksana.

4 dari 7 halaman

3. Menjaga Kebersihan Diri

Kemudian, cara lain yang bisa Anda terapkan untuk tetap bisa menjaga kesehatan mental adalah menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan.

Pastikan, sehabis menyentuh permukaan benda, Anda segera mencuci tangan dengan sabun. Seperti diketahui, mencuci tangan dengan sabun merupakan cara efektif untuk menekan infeksi virus corona.

Saat berada di luar rumah karena keadaan yang penting, pastikan Anda membawa hand sanitizer untuk tetap menjaga tangan Anda bersih.

5 dari 7 halaman

4. Melalukan Physical Distancing

Saat dalam keadaan genting atau darurat mesti keluar rumah, pastikan Anda menerapkan aturan menjaga jarak dengan orang lain, semisal ketika harus antre di minimarket.

Gunakan masker dan berusaha tidak menyentuh bagian apa pun yang ada di wajah sebelum memastikan kalau tangan Anda bersih.

6 dari 7 halaman

5. Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Vit

Kelelahan membuka peluang untuk tubuh Anda kehilangan daya tahan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya rrutin mengonsumsi makanan bernutrisi serta mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C.

Hal tersebut bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar terus optimal. Jika daya tahan tubuh Anda fit, Anda bisa terhindar dari paparan virus.

7 dari 7 halaman

6. Menjaga Komunikasi dengan Keluarga dan Sahabat

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, dan teman, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Anda bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang sedang Anda rasakan.

Hal tersebut bisa mengurangi tekananan dan bisa lebih tenang. Rasa takut dan cemas memang normal dirasakan selama masa pandemi.

Namun, coba untuk selalu berpikir positif dan bersyukur. Jika stres dan ketakutan yang Anda alami terasa sangat berat, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

 

Sumber: Unair.ac.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer