Sukses


Paralimpiade Tokyo 2020: 5 Wakil Indonesia Lolos ke Babak 4 Besar, Leani Ratri Oktila Main di 3 Laga Semifinal

Bola.com, Tokyo - Indonesia meloloskan enam pemain yang akan berlaga di lima nomor pada semifinal cabang olahraga para-bulutangkis Paralimpiade Tokyo 2020. Artinya, Indonesia punya lima wakil di babak empat besar. 

Semifinal bulutangkis Paralimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung di Yoyogi National Stadium, Sabtu (4/9/2021). Kelima nomor di semifinal yang akan diikuti pemain Indonesia tersebut perinciaanya dua atlet di nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Kelima wakil para-bulutangkis indonesia adalah Dheva Anrimusthi dan Suryo Nugroho tunggal putra SU5, Fredy Setiawan di tunggal putra SL4, Leani Ratri Oktila/Harry Susanto ganda campuran SL3-SU5, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah di ganda putri SL3-SL4. Ratri akan tampil tampil juga di semifinal tunggal putri SL4.

Tiga pertandingan semifinal sekaligus akan dimainkan oleh Leani Ratri Oktila dalam satu hari. Ratri yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah di ganda putri SL3-SU5, akan melawan pasangan Prancis, Morin Lenaig/Noel Faustine.

Selanjutnya Ratri akan tampil di semifinal tunggal putri SL4 Paralimpiade Tokyo 2020 melawan Ma Huihui dari China. Ratri masih akan kembali turun di ganda campuran berpasangan dengan Hary Susanto di kategori SL3-SU5 untuk berhadapan dengan pasangan Bhagat Pramod/Kohli Palak dari India.

 

2 dari 3 halaman

Sesuai Target

Sementara itu tunggal putra Fredy Setiawan akan berhadapan dengan wakil India, Yathiraj Suhas di semifinal SL4.

Pertandingan sesama pemain Indonesia akan terjadi di tunggal putra kategori SU5 antara Dheva Anrimusthi melawan Suryo Nugroho.

Keberhasilan sejumlah pemain Indonesia lolos ke semifinal para bulu tangkis Paralimpiade 2020 sesuai dengan perhitungan awal NPC Indonesia.

“Perjalanan sejumlah pemain kita yang lolos hingga semifinal masih sesuai dengan target yang ditetapkan. Kami berharap banyak pula pemain yang bisa lolos ke final,” ucap Rima Ferdianto, Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia.

Satu laga semifinal yang disayangkan oleh NPC yakni bertemunya Dheva Anrimusthi melawan Suryo Nugroho di SU5.

“Awalnya kami berharap Dheva dan Suryo tidak bertemu di semifinal supaya bisa tercipta all-Indonesian final. Namun hasil undian justru mempertemukan mereka di semifinal. Kami tetap bersyukur karena satu wakil kita sudah dipastikan melaju ke final,” tambah Rima.

Namun siapa pun pemenang antara Dheva melawan Suryo, Indonesia dipastikan menempatkan satu pemainnya di babak final para bulutangkis.

 

 

3 dari 3 halaman

Leani Ratri Fokus Jaga Kondisi

Sementara itu, pemain berjuluk “Queen of Parabadminton”, Leani Ratri Oktila, bahkan berpeluang besar untuk bertanding sebanyak empat kali pada Sabtu jika ganda putri berhasil lolos ke babak final untuk memperebutkan medali emas atau harus bertarung memperebutkan medali perunggu ganda putri jika kalah di semifinal.

Meski akan memainkan pertandingan maraton dalam sehari, pemain berusia 30 tahun itu akan fokus pada setiap pertandingan dan pemulihan fisik untuk tampil di babak empat besar itu.

“Sangat bersyukur bisa masuk semifinal semua nomor yang saya ikuti. Sekarang saya hanya berpikir untuk jaga kondisi dan istirahat secukup guna menghadapi pertandingan besok,” kata Ratri.

“Saya akan fokus ke satu per satu pertandingan yang akan saya mainkan,” tandas Ratri.

 

Video Populer

Foto Populer