Sukses


Cara Menghitung Diskon Secara Cepat, Mudah, dan Praktis

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, berbelanja merupakan satu di antara aktivitas yang menyenangkan. Terlebih lagi jika barang yang akan dibeli harganya murah atau sedang diskon.

Diskon adalah pengurangan harga tercatat yang ditawarkan pihak penjual ke pihak pembeli saat berbelanja.

Hal tersebut merupakan satu di antara strategi pemasaran yang sering ditemui di toko online maupun offline untuk menarik minat masyarakat dalam membeli produk.

Biasanya, saat menyambut hari-hari besar seperti perayaan Natal, Lebaran atau momen tertentu, toko online maupun offline menawarkan ragam promo berupa diskon untuk menarik minat konsumen berbelanja.

Namun, besaran diskon terkadang sulit dihitung secara cepat sehingga bisa membuat pembeli bingung membandingkan mana penawaran yang lebih menguntungkan.

Tak jarang ada penawaran yang terlihat lebih besar, padahal keuntungan yang didapat pembeli sebenarnya sama saja.

Maka dari itu, bagi kamu yang hobi belanja, penting untuk bisa menghitung diskon yang tertera.

Berikut ini rangkuman tentang cara menghitung diskon secara cepat dan benar, seperti dilansir dari laman superapp.id, Senin (26/7/2021).

2 dari 5 halaman

1. Diskon …% atau …% off

Model diskon ini bisa langsung dihitung dengan mudah. Adapun caranya, besaran diskon/100 X harga sebelum diskon.

Sebuah merek baju terkenal dibanderol dengan harga Rp300 ribu, penjual atau toko memberi diskon sebesar 40 persen atau 40 persen off.

Jadi, pertama mencari 40 persen dari 300.000 yaitu, 40/100x300.000 = 120.000

Maka keuntungan yang didapatkan pembeli adalah Rp120 ribu sehingga harga akhir yang harus dibayarkan adalah Rp300 ribu - (40 persen X 300 ribu) = Rp 180 ribu.

3 dari 5 halaman

2. Diskon …% + …%

Format yang paling sering dari diskon model ini adalah 50 persen + 20 persen. Hasil akhir diskon bukan 70 persen, tetapi barang didiskon 50 persen dulu. Hasilnya kemudian didiskon lagi 20 persen.

Jadi, diskon akhir dari baju seharga Rp 300 ribu kalau dinyatakan diskon 50 persen + 20 persen, adalah sebagai berikut:

Diskon pertama 50 persen X Rp 300 ribu = Rp 150 ribu (dihitung menggunakan cara sebelumnya/di atas), kemudian ditambah lagi diskon kedua sebesar 20 persen dari Rp 150 ribu = Rp 30 ribu.

Jadi total diskon yang didapatkan pembeli adalah Rp 150 ribu + Rp 30 ribu = Rp 180. Oleh karena itu harga yang harus dibayarkan di kasir adalah Rp300 ribu-Rp 180 ribu = Rp 120 ribu.

4 dari 5 halaman

3. Diskon Buy 3 Get 2 Free

Jenis diskon satu ini merupakan satu di antara cara memberi diskon pada pelanggan dengan cara lainnya. Ada contoh sebuah barang memiliki tulisan 'Buy 1 Get 1 Free' atau 'Buy 3 Get 2 Free'.

Maka bisanya seseorang akan berpikir mendapatkan dua barang dengan harga satu barang atau mendapatkan lima barang dengan harga tiga barang. Namun, sebenarnya barang tersebut sudah mendapatkan harga diskon.

Contohnya jika terdapat barang yang memiliki tulisan 'Buy 3 Get 2 Free', berikut cara menghitung diskonnya.

Pembeli hanya perlu menjumlahkan total harga barang, misalnya harga awalnya adalah Rp200ribu, maka 200.000 x 3 = 600,000. Dengan membayar Rp600 ribu tersebut pembeli akan mendapatkan lima jenis barang dengan nilai 5 x 200 Ribu = 1 juta rupiah.

Dengan melihat cara menghitung diskon di atas, pembeli sama saja mendapatkan keuntungan/diskon sebesar Rp400 ribu.

5 dari 5 halaman

4. Promo Cashback

Biasanya promo cashback berupa voucher atau uang virtual. Orang yang kurang mengerti biasanya akan mengira cashback akan mendapatkan uang tunai, padahal mereka memberikan sejumlah voucher untuk pembelian selanjutnya.

Hal tersebut merupakan cara yang pintar sebuah toko agar konsumen terus belanja di toko tersebut.

Namun, dalam cashback biasanya terdapat syarat pembelian tertentu misal pembelian barang minimal sejumlah 150 ribu rupiah maka akan mendapatkan cashback 50 ribu rupiah atau poin yang bisa ditukarkan.

Selain itu biasanya cashback memiliki masa berlaku, baik satu minggu, satu bulan tergantung dengan kebijakan toko.

 

Sumber: Superapp

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer