Sukses


10 Cara Alami Mengatasi Gusi Berdarah, Aman untuk Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Banyak orang yang kerap mengalami gusi berdarah. Secara umum, kondisi ini tidak begitu membahayakan. Namun, Anda perlu tahu cara mengatasinya agar tidak makin parah.

Gusi berdarah biasanya disebabkan menggosok gigi yang terlalu keras. Selain itu, ada beberaapa gangguan medis seperti peradangan, yang bisa menyebabkan gusi berdarah.

Jika tidak segera dihentikan atau diatasi, gusi berdarah bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan bakteri di dalam mulut yang terus berkembang.

Maka itu, masalah gusi berdarah tidak bisa dianggap sepele, makin cepat Anda mengatasi, makin jauh Anda memiliki risiko terkena penyakit mulut.

Pada kebanyakan kasus, pendarahan pada gusi dapat diatasi dengan mudah. Cara sederhana, sepert, menjaga kesehatan mulut serta kumur dengan air garam, membantu meredakan gusi berdarah.

Akan tetapi, jika pendarahan pada gusi tak kunjung berhenti selama beberapa hari, segera hubungi dokter dan meminta pengobatan.

Berikut 10 cara alami mengatasi gusi berdarah, yang mudah untuk dipraktikan di rumah, seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Selasa (3/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Gusi Berdarah

1. Gunakan Es Batu

Buatlah kompres menggunakan kain yang dicelupkan pada air dingin atau membungkus es batu dengan kain tersebut. Kompreskan pada bagian mulut yang mengalami pendarahan gusi.

Kompres es membantu menangani cedera mulut ringan yang disebabkan oleh pembengkakan atau pendarahan pada gusi. Gunakan es selama 10 menit atau hingga pendarahan berhenti.

2. Sikat Gigi Berlahan

Meski gusi sedang mengalami pendarahan, bukan berarti Anda absen menggosok gigi. Justru di kondisi ini Anda harus lebih sering membersihkan gigi dan mulut.

Namun, hindari menggosok terlalu keras dengan menggunakan tenaga super. Gusi yang sedang sensitif harus diperlakukan dengan hati-hati. Jika tidak, pendarahan gusi yang Anda alami akan makin parah.

3. Gunakan Kain Kasa

Kain kasa tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi luka pada permukaan tubuh saja. Kain kasa juga dapat membantu mengatasi gusi berdarah.

Tempelkan kain kasa pada bagian gusi yang berdarah, tekan selama beberapa saat hingga pendarahan berhenti. Buang kasa jika sudah dipenuhi dengan darah, dan ganti dengan yang baru jika masih membutuhkannya.

3 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Gusi Berdarah

4. Kumur dengan Air Garam

Membilas mulut dengan air garam dapat membantu mengurangi bakteri dan menghentikan pendarahan pada gusi. Menurut American Dental Association (ADA), Anda dapat membuat larutan garam oral dengan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat.

Sifat antiradang dan antibakteri yang dimiliki garam dapat membantu meredakan gusi yang terluka sekaligus menghindari infeksi di gusi makin parah.

Kumur-kumur garam di sekitar mulut untuk membersihkan area tersebut dan kemudian keluarkan cairannya.

5. Hindari Rokok

Merokok tidak hanya meningkatkan risiko kanker, tetapi juga menyebabkan penyakit gusi yang parah. Merokok merusak sistem kekebalan tubuh, hal ini berarti tubuh kurang mampu melawan bakteri yang secara alami menempel pada gusi.

Setelah gusi terluka, merokok mempersulit tubuh untuk menyembuhkan jaringannya. Berhenti merokok bermanfaat bagi seluruh tubuh serta dapat meningkatkan kesehatan mulut dan gusi secara menyeluruh. 

6. Batasi Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat dapat meningkatkan kesehatan gusi dan mencegah penyakit gusi. Karbohidrat dapat mendorong plak dan pertumbuhan bakteri. Makanan bertepung bisa menempel pada gigi dan gusi, lalu terurai menjadi gula.

Makin banyak plak yang menumpuk pada gusi, makin besar kemungkinan pendarahan pada gusi. Jauhi makanan berpati dan olahan termasuk roti olahan, kue, dan keripik kentang.

4 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Gusi Berdarah

7. Gunakan Kunyit

Kunyit memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi alami. Kurkumin pada kunyit serupa efek chlorhexidine dalam kebersihan mulut. Meski kunyit berwarna kuning, warna ini tidak akan menodai gigi selama Anda membilasnya setelah menggunakannya.

Mengoleskan pasta atau bubuk kunyit pada gusi dapat memperbaiki gejala gingivitis dan gusi berdarah. Terapkan cara ini selama beberapa kali, hingga darah berhenti keluar.

8. Konsumsi Vitamin C

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C bisa mengatasi gusi berdarah. Hal ini karena vitamin C membantu melawan infeksi gusi yang menyebabkan gusi berdarah. Kekurangan vitamin C menyebabkan gusi berdarah.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C juga memperkuat jaringan ikat dan melindungi lapisan gusi. Makanan yang mengandung vitamin C di antaranya jeruk, tomat, paprika, dan sayuran hijau.

9. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur antibakteri dapat mengobati dan mencegah gusi berdarah. Itu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan untuk menenangkan gusi yang sakit, bengkak, dan berdarah.

Obat kumur juga dapat mengobati dan mencegah radang gusi, yang merupakan penyebab umum gusi berdarah. 

10. Minum Teh Hijau

Minum teh hijau secara teratur membantu mencegah penyakit pada bagian mulut. Itu mengandung katekin, antioksidan alami yang dikenal untuk mengurangi peradangan.

Saat gusi berdarah, coba untuk berkumur terlebih dahulu menggunakan air hangat. Setelahnya, minum teh hijau yang diseduh dengan air panas dan tanpa tambahan gula.

 

Sumber: Medicalnewstoday

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer