Sukses


Tips Aman Berobat ke Rumah Sakit di Masa Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Selama masa pandemi COVID-19, pemerintah Indonesia memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, terutama jika hal tersebut bersinggungan dengan banyak orang atau berada dalam kerumunan.

Namun, saat kita merasa sakit atau perlu mendapat layanan kesehatan, tentu hal ini harus mendapat penanganan segera. Mau tidak mau kita harus pergi ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Kebanyakan rumah sakit sudah menerapkan protokol kesehatan. Petugas yang ada di rumah sakit biasanya mengenakan masker, face shield, maupun alat pelindung diri (APD).

Selain itu disediakan pula hand sanitizer maupun sabun cuci tangan. Tempat duduk untuk ruang registrasi dan ruang pemeriksaan juga biasanya sudah diatur sesuai protokol kesehatan.

Akan tetapi, sikap kewaspadaan terhadap paparan COVID-19 tetap harus ditekankan. Untuk itulah, bagi yang terpaksa harus ke rumah sakit guna berobat perlu mengetahui tips dan cara aman datang ke rumah sakit saat masa pandemi.

Berikut ini rangkuman tentang tips aman berobat ke rumah di masa pandemi COVID-19, yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/7/2021).

2 dari 3 halaman

Tips Berobat ke Rumah Sakit

1. Datang sendiri atau dengan satu pendamping

Jika memungkinkan untuk datang sendiri sebaiknya datang sendiri untuk menghindari kerumuman.

Sementara, bagi anak-anak dan orang tua dengan keterbatasan fisik tentunya membutuhkan pendampingan. Jika memungkinkan, cukup satu pendamping saja.

2. Pendamping harus dalam kondisi sehat

Jika sedang dalam kondisi tidak sehat atau sakit, seperti demam, batuk, pilek sebaiknya tinggal di rumah dan tidak mendampingi orang lain berobat.

3. Tidak membuka masker di area rumah sakit

Jangan membuka masker dan makan di area RS, kecuali minum obat atau pemerikasaan yang membutuhkan buka mulut.

Jadi, sebisa mungkin, sebelum datang ke rumah sakit makan dan minum terlebih dahulu.

4. Lakukan perjanjian terlebih dahulu agar tidak mengantre terlalu lama

Saat ini hampir semua rumah sakit sudah menerapkan sistem pendaftaran beberapa hari sebelumnya. Tujuannya untuk mempermudah pengaturan jam konsultasi pasien sehingga pasien tidak terlalu lama antre.

Jika sudah janjian, datanglah tepat waktu sesuai jam yang sudah disepakati.

3 dari 3 halaman

Tips Berobat ke Rumah Sakit

5. Bawa Hasil Pemeriksaan

Kumpulkan berkas pemeriksaan yang sudah pernah dilakukan. Contohnya hasil pemeriksaan darah dan hasil foto radiologi. Dokter biasanya membutuhkan data lama tersebut.

6. Siapkan Pertanyaan

Agar konsultasi lebih efektif, siapkan terlebih dahulu dari rumah. Kalau perlu catat di kertas atau HP.

7. Gunakan Masker yang Benar

Saat datang ke rumah sakit, gunakan masker bedah yang dilapisi masker kain di bagian luar. Masker harus terpasang erat, menutupi hidung dan mulut.

Jika ada, bisa ditambahkan face shield. Namun, jangan hanya face shield saja, harus beserta masker bedah/kain.

8. Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan

Saat berada di rumah sakit, sebisa mungkin jaga jarak dengan pasien lain minimal 2 meter. Hindari kerumunan dan patuhi aturan rumah sakit perihal jarak antre.

Perhatikan tempat duduk saat menunggu, jangan sampai berdesak-desakan.

3 Gol Terbaik BRI Liga 1, Salah Satunya Tendangan Spektakuler Irsyad Maulana

Video Populer

Foto Populer