Sukses


Cara Membuat Ruangan Terang dan Bercahaya, Bikin Terlihat Lapang

Bola.com, Jakarta - Ruangan yang terang cenderung memberikan suasana lapang dan luas. Maka dari itu, cara membuat ruangan terang dan bercahaya patut diperhatikan.

Selain itu, sinar matahari yang banyak masuk ke rumah bisa membuat suasana hati pemilik menjadi lebih senang dan bahagia.

Ruangan dengan pencahayaan sinar matahari yang bagus juga baik untuk kesehatan dan kebersihan. Ruangan tersebut akan jarang ditumbuhi jamur.

Cara membuat ruangan terang dan bercahaya bisa dilakukan secara gotong royong bersama keluarga. Dengan bekerja sama membersihkan ruangan, keharmonisan dan kekompakan semua anggota rumah tangga akan terus terjaga.

Berikut cara membuat ruangan terang dan bercahaya, dinukil dari House Beautiful, Selasa (7/9/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Ruangan Terang dan Bercahaya

1. Memilih warna terang

Mengaplikasikan warna terang ke dinding membuat ruangan terasa lebih cerah karena memantulkan cahaya alami yang masuk. Hindari penggunaan cat putih pekat pada dinding karena justru dapat menimbulkan kesan dingin pada ruangan.

Juga, bisa dengan mengecat bagian langit-langit rumah menggunakan beberapa warna lebih terang dari dinding untuk menciptakan ilusi ketinggian ruang. Memilih cat dengan lapisan satin akan membantu memantulkan cahaya lebih banyak ketimbang cat matte.

2. Pemilihan lantai

Lantai berperan sebagai reflektor cahaya. Karena itu, memilih lantai, seperti kayu, keramik, dan batu yang sudah dipoles dapat membawa lebih cahaya alami masuk ke rumah.

Jika ingin menambah kesan kasual, Anda bisa menambahkan karpet dengan pilihan warna terang maupun netral, seperti abu-abu, biru muda, dan cokelat muda.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Ruangan Terang dan Bercahaya

3. Menaruh tanaman hijau

Jangan lupakan pengaruh tanaman hijau di luar rumah terhadap tingkat cahaya di dalam ruangan. Selain menambah pencahayaan alami, tanaman, termasuk tanaman merambat, yang tumbuh di sekitar pintu dan jendela dapat menambah estetika rumah Anda.

4. Membersihkan jendela

Jangan lupa membersihkan jendela secara menyeluruh untuk memastikan sebanyak mungkin cahaya dapat menembus kaca dan akhirnya masuk ke rumah. Pembersihannya bisa menggunakan kain lap dan sabun khusus.

5. Menambahkan material kaca

Memasang furnitur berbahan kaca, seperti jendela dan cermin, bisa menambah tingkat cahaya di dalam ruangan. Selalu perhatikan pemasangan furnitur berbahan kaca dengan benar supaya tidak mudah retak.

 

Sumber: House Beautiful

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer