Sukses


Makna dan Sejarah Bendera Sang Saka Merah Putih yang Pelu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Setiap kali kita menghadiri upacara, ada momen bendera Sang Saka Merah Putih dikibarkan. Terlebih kini telah memasuki bulan Agustus, di mana bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan, yang mewajibkan seluruh warga mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih.

Bendera Sang Saka Merah Putih adalah simbol atau identitas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ibu Fatmawati merupakan penjahit Sang Saka Merah Putih setelah kembali ke Jakarta dari pengasingannya di Bengkulu.

Bendera Sang Saka Merah Putih kali pertama dikibarkan secara resmi di Indonesia pada 17 Agustus 1945, saat Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia. Bendera Sang Saka Merah Putih memiliki nama lain, yaitu Sang Merah Putih, Merah Putih, dan Sang Dwiwarna.

Warna bendera Sang Saka Merah Putih mempunyai keterkaitan dengan era Kerajaan Majapahit. Kedua warna tersebut digunakan dalam gambar sembilan garis merah dan putih bendera Kerajaan Majapahit.

Kamu pasti sudah tahu kalau bendera Indonesia terdiri dari warna merah dan putih. Namun, apakah kamu sudah tahu makna warna bendera merah putih tersebut?

Berikut ini penjelasan tentang bendera Sang Saka Merah Putih, yang perlu kamu ketahui, dilansir dari laman Benderaindonesia, Kamis (5/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Makna Bendera Sang Saka Merah Putih bagi Indonesia

1. Makna Bendera Sang Saka Merah Putih bagi Indonesia

Warna merah dan putih yang digunakan dalam bendera RI, memiliki makna yang mendalam bagi negara Indonesia. Makna dari warna merah adalah berani atau keberanian manusia. Warna merah juga melambangkan sebagai warna dasar tubuh manusia, yang dialiri darah sejak lahir.

Sedangkan warna putih memiliki makna kesucian, yang menggambarkan warna roh manusia yang bersih.

Jika digabungkan, warna merah putih yang terdapat pada bendera nasional negara Indonesia ini memiliki banyak makna.

  • Menurut kaum Austronesia di masa lampau, merah putih memiliki arti langit dan bumi.
  • Menurut budaya Jawa Kuno, bendera merah putih bermakna sebagai simbol pemersatu lelaki dan perempuan.
  • Bagi negara Indonesia, bendera Sang Saka Merah Putih dijadikan sebagai simbol yang berani dan suci, dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, serta membawa maju negara Indonesia dengan penuh damai di dunia internasional.
3 dari 3 halaman

Sejarah Bendera Sang Saka Merah Putih

2. Sejarah Bendera Sang Saka Merah Putih

Pada abad ke-13, bendera Sang Saka Merah Putih digunakan Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri, dan Kerajaan Bugis Bone, sebagai lambang kebesaran dan panji kerajaan.

Pada 1928, bendera Sang Saka Merah Putih digunakan para pelajar, pemuda, dan kaum nasionalis, sebagai semangat juang melawan para penjajah Belanda.

Kemudian bendera Sang Saka Merah Putih dikibarkan pertama kali saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Bendera Sang Saka Merah Putih yang dijahit oleh ibu Fatmawati, istri dari Presiden Soekarno, dijadikan sebagai bendera nasional, setelah perang dunia kedua berakhir dan Indonesia merdeka.

 

Sumber: Benderaindonesia.com

Video Populer

Foto Populer