Sukses


11 Cara Cepat Mengecilkan Pipi Secara Alami, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Cara mengecilkan pipi secara alami terbilang cukup mudah dipraktikkan di rumah. Asal Anda telaten atau rutin melakukannya, Anda bisa mendapatkan hasilnya.

Pipi yang terlihat tembem atau sedikit besar biasanya akan mengurangi kepercayaan diri, terlebih bagi kaum wanita yang memperhatikan penampilan.

Itulah mengapa, banyak yang berusaha mencari cara mengecilkan pipi, termasuk secara medis atau mengonsumsi obat-obatan.

Cara tersebut berisiko dan obat-obatan yang mengandung bahan kimia terkadang tidak cocok untuk semua orang. Belum lagi cara ini bakal menguras kocek Anda.

Ada cara lain untuk mengecilkan pipi yang tembem, yang ampuh dan terbilang minim risiko dibandingkan cara medis maupun obat-obatan, yaitu menggunakan cara alami.

Selain cenderung tidak memiliki efek samping, keunggulan mengecllkan pipi secara alami lainnya ialah memiliki risiko, tidak memerlukan banyak biaya dan Anda dapat melakukannya kapan saja serta di mana saja.

Berikut 11 cara cepat mengecilkan pipi secara alami, seperti dikutip dari Healthline dan Greatist, Jumat (16/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

1. Minum Lebih Banyak Air

Minum air penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk jika Anda ingin mengecilkan pipi atau menghilangkan lemak di wajah. Studi menunjukkan bahwa air dapat membuat Anda merasa kenyang dan membantu menurunkan kadar lemak.

Selain itu, minum air sebelum makan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan sehingga dapat membantu mengecilkan pipi secara alami.

2. Memijat wajah

Memijat wajah sangat efektif sebagai cara mengecilkan pipi secara alami. Dengan melakukan pijatan wajah ini akan membantu mengurangi lemak pada wajah.

Caranya mudah saja. Oleskan minyak yang diperuntukkan bagi muka sebagai pelicin. Kemudian lakukan gerakan memutar menggunakan jari telunjuk dan jari tengah mulai dari pipi bawah ke pipi atas lalu kembali lagi. Lakukan selama 15 menit dan secara rutin setiap harinya.

3. Kardio

Seringkali penumpukan lemak di wajah adalah hasil dari kelebihan lemak di tubuh. Untuk menguranginya secara keseluruhan, Anda dapat melakukan olahraga kardio.

Kardio dan aerobik menjadi beberapa aktivitas fisik yang dipercaya efektif dalam membantu menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Terlebih lagi bagi Anda yang mengalami obesitas, melakukan kardio selama 30-45 menit dalam sehari dapat membakar lemak secara keseluruhan.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

4. Mengunyah Permen karet

Cara mengecilkan pipi secara alami berikut ini juga mudah. Anda hanya perlu rutin mengunyah permen karet setiap hari. Kunyah permen karet selama 20 menit, dua kali sehari. 

Akan tetapi, pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula karena gula yang terkandung dalam permen karet biasanya dapat menambah kalori di dalam tubuh. Cob pilih permen karet dengan rasa alami, seperti herbal atau mint.

5. Kurangi Konsumsi Alkohol

Alkohol mengandung zat inflamasi yang ketika dicampur dengan bahan-bahan manis serta berkarbonasi, dapat menyebabkan kembung dan retensi cairan, yang berakibat menumpuknya lemak pada wajah.

Selain itu, kandungan kalori dalam alkohol yang terbilang tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak makin cepat bertambah. Mengurangi konsumsi alkohol dapat membantu Anda menurunkan kalori dalam tubuh dan membantu mengecilkan pipi.

6. Gerakan Smiling Fish

Smiling fish merupakan gerakan senam wajah yang efektif sebagai cara mengecilkan pipi lebar secara alami dan cepat.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menjepit lemak pipi ke dalam menggunakan gigi atau seperti menyedot pipi ke dalam dan membuat wajah ikan. Sembari mencoba untuk tersenyum, tahan posisi ini selama 15 detik dan ulangi hingga 5 kali.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

7. Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat menjadi satu di antara cara ampuh untuk mengecilkan pipi. Makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi serta vitamin dapat memperkuat sistem metabolisme dan mengurangi lemak dalam tubuh.

Coba masukkan salad sayuran atau buah ke menu makanan sehari-hari, dan kurangi berbagai makanan mengandung banyak kalori dan lemak buatan, yang dapat membuat pipi Anda menjadi terlihat makin besar.

8. Kurangi Mengonsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan, seperti kue, biskuit, dan pasta merupakan penyebab umum kenaikan berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak. Karbohidrat ini telah banyak diproses, menghilangkan nutrisi dan seratnya yang bermanfaat dan hanya menyisakan gula serta kalori.

Lantaran mengandung sangat sedikit serat, mereka dicerna dengan cepat, menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan risiko makan berlebihan yang lebih tinggi. Coba ganti jenis makanan tersebut dengan biji-bijian yang dapat membantu untuk mengecilkan pipi.

9. Tidur Cukup

Waktu tidur malam yang kurang dari lima jam sehari dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan penumpukan lemak. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol, hormon stres yang memiliki banyak potensi efek samping, termasuk penambahan berat badan.

Itulah mengapa, tidur yang cukup dapat membantu Anda meningkatkan penurunan lemak wajah. Idealnya, usahakan untuk tidur setidaknya delapan jam per malam untuk membantu mengontrol berat badan dan mengecilkan pipi.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

10. Mengonsumsi Makanan Berserat

Tingkatkan konsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat adalah senyawa dalam makanan nabati yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan Anda.

Meningkatkan asupan serat dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mendorong penurunan berat badan serta penurunan lemak, yang dapat membantu mengecilkan pipi.

Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah. Idealnya, Anda harus mengonsumsi setidaknya 25–38 gram serat per hari dari sumber makanan ini.

11. Peregangan Wajah

Cara lain untuk mengecilkan pipi selanjutnya adalah dengan meregangkan wajah. Maksudnya adalah memberi sensasi rileks pada wajah.

Caranya, dengan menekan halus wajah memakai jari telunjuk dan jari tengah, mulai hidung digerakkan menuju telinga. Lakukan bersamaan dengan bibir yang membentuk duck face. Lakukan dengan rutin setiap hari paling tidak selama 15 menit.

 

Sumber: Healthline, Greatist

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer