Sukses


MGPA Buka Pembicaraan dengan F1 untuk Gelar GP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Bola.com, Jakarta - CEO MGPA (Mandalika Grand Prix Association), Ricky Baheramsjah, mengatakan bahwa pihaknya telah berdiskusi dengan Formula 1 (F1) perihal GP Indonesia.

Diskusi yang dilakukan Ricky tentu saja mengani kans Sirkuit Mandalika menggelar F1. Saat ini pihaknya tengah mengupayakan agar sirkuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu lolos standar Grade 1 dari Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Sirkuit Mandalika bisa menjadi Grade-A FIA, yang akan mengakomodasi F1. Kami sudah berdiskusi dengan F1 di Lombok," kata Ricky dinukil dari Pitpass.

Ricky menuturkan, ada satu hal mengganjal di benak FIA, yakni perihal gravel. Padahal, itu adalah aspek penting dalam MotoGP.

"Mereka tidak menyukai jebakan gravel yang diperuntukkan di MotoGP. Tapi itu masalah kecil karena di bawah gravel itu hanyalah aspal, bisa diatasi," ujarnya lagi.

Saat ini Sirkuit Mandalika sedang dikebut penyelesaiannya agar bisa digunakan secara maksimal pada MotoGP 2022.

 

2 dari 3 halaman

Tantangan MGPA

Menggelar F1 di Sirkuit Mandalika adalah tantangan tersendiri, baik untuk F1 maupun MGPA. Apalagi fasilitas yang dibutuhkan lebih banyak ketimbang MotoGP.

Namun menurut Ricky, ada faktor non-teknis lain yang bisa jadi penunjang terlaksananya GP Indonesia di Sirkuit Mandalika. Ia optimistis saat Lombok sudah jadi destinasi wisata yang lebih komprehensif, bisa meyakinkan FIA untuk menggelar F1 di sana.

"Destinasi seperti Lombok akan menantang bagi F1. Tapi ketika Mandalika sudah lebih berkembang, maka itu kesempatan fantastis bagi F1 untuk jika ingin mencobanya. Untuk saat ini, kami fokus sepenuhnya pada balapan yang kami siapkan (MotoGP dan WSBK)," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Sirkuit Mandalika Punya Trek dengan Level Keselamatan Tinggi

Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication MGPA menceritakan beberapa waktu lalu Sirkuit Mandalika menjalani proses Virtual Inspection Track yang di antaranya diikuti Dorna selaku penyelenggara MotoGP.

Dia mengungkapkan Dorna memberikan pujian dengan menyebut Sirkuit Mandalika sebagai Circuit Super Safe atau sirkuit dengan level keselamatan tinggi.

"Dalam Virtual Inspection Track beberapa hari lalu dengan DORNA Sport, mereka menyebutkan bahwa Sirkuit Mandalika sebagai Circuit Super Safe (sirkuit dengan level keselamatan tinggi) yang mana ini akan menjadi standarisasi acuan sirkuit lain di dunia," kata Happy saat diwawancara Bola.com.

"Jadi kesimpulannya sirkuit ini adalah sirkuit yang memiliki teknologi terdepan dibanding dengan sirkuit- sirkuit Grade A International lainnya," tambahnya.

Video Populer

Foto Populer