Sukses


Tujuan Gotong Royong dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Gotong royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama dan bersifat suka rela. Gotong royong merupakan istilah di Indonesia untuk bekerja bersama-sama demi mencapai suatu hasil yang diinginkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong mempunyai arti bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bantu-membantu).

Kegiatan gotong royong tentu sudah tak asing bagi orang Indonesia. Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap orang tak jauh dari kegiatan tersebut.

Gotong royong bisa dibilang menjadi satu di antara ciri khas Bangsa Indonesia. Perilaku gotong royong yang dimiliki Bangsa Indonesia telah ada sejak dahulu kala.

Hal tersebut yang membuat gotong royong dianggap sebagai kepribadian dan budaya yang telah mengakar dalam kehidupan Bangsa Indonesia.

Perilaku gotong royong perlu ditanamkan dalam setiap elemen atau lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Adanya kesadaran setiap elemen masyarakat dalam menerapkan kegiatan gotong royong bisa membuat hubungan persaudaraan makin erat.

Berikut ini rangkuman tentang tujuan gotong royong dan manfaatnya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman pengayaan.com, Selasa (7/9/2021).

2 dari 3 halaman

Tujuan Gotong Royong

Secara umum, gotong royong bertujuan untuk memperlancar suatu pekerjaan agar menjadi mudah dan ringan. Gotong royong juga bertujuan mengajak masyarakat agar bekerja bersama-sama dan lebih meningkatkan kebersamaan.

Bergotong royong membuat masyarakat menjadi lebih kompak dan bisa lebih mengenal satu sama lain.

Dengan bergotong royong, semua tugas yang dilakukan akan terasa menjadi ringan dan cepat selesai. Adapun tujuan lain dari gotong royong yaitu:

• Membuat setiap pekerjaan menjadi lebih ringan.

• Mempererat rasa persatuan dan kesatuan.

• Menghemat pengeluaran.

• Dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

• Untuk mempererat tali persaudaraan antarsesama karena dengan gotong royong bisa berkumpul dengan tetangga.

3 dari 3 halaman

Manfaat Gotong Royong

  • Membuat Setiap Pekerjaan Menjadi Lebih Ringan

Melakukan setiap pekerjaan dengan cara bergotong royong dapat meringankan beban dalam menyelesaikannya. Bisa dibayangkan jika satu orang menyelesaikan satu pekerjaan yang besar maka akan banyak memakan tenaga dan pikiran.

Dengan adanya tambahan orang, maka beban pekerjaan bisa dibagi dan berkurang lebih kecil sehingga mudah diselesaikan.

  • Mempercepat Penyelesaian Pekerjaan

Mengerjakan satu pekerjaan dengan menggunakan tenaga lebih dari satu orang tentu akan mudah dan cepat diselesaikan.

Contohnya ada satu pekerjaan di mana jika dikerjakan oleh satu orang akan membutuhkan waktu satu minggu. Akan tetapi, dengan tambahan orang dan tenaga maka pekerjaan akan selesai kurang dari satu minggu.

  • Mempererat Rasa Persatuan dan Kesatuan

Melakukan gotong royong dalam setiap kegiatan masyarakat mampu mempererat dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan antarmasyarakat.

Adanya keja sama antar manusia menjadi cikal bakal terbentuknya rasa persatuan dan kesatuan.

Jika setiap pekerjaan yang berat dilakukan secara gotong royong maka kerukunan hidup antar anggota masyarakat akan makin terjalin kuat.

  • Menghemat Pengeluaran

Adanya sikap gotong royong yang dimiliki setiap orang bisa menghemat pengeluaran dalam setiap kegiatan. Cara ini bisa dilakukan untuk meminimalisasi pengeluaran dana pembangunan desa.

  • Menambah Rasa Sosial di Masyarakat

Sikap gotong royong dalam masyarakat menimbulkan rasa sosial yang tinggi. Warga akan secara otomatis sigap dalam membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

 

Sumber: Pengayaan

Video Populer

Foto Populer