Sukses


7 Manfaat Mengagumkan Bangun Tidur Lebih Pagi

Bola.com, Jakarta - Bagi banyak orang, bangun pagi lebih awal adalah sebuah keharusan. Alasannya beragam, seperti menyiapkan pekerjaan maupun menyiapkan keperluan rumah tangga.

Di sisi lain, masih banyak yang enggan bangun pagi lebih pagi karena masih merasa nyaman menikmati waktu tidur.

Ada beberapa hal yang perlu ditekankan bagi Anda yang enggan bangun pagi. Satu di antaranya, bangun lebih pagi bisa memberikan efek sehat secara fisik maupun mental.

Produktivitas dalam melakukan kegiatan sehari-hari juga dipengaruhi oleh waktu bangun. Makin awal bangun, makin banyak hal yang dapat Anda lakukan.

Itulah mengapa, kita disarankan untuk tidak terlalu larut agar dapat bangun pagi lebih awal dan mendapatkan berbagai manfaat bangun pagi.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat bangun lebih pagi? Berikut tujuh manfaat mengagumkan bangun tidur lebih pagi, seperti dikutip dari Eachnight dan Healthline, Minggu (22/8/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Bangun Tidur Lebih Pagi

1. Memiliki Suasana Hati dan Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Orang yang bangun lebih awal memiliki pikiran yang lebih positif dibandingkan dengan orang yang suka tidur larut malam. Mereka didapati lebih optimistis, menyenangkan, teliti, dan puas dengan kehidupan. 

Wanita yang bangun pagi juga lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penyakit mental, seperti depresi atau kecemasan.

Orang yang bangun lebih awal biasanya juga tidur lebih awal. Ketika Anda tidur tujuh hingga sembilan jam seperti yang disarankan, tubuh dan pikiran Anda memiliki cukup waktu untuk memulihkan diri sehingga menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan Produktivitas

Banyak orang yang sukses menjalani hidup memiliki kebiasaan bangun lebih awal. Dengan bangun lebih awal, banyak yang dapat Anda lakukan dan persiapkan untuk menjalani hari.

Selain itu, bangun lebih awal dapat membuat otak lebih fokus karena di pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk otak melakukan tugasnya sehingga Anda dapat berkonsentrasi dengan lebih mudah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Bangun Tidur Lebih Pagi

3. Mendorong Pola Makan Sehat

Saat bangun lebih awal, Anda punya waktu untuk melakukan sarapan. Sarapan atau makan pagi merupakan hal penting karena dapat memengaruhi Anda dalam melewati hari.

Dengan sarapan, Anda akan mempunyai energi yang cukup untuk beraktivitas dan mengurangi risiko makan berlebihan ketika waktu makan siang tiba.

4. Menenangkan Pikiran

Saat bangun lebih awal, Anda akan mendapatkan situasi yang masih sepi dan tenang sehingga dapat melakukan meditasi untuk menenangkan diri dan pikiran.

Selain suasana yang tenang, udara pagi yang cenderung masih bersih dapat membantu Anda untuk melakukan meditasi sehingga suasana hati lebih tenang dan rileks.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Bangun Tidur Lebih Pagi

5. Dapat Berolahraga

Beberapa alasan mengapa orang malas melakukan olahraga adalah harus bangun lebih pagi atau lebih awal sehingga akhirnya jarang melakukan olahraga.

Ketika bangun lebih awal, banyak hal yang dapat Anda lakukan, satu di antaranya berolahraga. Melakukan aktivitas berolahraga secara rutin dapat menjaga tubuh tetap bugar dan sehat sepanjang waktu.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagun lebih awal dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal tersebut dapat terjadi karena orang yang bangun lebih awal biasanya memiliki siklus tidur yang teratur.

Dengan memiliki siklus tidur yang teratur, dapat meningkatkan kualitas tidur, khususnya di malam hari, sehingga badan bisa terjaga kesehatannya dan menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

7. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Saat bangun lebih awal, Anda tidak hanya bisa berolahraga dan mempersiapkan makanan yang lebih sehat sehingga dapat memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi. Saat berjemur di bawah sinar matahari pagi, Anda mendapatkan asupan vitamin D yang membantu tulang dan tubuh untuk menyerap kalsium.

 

Sumber: Eachnight, Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer