Sukses


10 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Bisa Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Sama seperti jantung dan otak, menjaga kesehatan ginjal menjadi hal yang harus Anda perhatikan secara rutin mengingat fungsi ginjal sangat krusial bagi tubuh.

Selain bertugas menyaring racun dari dalam darah, ginjal memiliki tugas penting lainnya, seperti penyerapan air, mengatur tekanan darah, dan mengendalikan keasaaman dalam tubuh.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, satu di antaranya jarang minum air putih.

Ginjal yang telah sakit atau mengalami masalah akan berakibat fatal kepada fungsi organ tubuh secara keseluruhan, dan buruh waktu yang lama untuk mengobatinya.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti mengurangi konsumsi alkohol dan melakukan aktivitas fisik.

Agar ginjal tetap dalam keadaan sehat, perlu mendapatkan berbagai nutrisi dengan takaran sesuai serta menjauhi berbagai makanan yang berisiko merusak ginjal.

Mengonsumsi beberapa makanan sehat dan memiliki nutrisi yang banyak, seperti apel dan paprika, bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

Berikut 10 cara menjaga kesehatan ginjal, yang bisa Anda coba terapkan dalam keseharian, seperti dikutip dari Healthline dan NDTV, Rabu (21/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Rajin Meminum Air Putih

Hidrasi yang tepat penting untuk kesehatan ginjal. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup air, ginjal menjadi kering, menyebabkan ginjal menyerap racun daripada mengeluarkannya.

Hidrasi yang tidak mencukupi selanjutnya menyebabkan retensi air karena ginjal tidak dapat mengeluarkan cairan seperti biasanya.

Para ahli merekomendasikan minum antara enam hingga delapan gelas air setiap hari. Perlu diingat, jumlah itu perlu ditingkatkan dalam kondisi seperti cuaca panas atau saat melakukan aktivitas fisik yang berat.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Tidak perlu lari maraton atau berlari mengelilingi stadion untuk meningkatkan fungsi ginjal. Berjalan-jalan setelah makan malam adalah awal bagus untuk menjadi lebih aktif.

Cari cara untuk meningkatkan gerakan setiap hari. Anda dapat mencoba naik-turun tangga, berlari kecil mengelilingi komplek, bersepeda, dan berenang. Berbagai kegiatan fisik tersebut bagus untuk kesehatan ginjal Anda.

3. Kurangi Konsumsi Alkohol

Yang terbaik adalah menahan diri dari alkohol. Orang yang ingin minum alkohol lebih sering, disarankan untuk membatasi asupan satu gelas sehari untuk wanita dan satu sampai dua gelas sehari untuk pria.

Jika Anda dapat menghilangkan minuman alkohol secara total dari kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat membuat ginjal menjadi lebih sehat dan bekerja dengan normal.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

4. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok mengganggu pembuluh darah di mana alirannya ke seluruh tubuh, termasuk ginjal, bisa tersendat. Merokok juga bisa meningkatkan risiko kanker. Jadi, lebih baik segera berhenti dari kebiasaan buruk satu ini.

Jika Anda kesulitan berhenti merokok, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan beberapa cara tepat yang membantu Anda terlepas dari kebiasaan merokok.

5. Kendalikan Gula Darah

Orang dengan diabetes atau suatu kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda.

Namun, jika Anda dapat mengontrol gula darah, Anda mengurangi risiko kerusakan. Hal itu menyebabkan pengidap diabetes lebih rentan mengalami sakit ginjal. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengontrol jumlah gula darah agar kondisi Anda tak makin parah.

6. Awasi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi dengan masalah kesehatan lain, seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh Anda bisa signifikan.

Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan ginjal bekerja lembur. Pantau tekanan darah secara teratur, dan patuhi obat yang direkomendasikan yang diresepkan oleh dokter.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

7. Mengonsumsi Paprika

Paprika kaya kandungan vitamin A dan vitamin C, dengan manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang ampuh.

Paprika merah baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal karena mengandung kadar kalium rendah. Mengonsumsi paprika merah dapat membantu ginjal melakukan fungsi penyerapan nutrisi dan meningkatkan metabolisme tubuh.

8. Mengonsumsi Bawang

Mengonsumi bawang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Bawang putih memiliki efek antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan darah dalam tubuh.

Hal tersebut membantu ginjal untuk mengeluarkan berbagai zat yang tidak diinginkan dan diperlukan oleh tubuh, atau dapat membersihkan sistem dalam saluran darah.

Konsumsi bawang secara rutin. Anda dapat mencampurkannya dengan berbagai masakan, namun yang terbaik adalah memakannya dalam keadaan mentah.

9. Mengonsumsi Apel

Mengonsumsi apel sebagai camilan tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, namun juga bermanfaat mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan ginjal.

Apel kaya kandungan serat dan antioksidan. Keduanya membantu tubuh menurunkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, kolseterol, dan diabetes.

Penyakit diabetes akan membahayakan bagi seseorang yang memiliki masalah ginjal sehingga mengonsumsi apel secara rutin akan membantu menyehatkan ginjal.

10. Mengonsumsi Oats

Oat merupakan sumber makanan yang terbuat dari gandum utuh, yang mengandung banyak serat. Oats mengandung beta glukan, yang merupakan serat larut penting.

Oats makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal karena dapat membantu menurunkan risiko munculnya batu ginjal. Oats biasanya dikonsumsi saat sarapan dan dapat membantu perut untuk kenyang dengan waktu yang lama.

 

Sumber: Healthline, NDTV

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer