Sukses


9 Cara Sederhana Mengatasi Migrain tanpa Obat

Bola.com, Jakarta - Migrain adalah nyeri yang terjadi pada kepala dan biasanya dirasakan secara berulang-ulang dan dapat berlangsung selama 4-24 jam. Maka itu, Anda perlu tahu cara mengatasi migrain.

Migrain biasanya menyerang pada satu bagian sisi kepala, sifatnya berdenyut dengan intensitas ringan hingga berat dan disertai mual serta muntah.

Seseorang yang terkena migrain akan sangat sensitif dengan suara dan cahaya karena kedua hal tersebut dapat memengaruhi nyeri yang dirasakan.

Sakit kepala karena migrain bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, karena saat penyakit ini muncul seseorang akan lemas bahkan tidak dapat membuka mata karena pandangan yang kabur.

Migrain muncul karena adanya gangguan pada saraf, yang bisa dipicu oleh berbagai hal termasuk pola hidup yang tidak sehat.

Selain dapat mendatangi dokter atau mengonsumsi obat, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi migrain tanpa menggunakan obat atau secara alami.

Berikut sembilan cara sederhana mengatasi migrain tanpa obat, seperti dikutip dari Verywellhealth dan Healthline, Kamis (29/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Sederhana Mengatasi Migrain Tanpa Obat

1. Minum Jahe Hangat

Ingin cepat mengatasi migrain tanpa pergi ke dokter? gunakan saja jahe hangat. Jahe satu di antara rempah-rempah dapur yang dapat mengobati banyak penyakit, termasuk migrain.

Jahe dikenal dapat meredakan mual yang disebabkan oleh banyak kondisi, termasuk migrain. Jahe mungkin juga memiliki manfaat lainnya, seperti membuat rileks pada otot kepala. Meminum jahe hangat memiliki efek samping yang lebih sedikit.

2. Perbaiki Pola Makan

Cara mengatasi migrain selanjutnya adalah mengubah kebiasaan makan. Sebaiknya jangan abaikan waktu makan dan makanlah pada jam yang sama setiap hari.

Hindari makanan yang bisa memicu terjadinya migrain. Lebih baik lagi kalau Anda mencatat makanan apa saja yang Anda konsumsi dan apakah ada satu di antaranya yang menyebabkan migrain. 

3. Oleskan Minyak Lavender

Menghirup minyak esensial lavender dapat meredakan nyeri migrain. Menurut beberapa penelitian, orang yang menghirup minyak lavender selama serangan migrain selama 15 menit, mengalami kelegaan lebih cepat daripada mereka yang menghirup plasebo.

Minyak lavender dapat dihirup langsung atau dioleskan ke pelipis.

3 dari 4 halaman

Cara Sederhana Mengatasi Migrain Tanpa Obat

4. Istirahat yang Cukup

Migrain membuat Anda mengalami kesulitan tidur, bahkan sering membuat Anda terbangun di tengah malam. Di sisi lain, beberapa kasus migrain terjadi karena waktu tidur malam yang buruk.

Maka itu, mulai saat ini terapkan pola tidur yang baik, terutama tidur malam. Jika Anda kesulitan memejamkan mata, coba untuk rileks, bisa dengan membaca buku atau mendengarkan musik. Hindari olahraga berat, makan berat, merokok, mengonsumsi alkohol, dan minum kopi sebelum tidur. 

5. Coba Akupresur

Akupresur adalah praktik memberikan tekanan dengan jari dan tangan ke titik-titik tertentu pada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala lainnya.

Akupresur terapi alternatif yang kredibel untuk orang yang kesakitan akibat sakit kepala kronis dan kondisi lainnya. Sebuah studi menemukan bahwa akupresur dapat membantu meredakan mual terkait migrain.

6. Lakukan Yoga

Yoga menggunakan pernapasan, meditasi, dan postur tubuh untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Melakukan yoga dapat meredakan frekuensi, durasi, dan intensitas migrain.

Yoga diiperkirakan dapat mengurangi kecemasan, melepaskan ketegangan di area pemicu migrain, dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

4 dari 4 halaman

Cara Sederhana Mengatasi Migrain Tanpa Obat

7. Konsumsi Kafein

Dalam jumlah sedikit, kafein dapat mengurangi nyeri, termasuk akibat migrain. Namun, berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein. Konsumsi kafein berlebihan justru akan menimbulkan sakit kepala setelah efeknya mulai menghilang.

8. Kompres dengan Air Hangat

Sebagian orang lebih suka menempelkan kantung berisi es di dahi atau di belakang leher untuk mengurangi rasa nyeri saat migrain. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan kompres dingin, Anda bisa menggantinya dengan kompres hangat.

Selain itu, mandi dengan air hangat dapat memberikan khasiat yang serupa.

9. Tetap Terhidrasi

Untuk menghindari sakit kepala dan migrain, Anda harus memastikan untuk tetap terhidrasi. Bagi sebagian orang, dehidrasi ringan pun bisa memicu sakit kepala. Jadi, minum banyak cairan sangat penting. Air adalah yang terbaik, Anda juga bisa menggantinya dengan jus buah tanpa tambahan pemanis.

 

Sumber: Verywellhealth, Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer